Home » Pendidikan » Aplikasi Raport Kurikulum 2013 SD

Aplikasi Raport Kurikulum 2013 SD

Maslatip.com – Saat ini, banyak bapak/ibu guru yang mengalami kesulitan dalam penilaian dan pembuatan raport Kurikulum 2013 SD karena harus mengkonversi nilai dalam bentuk angka ke huruf lalu ke narasi/deskripsi kata-kata. Dengan banyaknya komponen yang harus dibuat untuk raport, maka guru memerlukan waktu yang cukup lama untuk menulis raport. Oleh karena itu, diperlukan suatu aplikasi untuk membuat kerja guru menjadi lebih cepat dan ringan sehingga tidak terlalu membebani dalam membuat raport Kurikulum 2013 SD.

Berikut ini saya share sebuah aplikasi raport Kurikulum 2013 SD yang dibuat oleh bapak Irvan Andi Wiranata. Dengan aplikasi ini, guru akan lebih mudah untuk membuat raport. Dikutip dari andiwiranata.com, aplikasi raport Kurikulum 2013 SD ini sudah dikembangkan sesuai dengan buku Panduan Teknik Penilaian dan Penulisan Rapor SD-MI K13 Th. 2014. Aplikasi ini dibuat menggunakan MS-Excel 2007 dengan tambahan Macro VBA. Kelebihan aplikasi ini adalah dipengaturan sehingga aplikasi ini bisa digunakan untuk semua kelas (1-6).

aplikasi-raport-kurikulum-2013-SD

Aplikasi ini masih dikembangkan lagi untuk penambahan Grafik nilai siswa, mata pelajaran, KD dan lain-lain. Untuk memperoleh aplikasi raport Kurikulum 2013 SD ini, anda dapat mendownloadnya melalui link berikut ini :

  1. Aplikasi Raport Kurikulum 2013 SD download
  2. Panduan Teknik Penilaian dan Penulisan Rapor SD-MI K13 Th. 2014 download

Perubahan mindset kepala sekolah, guru, pengawas sekolah, orang tua, serta pihak terkait, merupakan prasyarat bagi suksesnya implementasi Kurikulum 2013. Selamat berkarya pak Andi, saya tunggu karya-karya berikutnya. Demikian share singkat dari saya tentang aplikasi raport Kurikulum 2013 SD dan semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>