Home » News » Berita Sains » Asal Mula Batu Mirip Donat ‘Pinnacle Island’ di Planet Mars

Asal Mula Batu Mirip Donat ‘Pinnacle Island’ di Planet Mars

Pinnacle-Island-mars

Sebuah batu tiba-tiba muncul di muka kendaraan penjelajah Mars, Opportunity. Ilmuwan mengatakan bahwa asal-usul batu tersebut masih misterius. Batu itu baru tertangkap pada sol (ukuran hari di Mars) ke-3.540 setelah Opportunity mendarat di Mars atau tepatnya 8 Januari 2014 lalu. Opportunity telah berada di tempat di mana batu tersebut berada. Namun, hingga sol ke-3.536, batu itu belum tampak.

Ada dua teori tentang dari mana batu yang disebut ‘Pinnacle Island’ itu berasal. Salah satu teori menyebut, Opportunity menggeser batu itu dengan salah satu rodanya. Alternatif lain, ada lubang berasap di dekat lokasi tersebut. Dan batuan tersebut bisa jadi adalah bagian dari kawah atau material yang terdorong ke permukaan.

Opportunity saat ini sedang giat menelaah batu misterius itu, mengukur, mengambil gambarnya. Instrumen dalam rover itu menunjukkan pada pada ilmuwan bahwa bagian ‘jeli merah’ adalah sesuatu yang belum pernah mereka saksikan sebelumnya. “Mengandung sulfur dan magnesium tinggi. Juga dua kali mengandung lebih banyak mangan dari yang pernah terlihat dalam apa pun di Mars. Opportunity adalah kendaraan penjelajah Mars, “kakak” dari Curiosity. Kendaraan ini telah menjelajah Mars selama 10 tahun. Awalnya Opportunity hanya ditargetkan menjalankan misi selama 90 sol. Namun, misi terus diperpanjang karena banyaknya penemuan. Adapun satu sol sama dengan 24 jam 37 menit Bumi.

Keberadaan batu yang kemudian diberi nama ‘Pinnacle Island’ tersebut dirasa aneh karena batu itu berwarna putih di bagian pinggir dengan lebar kurang dari 5 cm. Padahal diketahui sebagian besar permukaan Mars berwarna cokelat kemerah-merahan. Foto batu tersebut diambil pada 8 Januari lalu oleh robot penjelajah Mars milik NASA, Opportunity. Dari sekian banyak foto yang dijepret kamera Opportunity, hanya satu foto yang menunjukkan batu aneh tersebut. Ada pihak yang menyebut bahwa batu itu tumbuh di lokasi tersebut dan harus diselidiki.

Setelah melakukan analisis dan penyelidikan, diperolehlah kesimpulan dari NASA. Penjelasan resmi terbaru dari NASA menyatakan bahwa salah satu roda Opportunity tidak sengaja menghancurkan batu tersebut dan kemudian menyenggolnya hingga terbawa ke jarak pandang kamera Opportunity. Kini, setelah selesai memerika batu misterius tersebut, tim NASA akan melajukan Opportunity ke bagian selatan dan dataran lebih tinggi untuk memeriksa lapisan bebatuan di lereng permukaan Mars.

Opportunity mendarat di Mars pada tahun 2004 lalu. Robot penjelajah ini tidak bergerak selama sebulan karena menunggu cuaca lebih baik di planet merah tersebut. (dikutip dari berbagai sumber)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>