Home » Traveling » Asyiknya Bermain Angklung di Saung Angklung Udjo

Asyiknya Bermain Angklung di Saung Angklung Udjo

atraksi-saung-angklung-udjo

Jika anda berkunjung ke kota Bandung, maka belum lengkap rasanya tanpa mampir ke Saung Angklung Udjo (SAU). SAU merupakan sebuah tujuan wisata budaya yang lengkap, karena SAU memiliki arena pertunjukan, pusat kerajinan bambu dan workshop untuk alat musik bambu. Disamping itu, kehadiran SAU di Bandung menjadi lebih bermakna karena kepeduliannya untuk terus melestarikan dan mengembangkan kebudayaan Sunda – khususnya Angklung – kepada masyarakat melalui sarana pendidikan dan pelatihan. Berikut ini beberapa atraksi yang dapat anda nikmati di Saung Angklung Udjo (SAU).

Art Performance

Perjalanan panjang Saung Angklung Udjo (SAU) telah mengantarnya meraih reputasi yang baik diantara wisatawan domestik maupun mancanegara dalam hal sajian pertunjukan kesenian Sunda. SAU memanjakan para pengunjungnya melalui sajian pertunjukan yang menakjubkan – yang juga merupakan
daya magnet terbesar SAU.

Pertunjukan Internal

Pertunjukan Bambu Petang

Pertunjukan ini berisi beberapa penampilan pendek yang spektakuler, seperti : demonstrasi Wayang Golek, upacara Helaran, tari tradisional, Angklung pemula, Angklung orkestra, masal dan Arumba. Di akhir pertunjukan, para penonton akan diajak untuk menari bersama anak–anak. Pertunjukan ini kental dengan atmosfir Sunda yang menyelimuti. Pertunjukan Bambu Petang dikembangkan dari sebuah konsep Kaulinan Urang Lembur yang diciptakan oleh Udjo Ngalagena.

Setengah Hari di Saung Angklung Udjo

Para murid dari TK sampai SMA dapat mengambil bagian dalam program ini – mengalami dan merasakan budaya Sunda. Mengawali hari dengan berjalan mengelilingi Saung Angklung Udjo (SAU) sambil mengenal SAU lebih dekat melalui cerita dari awal berdirinya sampai sekarang, kemudian para peserta akan belajar membuat Angklung bersama para pengarajin Angklung, dilanjutkan dengan menonton sebuah pertunjukan bambu Kaulinan Urang Lembur di Bale Karesmen dan makan siang ala Kampung Sunda di taman belakang kami yang menyenangkan. Di akhir program, para peserta akan menceritakan pengalaman menyenangkan mereka selama di SAU melalui sebuah karangan.

Workshop Saung Angklung Udjo

Program ini memberikan kesempatan kepada para peserta untuk membuat Angklung sendiri, dan akan dimainkan dalam pertunjukan bambu Kaulinan Urang Lembur – Angklung yang telah dibuat dapat dibawa pulang sebagai cenderamata.

atraksi--angklung-udjo

Pertunjukan Eksternal

Iwung

Menawarkan sebuah pertunjukan interaktif. Keharmonisan suara Angklung akan terdengar memainkan lagu -lagu populer. Selain itu, sebuah Angklung bertanda khusus yang disesuaikan dengan acara tersebut akan diberikan sebagai cenderamata.

Awi

Paket ini berisikan Iwung dan Angklung orkestra. Permainan Angklung orkestra membawa filisofi Angklung sebagai alat pemersatu yang diperacaya dapat menumbuhkan semangat patriotik, sehingga terkadang dapat menggugah sisi emosianal penonton.

Gombong

Sebuah pengalaman untuk merasakan semangat dan kemeriahan pertunjukan bambu Kaulinan Urang Lembur di tempat yang Anda inginkan.

Arumba

Sebuah bentuk inovasi baru dari instrumen bambu. Menggunakan tangga nada diatonik, sehingga Arumba dapat memainkan beragam jenis musik yang berbeda, dari tradisional, klasik, hingga kontemporer. Karena formatnya yang menyerupai band, Arumba dapat menyesuaikan berbagai macam kebutuhan acara Anda.

Pertunjukan Sunda Lainnya

Mempersembahkan pertunjukan kesenian dan kebudayaan Sunda lainnya – mulai dari tarian Rampak Kendang dan Calung Cilik hingga prosesi upacara dan aktivitas masyarakat Sunda lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>