Home » Sains » Bagaimanakah Cara Ikan Buntal Menggembungkan Tubuh?

Bagaimanakah Cara Ikan Buntal Menggembungkan Tubuh?

Maslatip.com – Anda tentu penasaran terhadap bagaimana cara ikan buntal menggembungkan tubuh yang kecil bukan? Berikut ini penjelasan singkat tentang cara ikan buntal menggembungkan tubuh. Ikan Buntal bisa menggembung karena memiliki kulit luar yang sangat elastis. Meskipun tubuhnya mengembang, kulit ikan buntal sangat kaku.

Disamping itu ikan buntal tak memiliki tulang rusuk sehingga saat tubuhnya dikembangkan, tulang belakangnya bisa melengkung seperti busur. Keadaan fisik yang seperti itu membuat ikan buntal bisa mengembangkan tubuhnya sedemikian rupa, seperti bola. Bedanya, pada ikan buntal bukan udara yang dipompakan ke dalam tubuh, melainkan air.

Jadi, cara ikan buntal menggembungkan tubuh yaitu dengan memompakan air ke dalam tubuhnya. Tubuh ikan buntal akan menggembung karena mempunyai fisik yang lentur atau elastis. Seperti ketika balon ditiup maka akan menggembung. Untuk lebih jelasnya, Anda bisa melihat video cara ikan buntal menggembungkan tubuh pada bagian atas postingan ini.

ikan-buntal-blowfish

Ikan buntal yang sedang menggembungkan tubuhnya dengan cara memompakan air ke dalam tubuh.

Ketika tubuh ikan buntal dalam keadaan menggembung maka ukurannya akan meningkat 2-3 kali lipatnya. Hal ini dilakukan untuk melindungi diri karena ikan ini tidak pandai berenang sehingga banyak ancaman dari hewan pemangsa lainnya. Ketika ada bahaya mendekat maka bentuk tubuhnya akan menggelembung dan duri beracun siap melukai ikan lain yang akan memangsa.

Ikan buntal hidup dan berkembang biak di perairan dalam Samudera Hindia, Atlantik, dan Pasific. Ikan buntal termasuk hewan karnivora (pemakan daging). Ikan ini memiliki racun pada bagian tubuhnya sehingga tidak baik untuk dikonsumsi kecuali oleh orang yang paham bagian mana tubuh ikan tersebut yang harus dibuang untuk menghilangkan racunnya.

Daging beberapa spesies ikan ini dijadikan sebagai makanan di Jepang (disebut fugu), Korea (disebut bok), dan di China (disebut he2 tun2). Makanan dari ikan buntal biasanya disiapkan oleh juru masak yang tahu bagian tubuh mana dari ikan buntal yang aman dimakan dan seberapa banyak kadarnya. Awas, Anda jangan sampai memakan ikan buntal sembarangan lho, bisa-bisa Anda keracunan.

Jika Anda masih penasaran dengan ikan ini, maka Anda dapat juga membaca artikel saya tentang ciri khusus ikan buntal dan fungsinya. Demikian penjelasan singkat tentang bagaimana cara ikan buntal menggembungkan tubuh dan terima kasih telah membaca artikel sains saya, semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>