Home » Sains » Bahan Pembuat Konduktor Panas

Bahan Pembuat Konduktor Panas

contoh-benda-konduktor-panas

Konduktor panas dan isolator panas terbuat dari bahan yang berbeda-beda. Konduktor panas biasanya terbuat dari logam sedangkan isolator panas terbuat dari kayu, kain, plastik, dan lain sebagainya. Bahan inilah yang menentukan kemampuan benda dalam menghantarkan panas. Kemampuan benda untuk menghantarkan panas berbeda karena sifat yang dimiliki bahan yang menyusunnya juga berbeda. Konduktor adalah benda yang dapat menghantarkan panas dengan baik. Berikut ini daftar bahan pembuat konduktor panas yang sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari.

Logam sebagai bahan konduktor panas

Logam adalah bahan yang memiliki sifat keras dan mengkilat, serta tahan terhadap suhu yang sangat tinggi. Logam juga dapat menghantarkan panas dengan baik, sehingga logam termasuk bahan konduktor panas. Menggoreng dengan menggunakan wajan dari logam adalah salah satu contoh pemanfaatan sifat konduktor pada logam. Pemanfaatan logam sebagai konuktor panas biasanya dikombinasikan dengan bahan isolator panas yang digunakan sebagai pegangan atau penyekat panas. Logam menghantarkan panas api dari kompor menuju ke masakan hingga menyebabkannya matang. Beberapa jenis logam yang mampu menghantarkan panas dengan baik adalah besi, baja, aluminium, tembaga, kuningan, dan nikel.

Kaca sebagai bahan konduktor panas

Kaca adalah suatu bahan konduktor panas yang tembus pandang. Kaca dibuat dengan cara melebur pasir bercampur garam pada suhu tinggi. Campuran ini memadat sebagai kaca ketika mendingin. Sifat kaca dapat diubah dengan cara menambahkan sedikit bahan kimia ke dalam campuran dasar kaca.

Kaca memang dapat dijadikan bahan konduktor panas. Namun, kaca bukanlah logam. Kemampuan kaca dalam menghantarkan panas berbeda dengan logam. Logam lebih baik dalam menghantarkan panas jika dibandingkan kaca. Kita tentu pernah menjumpai gelas yang retak ketika dituangi air panas yang mendidih. Ternyata, tidak semua kaca tahan terhadap suhu yang tinggi. Bila dikenai suhu yang terlalu tinggi kaca dapat pecah. Namun, ada juga kaca yang tahan pada suhu tinggi. Kaca demikian digunakan sebagai konduktor panas dalam pembuatan tutup teflon.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>