Home Bisnis Online 37 Peluang Usaha / Bisnis Rumahan Menjanjikan Modal Kecil Untung Besar –...

37 Peluang Usaha / Bisnis Rumahan Menjanjikan Modal Kecil Untung Besar – Ide Usaha Rumahan

270
0

Bisnis Rumahan – Ingin membuka usaha di rumah? Ini rekomendasi peluang usaha / bisnis rumahan yang menjanjikan dengan modal kecil tapi untung besar. Beberapa ide diantaranya cocok buat ibu rumah tangga atau pun untuk kerja sampingan di desa hingga kota.

Memulai sebuah usaha memang susah-susah gampang. Banyak orang mengeluh karena kurang modal. Padahal, modal besar sebenarnya bukanlah faktor utama kesuksesan sebuah usaha, melainkan niat, keseriusan, kerja keras, ketekunan, dan semangat pantang menyerah.

Peluang-Usaha-Bisnis-Rumahan
Ilustrasi Peluang Usaha / Bisnis Rumahan Yang Menjanjikan

Nah, buat Anda yang kebetulan sedang bingung akan membuka usaha tapi tak punya modal besar, Mas Latip telah menyiapkan beberapa list ide usaha dengan modal awal relatif kecil, baik online maupun offline. Siapa tahu, ide-ide bisnis di bawah ini cocok dengan keahlian dan keterampilan (baca : skill) yang Anda punya. Kira-kira ada apa saja ya?

Daftar Rekomendasi Peluang Usaha / Bisnis Rumahan Menjanjikan Modal Kecil Untung Besar

1. Menjadi Blogger

Rekomendasi usaha rumahan pertama yaitu menjadi seorang blogger. Apa seh blogger itu? Blogger merupakan sebuah istilah sebutan bagi orang-orang yang suka menulis artikel pada sebuah blog / website. Jika Anda memiliki hoby menulis, bisa mengambil peluang bisnis ini.

Kegiatan blogger sangatlah simple dan tak terikat waktu. Anda dapat menulis sebuah artikel lalu mempublishnya kapan pun dan dimana pun, yang penting ada perangkat komputer / laptop dan koneksi internet. Cocok banget sepertinya bagi ibu rumah tangga atau pun sebagai pekerjaan sampingan selepas pulang dari kantor.

Lalu, bagaimana cara mendapatkan uang dari blog? Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan agar sebuah blog bisa menghasilkan uang. Cara yang paling umum dan biasanya dilakukan oleh kebanyakan orang adalah dengan memasang iklan dari pihak ketiga, misalnya Google Adsense dan affiliate program Amazon.

Apabila blog Anda sudah cukup populer dengan banyak pengunjung, maka bisa menawarkan ruang iklan sendiri tanpa melalui pihak ketiga. Biasanya akan banyak tawaran untuk mereview sesuatu yang sesuai dengan tema blog tersebut, seperti produk makanan, rumah makan, hotel, tempat wisata, kosmetik, mobil, motor, gadget, laptop, dan lainnya.

Untuk jumlah penghasilan dari usaha blog ini tergantung seberapa banyak pengunjung (visitor) blog tersebut. Semakin banyak orang membacanya, maka akan semakin besar pula rupiah yang di dapat. Beberapa blogger senior, kabarnya bisa menghasilkan uang hingga puluhan juta rupiah dalam sebulan. Untungnya besar banget bukan?

Selain melalui kerjasama iklan, Anda pun bisa menjual blog tersebut kepada orang lain yang membutuhkan. Soal harga, bisa Anda negosiasikan dengan pembeli sesuai dengan jumlah visitor blog tersebut setiap bulannya.
Meskipun tampak sederhana, namun bisnis rumahan online model blog ini membutuhkan keuletan dan kesabaran yang ekstra. Mungkin, setahun dua tahun baru bisa menghasilkan uang yang diharapkan.

2. Menjadi Youtuber

Bukan hanya melalui blog, cara mendapatkan uang dari google adsense juga bisa Anda tempuh melalui video Youtube. Apabila channel Anda sudah disetujui oleh pihak Youtube untuk dimonetisasi, maka setiap video yang dilihat oleh pengunjung akan disisipi iklan sehingga menghasilkan uang bagi pemilik channel.

Penghasilan yang dihasilkan dari Youtube ini terbilang besar, bisa mencapai puluhan hingga ratusan juta. Tak ayal, profesi youtuber saat ini sedang hits banget dikalangan anak muda. Banyak sekali dari mereka yang berlomba-lomba membuat channel youtube agar bisa menghasilkan uang dalam jumlah banyak.

Seperti halnya seorang blogger, cara mendapatkan uang dari YouTube juga diperlukan keuletan, kesabaran, kreatifitas, dan sikap pantang menyerah. Anda tak akan bisa membangun sebuah channel secara instan dalam waktu sehari dua hari. Apalagi, saat ini pihak Youtube mensyaratkan sebuah channel bisa dimonetisasi harus memiliki jam tayang 4 ribu jam dan 1.000 subscriber dalam waktu 12 bulan terakhir.

Walaupun demikian, Youtuber termasuk usaha menjanjikan untuk bisnis rumahan atau sampingan ibu rumah tangga, anak sekolah, mahasiswa, atau pun para suami. Anda bisa memulai membuat video dengan modal kecil berupa HP / Smartphone, Laptop / PC, dan koneksi internet.

Sebelum membuat video, pastikan Anda memilih sebuah tema / niche Youtube yang bagus dan banyak dicari. Kalau bisa, disesuaikan juga dengan keahlian dan keterampilan yang Anda miliki. Fokuslah membuat satu channel dulu, ketika sudah menghasilkan uang, baru Anda membuat channel baru.

Beberpa contoh tema video Youtube untuk usaha rumahan antara lain : resep masakan, pendidikan, eksperimen, life hacks, film pendek, kuliner, tanaman hias, hewan peliharaan, gadget, vlog aktivitas keseharian, traveling, game, tutorial, dan lain sebagainya.

Jika kesulitan mencari ide tentang tema video, Anda bisa melihat-lihat video pada channel orang lain. Anda bisa juga menggunakan metode ATM (Amati, Tiru, Modifikasi) dalam membuat video. Dengan catatan, video yang Anda buat harus asli karya sendiri, bukan reupload video orang lain.

3. Penulis Online

Blogger memang termasuk peluang usaha rumahan yang menjanjikan untuk mendapatkan untung besar dengan modal kecil. Akan tetapi, menjadi seorang blogger tak cukup bermodal bakat menulis, butuh kemampuan dan ketrampilan lain khususnya dalam bidang teknologi informasi pemrograman javascript atau pun php.

Nah, buat Anda yang hanya punya kemampuan menulis artikel saja, bisa mencoba bisnis rumahan lainnya berupa penulis online. Anda bisa menawarkan jasa penulisan artikel untuk berbagai tema dan bahasa, baik Indonesia maupun Inggris. Tawarkanlah melalui berbagai forum online, sertakan contoh dan harganya.

Harga jasa penulisan artikel biasanya dibanderol per 100 kata, berkisar antara Rp.2.400,- s/d Rp.3.500,- tergantung kualitas dan jenis bahasa yang dipakai. Bayangkan, dalam 1 bulan Anda mendapat order 100 artikel dengan 1000 kata. Maka, Anda akan mendapatakan uang sebanyak 24.000 x 100 = Rp.2.400.000,-. Lumayan banyak, bukan?

4. Menjadi Freelancer

Freelancer atau pekerja lepas merupakan jenis pekerjaan yang dilakukan sendiri tanpa adanya ikatan jangka panjang. Beberpa contoh pekerjaan seorang freelencer antara lain penerjemah, jasa desain grafis, admin media sosial, fotografer, jasa pembuatan website, jasa SEO, dan lain sebagainya.

Anda tinggal pilih jenis freelancer apa yang sesuai dengan kemampuan dan keahlian. Bekerja sebagai freelancer tentu akan lebih fleksibel mengatur waktu karena Anda sendiri yang mengaturnya. Anda pun bisa melakukan pekerjaan tersebut di rumah, tanpa harus meninggalkan keluarga berhari-hari.

5. Affiliate Marketer

Ada banyak cara mendapatkan uang dari internet hingga jutaan rupiah, satu diantaranya melalui Affiliate Marketing. Program apa itu? Affiliate Marketing adalah sistem bisnis online dimana seseorang akan dibayar saat berhasil menjual suatu produk / jasa dari perusahaan.

Biasanya, seorang Affiliate Marketer akan mempromosikan suatu produk melalui tulisan artikel di blog atau pun video Youtube. Dalam artikel atau deskripsi video akan diberikan link untuk membeli barang yang direview. Jika ada orang tertarik lalu membeli melalui link tersebut, maka dari perusahaan akan menandai dan memberikan komisi kepada Affiliate Marketer.

Program Affiliate Marketing tidak membutuhkan biaya besar, karena hanya cukup bermodal laptop / PC dan koneksi internet. Jam kerjanya pun fleksibel, bisa dilakukan kapan pun saat Anda punya waktu luang. Oleh karena itu, program ini sangatlah cocok dijadikan bisnis rumahan secara online untuk sampingan / tambahan (Baca : Passive Income).

6. Online Shop / Toko Online

Bisnis online shop atau toko online saat ini sangatlah populer seiring dengan perkembangan teknologi informasi. Bahkan, banyak gerai toko offline yang tutup, lalu mulai berpindah ke jualan secara online. Mengingat waktu dan tempatnya fleksibel, bisnis online jenis ini cocok sekali dikembangkan untuk usaha rumahan.

Anda dapat menjual barang-barang hasil produksi sendiri maupun barang reseller tanpa harus memasarkannya di pasar atau ruko. Anda cukup memposting gambar produk, deskripsi, harga, dan kontak penjual pada marketpace seperti Tokopedia, Bukalapak, atau Shopee. Bisa juga Anda tawarkan melalui media sosial facebook, instagram, dan whatsapp group.

7. Usaha Menjual Aneka Gorengan

Membuka usaha dengan menjual aneka gorengan mungkin tampak biasa karena sudah banyak orang yang melakukannya. Namun, jika Anda mampu membuat resep inovatif, unik, dan enak, maka peluang untuk menghasilkan untung besar sangatlah terbuka lebar.

Siapa seh yang tak suka makan gorengan? Hampir setiap orang dari berbagai lapisan masyarakat menyukainya. Anda dapat mencoba peluang usaha rumahan ini dengan menjual berbagai macam gorengan seperti tempe mendoan, tahu goreng, bakwan, tahu aci, pisang goreng, ubi goreng, singkong goreng, cireng, tape goreng, dan lainnya.

8. Produksi Telur Asin

Bagi Anda yang sedang mencari peluang usaha rumahan untuk ibu rumah tangga yang menjanjikan, maka produksi telur asin bisa menjadi pilihan. Pasalnya, membuat telur asin terbilang mudah dan membutuhkan modal kecil namun bisa menghasilkan keuntungan hingga jutaan rupiah.

Untuk tahap awal, Anda bisa melakukan uji coba membuat telur asin yang enak beberap butir. Untuk bahannya berupa telur bebek, abu gosok / remukan batu bata, dan garam. Untuk langkah-langkahnya, Anda bisa mencari resep telur asin di internet, tinggal pilih mana yang cocok.

Apabila sudah bisa menghasilkan telur asin yang enak, maka Anda bisa memasarkannya sedikit demi sedikit pada warung makan atau pun lapak di pasar tradisional. Lama kelamaan, apabila telur asin buatan Anda dikenal banyak orang, cobalah menawarkan produk telur asin ke toko swalayan untuk meningkatkan omzet.

9. Usaha Salad Buah

Satu diantara usaha rumahan yang lagi trend saat ini adalah membuat salad buah. Hidangan pembuka (baca : Appetizer) ini kini menjadi camilan sehat favorit banyak orang. Terbukti, beberapa gerai salad buah laku keras, apalagi semenjak ada layanan pemesanan makanan secara online.

Salad buah terbuat dari campuran berbagai jenis macam buah yang dipotong-potong kecil, lalu dicampur menjadi satu. Setelah itu, buah-buahan tersebut disiram dengan dressing dari mayonaise. Untuk tambahan toping, biasanya diatasnya diberi parutan keju.

Rasanya yang segar perpaduan manis, asam, dan asin, membuat banyak orang menyukainya. Apalagi disantap dalam keadaan dingin, hmm… nikmat banget deh! Hanya dengan modal awal kurang dari 500 ribu rupiah, Anda sudah bisa lho membuat salad untuk dijual. Jika sudah berkembang pesat, usaha salad kabarnya bisa mencapai omzet keuntungan hingga puluhan juta rupiah.

10. Usaha Es Krim Aneka Rasa

Selain salad buah, makanan kekinian yang sedang hits banget untuk dijadikan lahan bisnis rumahan adalah es krim aneka rasa. Es krim merupakan jajanan legendaris yang tak lekang oleh waktu. Penggemarnya pun banyak, dari kalangan anak-anak, remaja, hingga orang dewasa. Tak ayal, peluang usaha es krim ini sangatlah bagus prospek kedepannya.

Nah, buat Anda yang ingin membuka usaha es krim rumahan, tak perlu berkecil hati jika modalnya hanya sedikit. Pasalnya, Anda pun bisa membuat es krim dengan cara manual dengan modal kecil tanpa alat canggih dan mahal. Bahan-bahan yang dibutuhkan pun sederhana, seperti susu, gula, dan krim.

Untuk resep dan langkah-langkahnya, ada banyak sekali artikel dan video Youtube yang menyajikan resep pembuatan es krim manual. Anda tinggal pelajari, lalu praktekkan. Setelah bisa membuat es krim dengan rasa enak, cobalah berkreasi menambah varian rasa dari buah-buahan, sayur, atau pun lainnya. Omzetnya lumayan lho, bisa mencapai jutaan tiap bulan.

11. Jasa Jahit Pakaian

Selain produksi barang / makanan, bisnis rumahan lainnya yang tak kalah bagus adalah jasa jahit pakaian. Peluang usaha ini terbilang cerah menjanjikan, apalagi target pasarnya cukup luas seperti anak-anak, remaja, orang dewasa, atau pun orang lansia.

Untuk memulai bisnis menjahit, cukuplah mudah. Apabila Anda belum memiliki keterampilan menjahit baju, maka langkah awalnya adalah ikut kursus menjahit. Setelah mahir, barulah membeli mesin jahit dan mencari referensi model pakaian sebanyak mungkin, dari pakaian standar, sekolah, hingga kekinian.

12. Jasa Pengetikan

Bisnis rumahan berupa jasa pengetikan juga lumayan memiliki prospek cerah menjanjikan, terutama di daerah perkantoran dan kampus di kota. Bisanya, orang-orang di kawasan tersebut cenderung sibuk sekali sehingga tak punya banyak waktu untuk mengetik sendiri.

Peralatan untuk membuka jasa pengetikan cukup sederhana, hanya butuh laptop / PC komputer, printer, dan scanner. Selain membuka jasa pengetikan secara offline, Anda juga bisa lho menerima jasa pengetikan secara online. Anda bisa menawarkannya melalui media sosial, blog / website, dan berbagai jenis forum.

13. Menjual Pulsa Elektronik

Saat ini, perkembangan teknologi informasi khususnya smartphone / hp sangatlah berkembang pesat. Bukan hanya daerah perkotaan, di pelosok desa pun kini sudah banyak orang yang memiliki handphone (baca : HP). Fenomena ini bisa menjadi peluang untuk membuka usaha isi ulang pulsa elektronik.

Modal bisnis rumahan pulsa elektronik terbilang kecil, hanya berupa telepon genggam dan deposit pulsa. Mulailah dengan mengisi deposit pulsa bernominal kecil dulu, lalu tawarkan ke keluarga, sahabat / teman, rekan kerja, dan tetangga. Setelah banyak pelanggan, barulah menambah jumlah deposit pulsanya.

14. Bisnis Aneka Kue

Salah satu peluang usaha rumahan yang menjanjikan di desa atau pun kota adalah bisnis aneka kue. Anda dapat memproduksi sendiri atau pun membeli dari orang lain lalu dijual lagi.

Pilihlah jenis kue yang enak dan banyak peminatnya untuk dikonsumsi dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya saja, aneka jajanan pasar tradisonal, brownies kukus, bolu, pastel, risoles, kue lapis, lumpia, dan lain sebagainya.

Anda dapat memulai bisnis kue ini dengan membuka warung di teras rumah, garasi, tenda pinggir jalan, atau ruko. Jika Anda memproduksi kue sendiri, bisa langsung menawarkannya kepada pedagang di pasar tradisional, toko swalayan, atau pun toko kelontong.

Berikanlah diskon kepada pembeli yang memborong kue Anda dalam jumlah banyak sehingga dapat menarik mereka untuk langganan. Selain kue basah, Anda bisa juga melengkapi dagangan Anda dengan kue kering. Apalagi pas moment lebaran, tentu akan banyak orang mencari camilan buat menyambut tamu.

15. Bisnis Catering / Warung Makan

Ilustrasi warung makan (sumber : Ezagren)

Bagi Anda yang punya keterampilan (baca : skil) memasak, maka membuka bisnis catering rumahan atau warung makan menjadi pilihan tepat. Anda bisa memulai dengan resep keluarga yang sudah dikuasai. Buatlah 3 – 4 jenis makanan terlebih dahulu, baru setelah banyak pelanggan, bisa menambahkan menu.

Dengan modal kurang sari 1 juta, Anda sudah bisa membuka usaha catering ini. Tawarkanlah kepada teman / sahabat, tetangga, atau pun saudara. Bila ada uang lebih, bisa membuat brosur lalu disebarkan kepada banyak orang. Omzet rumah makan sederhana bisa mencapai sekitar 100 – 200 ribu rupiah per hari. Lumayan besar bukan?

16. Bisnis Makanan Kemasan

Masih seputar masak-memasak, apabila dirasa bisnis catering cukup ribet dan melelahkan, maka Anda bisa mencoba bisnis makanan kemasan. Usaha rumahan ini sepertinya lebih simple serta tak terlalu menyita waktu.

Beberapa contoh hidangan kemasan antara lain : sambal kemasan, rendang kemasan, gudeg kaleng, kue kering, keripik, kerupuk, sale pisang, frozen food (makanan beku), dan lainnya.

17. Usaha Donat

Kue enak dengan ciri khas lubang di tengah ini memang cukup populer dikalangan masyarakat. Penggemarnya juga banyak, dari kalangan anak-anak, remaja, hingga orang dewasa. Meskipun saat ini sudah banyak penjual donat bermerk terkenal, namun bukan berarti usaha bisnis donat tertutup begitu saja. Justru, jika Anda lebih jeli membaca peluang, maka usaha donat bisa menghasilkan omzet besar.

Cobalah membuat donat ala rumahan dengan tekstur empuk. Agar lebih menarik, Anda bisa menambahkan toping berupa keju, cokelat meses, gula bubuk, caramel, selai strawberry, selai blueberry, atau pun kacang. Anda bisa juga berinovasi membuat donat dari bahan kentang atau pun ubi.

Untuk masalah pemasaran, Anda tinggal membuka toko sederhana di rumah atau pun dititipkan pada penjual pasar tradisional, toko swalayan, warung kopi, warung burjo, angkringan, warung makan, toko klontong, serta toko kue / snack. Omzet per harinya lumayan lho, mungkin sekitar 100 ribu rupiah, keuntungan per bulannya kabarnya bisa mencapai 1 jutaan lebih.

18. Bisnis Tanaman Hias

Banyak orang yang hoby banget memelihara tanaman hias. Nah, dari hoby tersebut bisa lho dikembangkan menjadi bisnis rumahan. Cobalah mengembangbiakan jenis-jenis tanaman hias yang banyak diminati, misalnya saja bunga anggrek. Lalu, jual tanaman tersebut kepada teman, saudara, tetangga, atau pun orang lain.

Anda bisa juga memasarkannya secara online melalui media sosial facebook, instagram, whatsapp group, atau blog / website, dan marketplace. Selain tanaman hias, Anda bisa mengembangkan budidaya bibit buah unggul maupun tanaman obat / herbal.

19. Produksi Barang Kerajinan Dekorasi Rumah

Ide bisnis rumahan selanjutnya adalah produksi barang kerajinan dekorasi rumah. Bukan hanya eksterior, bagian interior rumah juga sangat penting ditata secara rapi dan indah agar menimbulkan suasana nyaman.

Satu diantara kebutuhan interior tersebut tentu saja barang-barang kerajinan seperti gorden, taplak meja, sarung bantal, penutup kulkas, sarung rice cooker, bingkai foto, dan lain sebagainya. Apabila Anda punya keterampilan membuatnya, maka bisa menjadi peluang usaha yang menjanjikan.

Anda bisa membuat barang dekorasi rumah yang unik dan cantik agar menarik para pembeli. Untuk pemasaran, Anda coba pasarkan secara online melalui media sosial, blog / website, dan marketplace. Bisa juga Anda titipkan kepada toko swalayan.

20. Bisnis Aksesoris Pakaian

Seperti halnya makanan, bidang fashion juga termasuk lahan bisnis rumahan yang tak lekang oleh waktu. Apabila membuat pakaian dirasa terlalu mahal, maka Anda bisa melirik usaha aksesoris pakain anak, remaja, dan orang dewasa baik laki-laki atau pun perempuan.

Beberapa contoh barang-barang aksesoris pakaian yang bisa Anda buat dan jual antara lain kalung, bros, rantai celana, syal, bandana, sarung tangan, topi, jilbab, kacamata, dan lainnya. Cobalah berkreasi mengikuti trend kekinian sehingga dapat menarik minat pembeli.

21. Bisnis Mainan Dan Perlengkapan Anak

Anak-anak dan mainan sepertinya dua hal yang tak bisa dilepaskan. Setiap anak, biasanya akan senang saat dibelikan mainan oleh orang tuanya. Mengingat jumlah anak-anak yang cukup banyak, Anda bisa memanfaatkan peluang ini untuk bisnis rumahan.

Cobalah menawarkan permainan edukatif kepada para orang tua melalui media sosial dan marketplace. Para orang tua sekarang sepertinya mulai sadar akan perlunya mainan yang mendidik untuk perkembangan kecerdasan anak. Beberapa contoh mainan anak edukatif yaitu puzzle, lego, kartu bilangan / huruf, dan menara pelangi.

22. Menjadi Reseller Pakaian

Bisnis rumahan berupa reseller pakaian memang sudah menjadi trend akhir-akhir belakangan ini pada kalangan ibu rumah tangga. Meskipun persaingannya terbilang ketat, peluang menjanjikan dari usaha reseller pakaian masih terbuka lebar. Cobalah menjual barang reseller yang unik dan khusus, seperti baju kantor, jilbab, busana muslim, gaun pesta, pakaian anak, kebaya, dan sebagainya.

23. Usaha Fotocopy

Apabila lokasi rumah Anda berada di area kampus atau sekolahan, membuka usaha fotocopy bisa menjadi pilihan tepat. Modalnya memang agak lumayan besar untuk membeli mesin foto copy, tapi bila lokasinya strategis banyak peminat, maka akan cepat balik modal.

Untuk mengawalinya, Anda cukup membeli 1 saja mesin fotocopy. Apabila ingin sedikit berhemat, maka Anda sendiri yang menjalankan sehingga tidak usah menggaji karyawan. Pastikan kualitas hasil fotocopy Anda bagus sehingga bisa menarik banyak orang berlangganan.

24. Usaha Laundry

Selain fotocopy, usaha rumahan berupa laundry juga menjanjikan dengan keuntungan yang besar. Apalagi di area kos-kosan / kontrakan, kampus, dan perkantoran biasanya banyak orang super sibuk sehingga tak sempat nyuci baju sendiri. Tak heran, jika banyak orang membuka usaha cuci baju ini.

Untuk memulai bisnis laundry, Anda membutuhkan peralatan berupa mesin cuci, sabun cuci, pewangi pakaian, dan setrika. Pada umumnya, pengusaha laundry memakai sistem kiloan dengan harga tertentu. Pada awal buka, sebaiknya Anda memberikan harga diskon dengan hasil cucian yang bagus dan rapi untuk menarik pelanggan.

Omzet usaha laundry kabarnya terbilang besar, bisa mencapai belasan juta per bulan apabila ramai pelanggan. Anda bisa juga berkreasi untuk mengadakan layanan antar jemput pakaian dalam rangka memanjakan pelanggan. Sediakan saja nomor whatsapp yang bisa dihubungi.

25. Jasa Reparasi Barang Elektronik

Usaha jasa reparasi barang elektronik sepertinya kurang banyak diminati orang. Padahal, potensi penghasilan dari bisnis jasa ini lumayan besar. Bayangkan saja, setiap rumah, kantor, sekolah, atau pun toko tentu punya berbagai benda-benda elektronik, bukan? Misalnya : TV, kulkas, kipas angin, komputer, laptop, dan lainnya.

Barang-barang tersebut tentu saja ada kalanya eror atau rusak. Nah, dengan pangsa pasar cukup luas dan peluang menguntungkan yang besar, maka Anda bisa mencoba usaha rumahan bisnis reparasi elektronik. Selain membuka jasa, kedepannya Anda bisa menjual peralatan elektronik sebagai tambahan penghasilan.

26. Jasa Kursus Memasak

Bagi Anda yang jago masak, tak ada salahnya memulai bisnis kursus memasak. Anda bisa memakai dapur rumah Anda untuk dijadikan tempat kursus atau datang langsung ke rumah pelanggan. Pangsa pasarnya lumayan banyak lho, terutama ibu-ibu muda atau pun pengantin baru yang belum terampil memasak.

Untuk menarik pelanggan, Anda bisa membuat paket-paket memasak seperti makanan khas, makanan sehari-hari, makanan yang lagi trend / kekinian, aneka kue basah / kering, dan berbagai jenis minuman. Anda bisa memasarkan jasa kursus memasaknya melalui medsos, blog / website, atau pun WA Group.

27. Usaha Cuci Motor/ Mobil

Usaha cuci motor atau mobil tak kalah bagus peluangnya bila dibandingkan dengan bisnis kuliner. Apalagi, dari tahun ke tahun jumlah kendaraan bermotor dan mobil cenderung bertambah. Modalnya pun tak terlalu besar, sehingga cukup menjanjikan sebagai bisnis rumahan.

Modal awal usaha cuci motor / mobil berkisar antara 8 – 10 jutaan, tergantung sudah punya tempat atau belum. Agar dapat menekan biaya modal awal, Anda dapat memakai sebagian halaman rumah dan dikerjakan secara mandiri tanpa karyawan. Setelah berkembang dan banyak pelanggan, baru merekrut karyawan.

28. Les Private Pelajaran Sekolah

Usaha bimbingan belajar atau les private nampaknya masih menjanjikan untuk dijalani. Banyak anak-anak sekolah yang membutuhkan bantuan untuk pelajaran tambahan di rumah, baik SD, SMP, maupun SMA. Oleh karena itu, peluang usaha les private terbuka lebar.

Apabila Anda akan membuka bisnis rumahan berupa les private, sebaiknya tentukan dulu kemampuan Anda pada bidang pelajaran apa. Mulailah les private secara door to door mendatangi rumah siswa. Gunakan metode pembelajaran yang menarik dan mudah dipahami oleh siswa.

Saat siswa semakin banyak, Anda bisa menyiapkan ruangan khusus di rumah untuk belajar. Desain secara bagus, dengan suasana nyaman menyenangkan. Lakukanlah promosi melalui medos, website / blog, dan WA Group. Agar lebih menarik, Anda bisa menawarkan beberapa mata pelajaran sehingga banyak pilihan.

29. Potong Rambut

Peluang usaha rumahan potong rambut terbilang menjanjikan karena hampir semua orang membutuhkan jasa potong rambut, baik di desa atau pun kota. Syarat utama membuka bisnis ini yaitu keterampilan memotong rambut dengan bagus dan rapi.

Jika Anda belum memiliki skil cara memotong rambut, sebaiknya ikut kursus terlebih dahulu sampai benar-benar ahli. Setelah itu, barulah membuka jasa potong rambut kecil-kecilan. Omzet usaha potong rambut bisa mencapai jutaan rupiah per bulannya.

Misalnya saja, dalam sehari ada 5 orang yang potong dengan tarif masing-masing 10 ribu rupiah. Maka dalam sebulan, pendapatan kotornya mencapai sekitar 1,5 juta rupiah. Lumayan banget, untuk tambahan uang belanja.

30. Membuat Mebel

Meskipun telah muncul produk-produk berbahan plastik sebagai pengganti furniture, namun peralatan yang terbuat dari kayu masih tetap diminati banyak orang. Oleh karena itu, bisnis rumahan berupa mebel masih tetap cerah dan menjanjikan kedepannya.

Jika Anda memiliki keahlian dalam membuat berbagai furniture unik, tak ada salahnya mencoba terjun dalam usaha mebel. Beberapa contoh produk mebel yang bisa Anda buat antara lain meja kantor, kursi, meja makan, meja komputer, pembatas ruangan, hiasan dinding, bingkai foto, dan lain sebagainya.

Buatlah produk Anda seunik mungkin sehingga membuat orang tertarik. Sesuaikan pula dengan barang-barang yang lagi hits atau trend saat ini. Untuk pemasaran, Anda bisa mencoba menjual secara offline dan online melalui media sosial, marketplace, atau pun WA Group.

31. Membuka Warung Kelontong

Jika Anda memiliki rumah yang strategis lokasinya, misalnya pinggir jalan ramai, dekat kompleks perumahan, berada di area kampus / sekolah / perkantoran, maka membuka usaha warung klontong bisa menjadi pilihan tepat. Mulailah menjual barang-barang kebutuhan sehari-hari dan barang-barang yang diperlukan oleh orang di lingkungan sekitar.

Walaupun kelihatannya sepele, akan tetapi bisnis warung klontong ini membutuhkan perencanaan matang. Beberapa hal yang harus Anda lakukan sebelum membuka warung yaitu mencari tempat grosir murah, mensurvei kebutuhan masyarakat sekitar, menyiapkan etalase, dan menyiapkan gudang penyimpanan.

32. Ternak Ayam

Bagi Anda yang hoby memelihara ayam, cobalah membuka usaha ternak ayam. Pasalnya, ternak ayam merupakan salah satu bisnis rumahan yang menjanjikan dengan modal kecil tapi untungnya besar. Ada beberapa pilihan ternak ayam yang bisa dipilih, antara lain ayam bangkok, ayam petelur, ayam potong / ayam pedaging, ayam broiler, ayam jawa, ayam kampung, dan lainnya.

Fokuslah pada sayu jenis ayam dulu, terutama yang Anda kuasai ilmu pemeliharaannya. Mulailah memelihara beberapa ekor, jangan langsung banyak. Setelah berkembang dan stabil, Anda bisa menambah jumlah ayam peliharaan.

Kendala ternak ayam biasanya pada lokasi kandang. Usahakan, lokasi kandang tak mengganggu tetangga sekitar. Jauh dari pemukiman mungkin lebih baik, tapi Anda harus rela menjaganya tiap hari. Usaha ternak ini sepertinya lebih cocok untuk orang yang hidup di desa karena masih banyak pekarangan dan sawah untuk kandang ayam.

33. Ternak Ikan

Selain ternak ayam, peluang usaha rumahan ternak ikan / budidaya ikan juga cukup menjanjikan hasilnya. Ada beberapa jenis ikan yang bisa Anda budidayakan, antara lain ikan lele, ikan nila, ikan mujair, ikan patin, ikan gurame, ikan bawal, ikan mas, dan ikan hias.

Anda pilihlah salah satu jenis ikan untuk diternakan sesuai dengan ilmu pengetahuan dan skil yang Anda miliki. Apabila Anda mempunyai lahan sempit, bisa menggunakan model kolam terpal.

34. Budidaya Jamur

Akhir-akhir ini, konsumsi jamur cukup banyak dikalangan masyarakat khususnya sebagai makanan vegetarian dan camilan. Tekturnya yang kenyal dan enak, membuat banyak orang menyukainya. Apalagi jamur kaya akan zat gizi seperti protein dan vitamin.

Dengan semakin banyaknya konsumsi jamur, tentu hal tersebut akan membuka peluang bisnis rumahan budidaya jamur. Jenis jamur yang biasa dibudidayakan adalah Jamur Tiram. Anda dapat memakai pekarangan belakang atau samping rumah sebagai lahan budidaya jamur.

35. Usaha Rumahan Makanan Ringan

Peluang usaha rumahan makanan ringan atau snack masih terbuka lebar, bahkan bisa menghasilkan untung besar hingga jutaan rupiah. Pangsa pasarnya juga luas, mengingat makanan model camilan ini disukai banyak orang dari anak-anak, remaja, hingga dewasa.

Beberapa makanan ringan yang bisa Anda coba untuk dijual antara lain : keripik tempe, keripik pisang, keripik kentang, keripik bayam, makaroni, kacang bawang, mie lidi, kuaci, stick talas, dan lain sebagainya. Tak hanya itu, Anda juga bisa menjual aneka oleh-oleh khas berbagai daerah seperti cireng Jawa Barat, bakso goreng Malang, tahu bakso, kue mochi, kerupuk seblak, sale pisang kebumen, dan lain-lain.

Untuk pemasaran, Anda bisa menitipkannya ke toko-toko pusat oleh-oleh, toko swalayan, pasar tradisional, atau pun warung-warung kelontong. Pasarkan juga secara online melalui media sosial instagram, facebook, whatsapp, serta marketplace seperti Tokopedia dan Bukalapak.

36. Buket Bunga Dan Kotak Kado

Bunga dan kado sepertinya dua hal yang akan selau dibutuhkan bagi sebagian orang. Meskipun bukan kebutuhan primer, namun bisnis buket bunga dan kotak kado memiliki pangsa pasar yang menjanjikan. Seringkali banyak orang membutuhkan sebuah buket bunga atau pun kotak kado pada momen-momen tertentu seperti ulang tahun, wisuda kelulusan, wedding / pernikahan, dan lainnya.

Modal yang dibutuhkan untuk memulai bisnis rumahan ini relatif kecil, tak sampai 1 juta rupiah. Buatlah karangan bunga / buket bunga dan kotak kado yang unik serta cantik dilihat. Anda tak perlu langsung membuat banyak, cukup membuat beberapa saja sebagai sampel.

Fotolah hasil karya Anda tersebut, lalu pasarkan lewat instagram, facebook, whatsapp, line, serta market place seperti Tokopedia, Bukalapak, Shopee, dan sebagainya. Anda bisa juga menawarkan secara “door to door” kepada teman, saudara, tetangga, maupun rekan kerja. Jika ditekuni, hasilnya lumayan besar hingga jutaan rupiah.

37. Jasa Sewa Pakaian

Bukan hanya rental motor dan mobil, bisnis jasa sewa pakaian juga kini mulai dilirik orang. Usaha ini terbilang masih sedikit kompetitornya sehingga cenderung menjanjikan. Anda dapat menyewakan beberapa busana adat, pakaian pesta, kebaya, jas, sepatu, atau pun lainnya dari mulai anak-anak, remaja, hingga orang dewasa.

Biasanya, penyewaan pakaian akan laris manis saat perayaan hari besar nasional yang mengharuskan memakai pakaian adat. Dengan tarif sewa sekitar 100 – 700 ribu rupiah, kabarnya usaha sewa pakaian bisa mencapai omzet 10 juta rupiah dalam sebulan. Banyak juga ya, untungnya?

Demikianlah uraian singkat tentang beberapa peluang usaha rumahan yang menjanjikan dengan modal kecil tapi untung besar. Meskipun penghasilannya keliahatan menggiurkan, tapi tidaklah mudah untuk menjalankan ide-ide bisnis tersebut. Anda harus bekerja keras, tekun, dan pantang menyerah dalam menjalaninya karena tak ada hal instant di dunia ini, semua butuh waktu dan proses. Semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here