Home Bisnis Online Cara Mendapatkan Uang Dari Blog Hingga Ribuan Dollar Per Bulan Tanpa Modal...

Cara Mendapatkan Uang Dari Blog Hingga Ribuan Dollar Per Bulan Tanpa Modal Besar Untuk Pemula

608
0

Cara Mendapatkan Uang Dari Blog – Ingin menghasilkan uang jutaan rupiah dari blog? Inilah panduan lengkap cara mendapatkan uang dari blog hingga ribuan dollar per bulan tanpa modal besar untuk pemula. Langkahnya simple dan praktis, Anda cukup membuat blog lalu mengisinya dengan konten artikel bermanfaat.

Akhir-akhir ini, bisnis online sedang ngetrend dikalangan masyarakat. Mulai dari pelajar, mahasiswa, pekerja kantoran, hingga ibu rumah tangga mencoba peruntungannya dalam menghasilkan uang secara online. Salah satu cara bisnis online tanpa modal besar yang cukup populer adalah membuat blog.

cara-mendapatkan-uang-dari-blog
Gambar ilustrasi cara mendapatkan uang dari blog hingga jutaan rupiah bagi pemula

Cukup banyak blogger sukses yang berhasil meraup uang jutaan rupiah dari blognya baik melalui iklan Google AdSense, affiliate marketing, review produk, jual produk, dan lainnya. Nah, buat Anda para pemula, pada kesempatan ini saya akan berbagi sedikit pengalaman saya tentang cara mendapatkan uang lewat blog mulai dari awal hingga akhirnya berhasil.

Langkah-Langkah Cara Mendapatkan Uang Dari Blog Tanpa Modal Besar Untuk Pemula Dan Sumber Pendapatannya

Tulisan ini saya bagi menjadi 3 pokok bahasan utama agar mudah dipahami dan diterapkan oleh setiap orang. Pokok bahasan tersebut antara lain fakta tentang blogging, panduan membuat blog untuk menghasilkan uang, dan sumber pendapatan yang dapat diterapkan pada blog. Ketiga hal tersebut saling terkait satu sama lain sehingga alangkah baiknya jika Anda membaca semuanya hingga tuntas.

Fakta Tentang Blogging atau Ngeblog Untuk Mendapatkan Uang

1. Tidak Ada Yang Instant, Membuat Blog Bukanlah Cara Cepat Menghasilkan Uang

Gambar ilustrasi butuh proses dan kerja keras dalam mendapatkan uang dari blog

Jika selama ini Anda membuat blog dengan tujuan agar cepat kaya raya, maka sebaiknya urungkan niat Anda menjadi seorang blogger. Mengapa? Hal ini karena blog bukanlah sarana yang dapat menghasilkan uang secara cepat. Untuk mendapatkan uang dari blog, diperlukan kerja keras berbulan-bulan, tak cukup sehari dua hari.

Berdasarkan pengalaman saya, setidaknya butuh waktu 6 – 12 bulan agar sebuah blog bisa dimonetisasi (menghasilkan uang). Oleh karena itu, jika Anda bersungguh-sungguh ingin menjadikan blogger sebagai profesi, maka harus ekstra sabar dan pantang menyerah. Pada umumnya, blogger pemula tak begitu sabar sehingga mudah putus asa ditengah jalan.

2. Blogging Butuh Modal

Gambar ilustrasi modal dalam blogging : laptop dan koneksi internet

Jika ada yang mengatakan blogging tak butuh modal, itu “Bohong Besar”!!! Pasalnya, untuk membuat sebuah blog maka dibutuhkan modal minimal waktu, tenaga, pikiran, laptop / PC, dan jaringan internet. Jika ingin blog tampil lebih profesional, Anda harus menyiapkan uang untuk membeli domain, sewa hosting, dan template.

3. Traffic Blog Menentukan Besarnya Penghasilan

Gambar ilustrasi traffic blog

Kunci sukses sebuah blog adalah traffic. Apa seh traffic itu? Traffic merupakan jumlah orang yang mengunjungi sebuah website / blog untuk membaca konten di dalamnya. Semakin tinggi traffic, maka blog tersebut akan semakin mudah untuk menghasilkan uang.

Jangan berharap dapat mendapatkan uang jutaan rupiah, apabila pengunjung blog Anda masih minim. Sebagus apapun isi sebuah blog, jika tak ada traffic maka blog tersebut tak akan bisa menghasilkan uang. Oleh karena itu, promosi blog melalui teknik SEO, medsos, atau pun iklan menjadi hal wajib dilakukan bagi para blogger dalam meningkatkan penghasilan.

4. Harus Fokus Dalam Membangun Blog Agar Menghasilkan Uang

Gambar ilustrasi fokus dalam membangun blog

Salah satu penyakit blogger pemula adalah tidak fokus. Mereka kebanyakan mudah tergiur oleh keberhasilan seseorang yang dibagikan melalui forum-forum atau pun ebook. Hal ini mengakibatkan ketidakfokusan pada satu pekerjaan.

Mereka mudah berganti haluan dalam berbisnis online, dari blog ke YouTube, lalu ke online shop, dan akhirnya tidak ada satu pun bisnis onlinenya sukses. Kunci keberhasilan dalam membangun blog adalah fokus hingga berhasil. Anda bisa mencoba bidang lainnya setelah blog sudah stabil menghasilkan uang setiap bulan.

Saya pribadi, mulai membuat channel YouTube untuk menambah pundi-pundi uang setelah beberapa blog sudah rutin menghasilkan uang setiap bulan. Tentang tahap-tahap bermain YouTube, Anda bisa membacanya pada artikel Cara Mendapatkan Uang Dari YouTube Hingga Jutaan Rupiah Bagi Pemula.

5. Penghasilan Blog Tidak Tetap

Gambar ilustrasi penghasilan blog tidak tetap

Fakta dunia blogging selanjutnya yang wajib diketahui yaitu penghasilan blog tidak tetap. Jika Anda menginginkan gaji tetap setiap bulan, maka jadilah PNS atau karyawan kantoran. Pendapatan dari blog tidaklah pasti, antara bulan sekarang dengan bulan depan akan berbeda.

Pengalaman saya selama menjadi blogger dengan monetisasi dari Google AdSense, penghasilan blog berbahasa Indonesia akan bertambah besar pada akhir tahun dan libur lebaran. Hal ini karena pada saat itu, banyak pengiklan yang secara besar-besaran memasang iklan produknya. Lain halnya dengan bulan Januari atau setelah lebaran, penghasilan blog akan turun drastis karena sedikitnya iklan.

Panduan Cara Membuat Blog Yang Dapat Menghasilkan Uang

Di era digital modern saat ini, internet memagang peranan penting dalam sendi-sendi kehidupan masyarakat. Banyak sekali aktivitas sehari-hari yang memakai jaringan internet, mulai dari mencari informasi, belajar, pesan tiket, jual beli, hingga memesan makanan.

Jika Anda jeli, perubahan gaya hidup masyarakat ini tentu menjadi peluang emas untuk menghasilkan uang. Ada banyak cara mendapatkan uang dari internet yang bisa Anda lakukan, diantaranya melalui blog. Ingin tahu bagaimana caranya? Yuk, simak ulasan lengkap tentang langkah-langkah cara membuat blog agar bisa dimonetisasi berikut ini.

1. Pilih Platform

Gambar ilustrasi platform blog wordpress

Langkah pertama dalam membuat blog agar bisa menghasilkan uang adalah memilih platform blog. Ada cukup banyak platform blog yang bisa Anda pilih mulai dari blogspot / blogger, WordPress, Joomla!, Drupal, Pyro, SilverStripe, Textpattern, Serendipity, Jekyll, hingga Subrion.

Dua platform blog yang banyak digunakan dan populer dikalangan para blogger adalah blogspot dan WordPress. Saya sendiri memakai keduanya karena memang cukup gampang digunakan. Pilihlah platform yang paling Anda kuasai agar mudah dalam mengoperasikannya.

Jika memilih blogspot (blogger.com), saya sarankan untuk menggunakan custom domain agar blog terlihat profesional. Domain merupakan nama blog / alamat blog Anda, misalnya maslatip.com, kompas.com, detik.com, dan lain sebagainya. Pilihlah nama yang unik dan mudah diingat sesuai dengan tema blog Anda.

Apabila Anda memilih platform WordPress, maka gunakan WordPress self hosting. Jangan memakai WordPress gratisan karena tidak bisa dipasang iklan AdSense. Anda bisa menyewa hosting (server) dengan kapasitas standar dulu, nanti ketika pengunjung sudah banyak barulah mulai upgrade sesuai kebutuhan.

2. Pilih Satu Tema / Niche

Gambar ilustrasi tema / niche blog

Setelah platform, tahap berikutnya yaitu memilih tema / niche blog. Pilihlah satu tema yang benar-benar Anda kuasai dan sesuai passion. Hal ini karena ngeblog termasuk aktivitas jangka panjang dimana setiap hari Anda akan dituntut untuk menulis artikel terus menerus. Jika tema blog sesuai pengetahuan Anda, maka akan cukup mudah mengembangkannya.

Hindari membuat blog gado-gado, yaitu satu blog tapi memuat banyak tema. Meskipun bisa dimonetisasi, namun blog gado-gado cukup memakan banyak waktu dalam mengembangkannya. Bagi para pemula, alangkah lebih baik untuk memilih satu tema blog secara specifik (baca : micro niche). Blog “micro niche” lebih mudah dikembangkan agar mendapatkan pengunjung organik dari mesin pencari Google.

Dalam menentukan tema blog, ada baiknya Anda melakukan research keyword melalui Google Keyword Planner. Anda tinggal login dengan akun gmail, lalu ketikkan kata kunci (keyword), maka akan muncul jumlah penelusuran tiap bulannya. Pilihlah tema yang mempunyai jumlah penelusuran lumayan banyak sehingga ada kemungkinan blog Anda nantinya akan banyak pengunjung.

3. Buat Artikel Bermanfaat Yang Memberikan Solusi Bagi Orang Lain

Ilustrasi proses menulis / membuat artikel bermanfaat

Cara mendapatkan uang dari blog selanjutnya adalah mengisi blog dengan konten bermanfaat yang memberikan solusi bagi orang lain. Konten blog biasanya berupa artikel disertai gambar / video sebagai penjelas.

Pada tahap awal, Anda harus update artikel secara rutin setiap hari selama 3 bulan. Hal ini bertujuan untuk mengundang crawler Google (baca : Googlebot) agar mengindex halaman blog Anda. Setelah itu, Anda bisa melakukan update berkala selama seminggu sekali atau seminggu dua kali sambil membangun blog baru lainnya.

Dengan mempublikasikan artikel bermanfaat, maka akan mengundang orang lain untuk berkunjung ke blog Anda. Setiap orang yang mengetikkan kata kunci (baca : keyword) di mesin pencari Google sebenarnya bertujuan untuk mendapatkan solusi atas permasalahannya. Nah, tugas seorang blogger adalah mencarikan solusi tersebut dalam bentuk artikel.

4. Lakukan Promosi Blog

Gambar ilustrasi promosi blog (online marketing)

Sebagus apapun konten sebuah blog, jika tidak ada pengunjungnya maka tak akan bisa menghasilkan uang. Oleh karena itu, promosi menjadi hal wajib dilakukan bila ingin mendapatkan penghasilan dari blog. Beberapa cara promosi blog yang umum dilakukan yaitu melalui teknik SEO (Search Engine Optimization), iklan, media sosial (baca : medsos), dan forum.

5. Update Blog Dengan Artikel Berkualitas Secara Rutin

Gambar ilustrasi update blog

Update artikel sangat diperlukan untuk meningkatkan traffic blog. Semakin banyak artikel sebuah blog, maka akan semakin besar kemungkinan halaman blog tersebut muncul di hasil pencarian Google. Akibatnya, traffic kunjungan blog Anda akan semakin meningkat. Dengan traffic blog yang tinggi, maka Anda akan lebih mudah mendapatkan uang dari blog tersebut.

6. Menentukan Jenis Pendapatan Dari Blog

Gambar ilustrasi memilih sumber pendapatan blog

Setelah blog mempunyai traffic dengan jumlah cukup banyak, maka langkah selanjutnya adalah memilih jenis pendapatan yang akan diterapkan pada blog tersebut. Ada berbagai sumber penghasilan blog mulai dari iklan, review produk, content placement, hingga jualan produk. Anda tinggal pilih mau memakai yang mana sesuai dengan tema blog.

Saya pribadi memakai iklan Google AdSense dan content placement sebagai cara mendapatkan uang dari blog. Seperti halnya media cetak koran / majalah, blog dengan traffic tinggi bisa menjual kolom iklan tersendiri. Pemilik blog bisa memasang tarif sesuai dengan jumlah traffic setiap bulannya. Agar lebih jelas, di bawah ini saya sampaikan ulasan tentang beberapa sumber pendapatan blog yang bisa diterapkan.

Macam-Macam Sumber Pendapatan / Penghasilan Blog

Dulu kala ketika masih awal-awal menekuni dunia blogging, saya beranggapan penghasilan blog hanya dari iklan saja. Anggapan saya itu ternyata keliru besar karena faktanya ada cukup banyak cara mendapatkan uang dari blog selain memasang iklan dari pihak ketiga. Bahkan, jika ditekuni mungkin penghasilannya akan lebih besar dari iklan sehingga bisa menjadi sarana usaha rumahan dalam menopang ekonomi keluarga.

1. Menjadi Publisher Iklan

Gambar ilustrasi penghasilan blog dari iklan

Menjadi publisher iklan merupakan cara umum yang dilakukan oleh para blogger dalam mendapatkan uang. Dengan mendaftarkan blog pada situs penyedia iklan, maka blog tersebut akan bisa dipasang iklan dari situs tersebut. Untuk penghasilan, biasanya memakai mekanisme bagi hasil seperti 68% untuk blogger, dan sisanya untuk situs penyedia iklan.

Situs penyedia iklan paling besar dan populer adalah Google AdSense. Hampir setiap blogger selalu memakai AdSense sebagai ladang penghasilan. Namun, untuk menjadi publisher iklan Google AdSense tidaklah mudah. Anda harus punya blog dengan konten sesuai kebijakan Google AdSense.

Biasanya blog yang didaftarkan ke Google AdSense akan direview dulu beberapa hari / minggu sebelum mendapatkan persetujuan. Iklan akan tayang jika blog sudah disetujui oleh pihak Google AdSense. Selain melalui blog, Anda juga bisa mendapatkan uang dari Google AdSense lewat channel YouTube. Mekanismenya pun sama, ada proses peninjauan terlebih dahulu sebelum berhasil dimonetisasi.

Sebagai alternatif, Anda bisa mencoba situs penyedia iklan selain adsense sebagai sumber penghasilan blog. Situs-situs tersebut antara lain MGID, PayClick, RevenueHits, Media.net, Adnow, BuySellAds, Infolinks, Qadabra, Bidvertiser, dan Clicksor.

2. Menyediakan Tempat Iklan Mandiri

Gambar ilustrasi space iklan dalam blog

Selain menjadi publisher iklan, cara mendapatkan uang dari blog lainnya adalah menyediakan iklan mandiri. Anda bisa menawarkan space iklan pada orang lain melalui halaman blog. Space iklan tersebut bisa berupa banner berbagai ukuran atau pun link menuju ke website pengiklan.

Untuk menarik minat pengiklan, Anda bisa menambahkan jumlah traffic harian hingga bulanan dari blog. Semakin tinggi traffic, maka akan lebih mudah mendapatkan pengiklan. Soal harga iklan, Anda bebas menentukan tarif periklanan (rate card) tapi harus disesuaikan dengan traffic blog.

3. Mengikuti Program Affiliate Marketing

Gambar ilustrasi affiliate marketing

Selain Google AdSense, program Affiliate Marketing juga cukup familiar dikalangan blogger sebagai salah satu cara mendapatkan uang dari blog. Apa seh Affiliate Marketing itu? Pengertian Affiliate Marketing adalah sistem bisnis online dimana seseorang akan dibayar setelah berhasil menjualkan produk berupa barang / jasa dari suatu perusahaan.

Program Affiliate Marketing paling populer yaitu Amazon.com. Situs E-Commerce (Online Shop) bernama Amazon ini menjual berbagai macam barang kebutuhan sehari-hari, mulai dari pakaian, barang elektronik, perlengkapan olah raga, kerajinan, perlengkapan dapur, dan lain sebagainya.

Untuk mengikuti Program Affiliate Marketing dari Amazon, Anda harus mempunyai sebuah blog dengan konten bertema seputar produk yang dijual Amazon. Kemudian Anda harus mendaftarkan diri pada program tersebut. Setelah mendaftar, Anda harus mencantumkan link pembelian produk pada halaman / postingan blog.

Komisi akan di dapatkan apabila ada orang yang membeli barang Amazon dari link pembelian pada blog Anda. Untuk besaran komisi sekitar 4 persen atau lebih dari harga barang. Semakin banyak orang membeli produk Amazon dari link blog Anda, maka penghasilan Anda akan bertambah banyak.

4. Menjual Sebuah Produk / Barang

Gambar ilustrasi menjual produk

Menjual produk buatan sendiri merupakan salah satu cara mendapatkan uang dari blog yang cukup menjanjikan. Pasalnya, Anda akan mendapatkan 2 keuntungan sekaligus, yaitu mendapatkan uang secara langsung dan tidak terpotong penghasilannya. Beberapa barang yang biasa dijual melalui blog antara lain buku, ebook, pakaian, aksesoris, template blog, plugin, software, gadget, dan lain sebagainya.

5. Menawarkan Jasa

Gambar ilustrasi jasa desain interior

Selain menjual barang (online shop), Anda juga bisa mendapatkan uang dari blog dengan cara menawarkan jasa sesuai kemampuan. Beberapa jenis jasa yang biasanya ditawarkan melalui blog antara lain menulis artikel, desain grafis, pembuatan website, rental motor / mobil, laundry, penerjemah, tour and travel, SEO (Search Engine Optimization), dan lainnya.

6. Menjual Blog

Gambar ilustrasi menjual blog

Blog yang telah dibuat oleh Anda, bisa juga dijual untuk mendapatkan uang. Memang ada yang mau beli? Jika blog Anda bagus dan punya traffic, tentu saja ada yang minat. Jangan kaget, ada lho blog berharga puluhan juta karena memang kontennya bagus dengan traffic tinggi.

Untuk menjual blog, Anda bisa menawarkannya melalui situs penjual blog seperti Flippa.com dan Ads.id (Forum Adsense Indonesia). Untuk harga blog, Anda bisa menerapkan tarif sesuai dengan jumlah artikel, earning (jumlah penghasilan saat di pasang iklan), dan traffic per bulannya.

7. Menyediakan Program Membership

Gambar ilustrasi program membership

Program Membership yaitu suatu cara mendapatkan uang dari blog melalui penyediaan konten premium dimana pengunjung harus membayar menjadi anggota (member) agar bisa mengaksesnya. Konten premium tersebut tentu bermacam-macam sesuai keahlian pemilik blog. Misalnya : tutorial SEO, tutorial membuat website, dan sebagainya.

8. Content Placement / Paid Review

Gambar ilustrasi membuat review produk

Content Placement / Paid Review yaitu cara mendapatkan uang dari blog lewat review sebuah produk / jasa. Jadi, Anda nantinya akan dibayar setelah membuat artikel review dan mempostingnya di blog. Biasanya, dalam artikel tersebut diminta untuk menyisipkan link menuju ke website pengiklan.

Harga sekali review bervariasi sesuai dengan traffic blog. Saya pribadi menetapkan rate card sekitar 300 – 500 ribu untuk setiap Content Placement. Harga tersebut tentu bisa berubah sewaktu-waktu sesuai perkembangan blog. Jika traffic blog Anda sudah jutaan seperti detik.com dan kompas.com, tentu harga paid reviewnya akan semakin besar.

9. Kompetisi Blog

Gambar ilustrasi kompetisi blog

Cara mendapatkan uang dari blog yang tak kalah menggiurkan adalah mengikuti kompetisi blog. Anda bisa mendapatkan hadiah hingga jutaan rupiah apabila memenangkannya. Kompetisi blog biasanya berupa kontes SEO dan lomba membuat tulisan / artikel tentang tema tertentu.

Demikianlah penjelasan singkat tentang bagaimana cara menghasilkan uang dari blog hingga jutaan rupiah tanpa modal besar bagi pemula. Agar sukses dalam blogging, dibutuhkan kerja keras, kerja cerdas, dan semangat pantang menyerah. Bagi Anda yang kebetulan sudah sukses dalam dunia blogger, bisa berbagi pengalaman melalui kolom komentar. Terima kasih atas kunjungannya dan semoga berhasil.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here