Home Bisnis Online Studi Kasus Cara Mendapatkan Uang $1600 Sebulan Dari Google AdSense

Studi Kasus Cara Mendapatkan Uang $1600 Sebulan Dari Google AdSense

756
0

Cara Mendapatkan Uang Dari Google Adsense – Ingin menghasilkan uang melalui Google AdSense? Baca dulu pengalaman saya dalam mendapatkan 1600 dollar USD sebulan. Cara yang saya lakukan yaitu membuat sejumlah blog berbahasa Indonesia lalu dipasang iklan adsense.

Bermula dari rasa penasaran terhadap kisah para Blogger Sukses Indonesia, akhirnya saya putuskan untuk mencoba terjun ke dunia bisnis online khususnya perbloggeran. Saya kebetulan orang yang tak mudah percaya kepada cerita keberhasilan seseorang sebelum membuktikannya sendiri.

cara mendapatkan uang dari google adsense
Ilustrasi cara mendapatkan uang dari google adsense

Jadi, uji coba yang akan saya jelaskan dalam tulisan ini tujuan utamanya adalah untuk menjawab pertanyaan “apakah benar sebuah blog / website bisa di monetisasi sehingga bisa memberikan penghasilan kepada pemiliknya melalui program Google AdSense?”.

Cara Mendapatkan Uang $1600 Sebulan Dari Blog Bahasa Indonesia Melalui Google AdSense

Untuk mempermudah dalam menceritakan hal-hal apa saja yang saya lakukan dari mulai awal sampai akhir, maka saya bagi tulisan ini menjadi beberapa bagian. Sekitar ada 10 tahap, mungkin nanti akan bertambah bila dirasa ada yang terlewat.

1. Mengubah Mindsite / Cara Pandang

Mindset Cara Pandang
Mindset / Cara Pandang

Hal pertama yang saya lakukan adalah meluruskan cara pandang tentang makna sebuah kesuksesan. Saya mantapkan untuk menanamkan dalam pikiran dan hati bahwa untuk mencapai suatu keberhasilan maka butuh proses, waktu, dan kerja keras.

Tidak ada yang instan di dunia ini, semuanya harus melalui tahapan-tahapan yang tak mudah. Istilah keren dalam bahasa inggrisnya yaitu “There is no elevator to success you have to take the stairs”. Oleh karena itu, studi kasus ini saya rencanakan selama rentang waktu 2 tahun dalam mencapai target yang telah ditetapkan. Lama bukan?

Ya, memang harus lama mengingat saya bukanlah seorang master atau mastah dalam dunia Internet Marketing atau pun ahli SEO yang handal. Apalagi disambi kerja offline yang akan menyita banyak waktu dan tenaga. Oya, target saya dalam kasus ini yaitu menghasilkan 1000 dollar dalam sebulan secara rutin.

2. Belajar Cara Membuat Blog

cara membuat blog
Ilustrasi belajar cara membuat blog

Setelah menentukan target dan rentang waktu, hal yang saya lakukan adalah belajar membuat sebuah blog yang baik dan benar. Dari mulai memilih nama domain, hosting, memilih template, hingga bagaimana cara menulis konten / isi blog yang disukai pembaca.

Blog yang baik itu seperti apa? Ya tentu saja blog yang disukai mesin pencari google. Kriterianya sebenarnya simpel, kontennya bagus dan mudah diakses oleh para pengunjung. Sebagai sebuah mesin pencari, google tentu ingin menyajikan sebuah konten website / blog yang terbaik bagi para pelanggannya.

Bisa dibayangkan kan? Seandainya hasil pencarian google ternyata tak sesuai dengan keyword yang diketikkan. Mesti banyak orang yang akan berpindah ke mesin pencari lain, meninggalkan google. Oleh karena itu, google selalu mengupdate algoritma agar selalu bisa memberikan sebuah hasil penelusuran yang sesuai dengan kebutuhan.

Jadi, jelas ya, blog yang baik itu yang berisi konten berkualitas dan dibutuhkan banyak orang. Dan tentu saja desain templatenya sederhana dan fast loading agar bisa diakses oleh siapapun. Coba Anda buka google.com, bagaimana kira-kira penampilannya? Elegan, fresh, dan cepat diakses bukan?

3. Riset Keyword Untuk Menentukan Tema / Niche Blog Dengan Harga Iklan Tinggi Dan Banyak Yang Nyari

Keywords
Ilustrasi Keywords / Kata Kunci (Foto : Ciphers)

Pada awalnya, saya membuat sebuah blog dengan tema yang saya senangi dan kuasai. Namun, seiring berjalannya waktu, saya menyadari bahwa untuk memperoleh penghasilan banyak dari iklan, ternyata syaratnya blog itu harus ramai pengunjung dan nilai klik iklannya pun harus besar.

Oleh karena itu, saya melakukan sebuah riset keyword sederhana menggunakan Google AdWords kepunyaan google. Sebenarnya, program keywords planner dari Google Adwords ini diperuntukan bagi para pemasang iklan (advertiser). Namun, sebagai publisher (penayang iklan), kita bisa juga menggunakannya untuk melihat nilai iklan masing-masing keyword.

Tentang bagaimana cara melakukan riset keyword yang benar, Anda bisa mencarinya di google. Mungkin nanti, jika ada waktu suatu saat akan saya tuliskan langkah-langkahnya. Untuk sementara, silahkan cari di website / blog lain serta youtube ya.

Singkat cerita, akhirnya saya menemukan beberapa tema blog yang mempunyai angka pencarian banyak dan nilai pemasangan iklan besar. Dari daftar tema blog tersebut, saya pilih satu sesuai dengan minat dan passion agar kedepannya bisa terus berlanjut.

4. Mengisi Blog Dengan Konten Terbaik Yang Bermanfaat Bagi Pengunjung

menulis artikel blog
Ilustrasi menulis artikel blog

Dari beberapa studi yang saya lakukan, ternyata semakin banyak pengunjung sebuah blog, maka akan semakin besar pula peluang untuk menghasilkan uang melalui program Google Adsense. Lalu, bagaimana cara meningkatkan jumlah pengunjung blog?

Pondasi dasar agar sebuah blog selalu dikunjungi dan dicari adalah konten (isi blog). Blog yang berisi artikel menarik dan bermanfaat tentu akan disukai oleh banyak orang. Oleh karena itu, pada kasus ini, saya fokuskan membangun konten bagus selama kurang lebih 1 tahun.

Bila Anda ingin terjun sebagai blogger, saya sarankan untuk membuat artikel atau isi blog yang dibutuhkan orang lain. Setiap orang mengetikkan kata kunci (keyword) pada mesin pencari Google tentu ingin mendapatkan solusi terbaik atas permasalahan yang sedang dihadapinya.

Bisa Anda bayangkan, bagaimana rasanya ketika membuka sebuah blog ternyata isi artikelnya amburadul tidak sesuai dengan keinginan. Pastinya Anda akan kecewa dan langsung meninggalkan blog tersebut bukan? Lain halnya bila isi blognya menarik dan memberi manfaat, tentu suatu saat Anda ingin kembali mengunjungi blog tersebut.

Dalam membuat artikel untuk blog, usahakan buat konten yang unik dan lengkap. Tambahkan gambar atau video agar tampak lebih menarik sehingga pengunjung tak bosan membacanya. Kurangilah kata-katabasa-basi yang terlalu panjang, fokuskan pada pembahasan secara detail agar memuaskan pembaca sehingga muncul trust atau kepercayaan terhadap blog Anda.

5. Mempromosikan Blog Yang Telah Dibuat

promosi blog
Ilustrasi rencana promosi blog

Dalam perjalanan, ternyata konten menarik belumlah cukup untuk membuat blog saya ramai pengunjung. Perlu adanya promosi memperkenalkan blog kepada oranga lain. Sebagus apapun konten sebuah blog / website, jika tidak diketahui orang maka akan tetap sepi tanpa kunjungan.

Jumlah pengunjung atau disebut juga traffic blog dapat kita tingkatkan melalui beberapa cara, antara lain promosi melalui media sosial seperti facebook, instagram, twitter atau forum, memasang iklan melalui Google Adwords, SEO (Search Engine Optimization), dan lainnya.

Mengingat keterbatasan dana, saya memutuskan untuk mempromosikan blog melalui media sosial, forum, dan memakai teknik SEO. Namun, dari beberapa metode marketing tersebut saya memfokuskan diri pada SEO. Mengenai apakah SEO itu dan bagaimana cara menerapkannya pada blog, mungkin akan saya bahas dalam artikel tersendiri karena memerlukan bahasan yang lumayan panjang.

6. Mendaftar Google Adsense

Google Adsense
Google Adsense (Foto : Bo-Yi Wu)

Langkah selanjutnya setelah blog memiliki artikel dan traffic yang cukup adalah mendaftarkannya ke layanan Google Adsense. Sebelum mendaftar, pastikan konten dalam blog tidak melanggar kebijakan yang diterapkan oleh pihak Adsense.

Ketika sebuah blog didaftarkan, belum tentu langsung diterima / disetujui oleh pihak Google. Biasanya blog akan di review terlebih dahulu, lalu kemudian akan diberitahukan melalui emal apakah diterima atau belum disetujui. Berdasarkan pengalaman, saya harus mencoba beberapa kali daftar baru diterima sebagai publisher Adsense.

Agar Anda lebih jelas tentang cara mendaftar Google Adsense, langsung saja kunjungi layanan bantuan Google. Disitu akan dijelaskan tahap-tahap yang perlu Anda lakukan dari awal hingga akun diaktifkan sepenuhnya.

Hal yang wajib Anda perhatikan disini yaitu pastikan nama dan alamat saat mendaftar sesuai dengan Kartu Tanda Penduduk (KTP). Jika terjadi perbedaan, maka Anda akan kesulitan dalam mencairkan uang saat menggunakan western union (WU). Untuk alamat mungkin suatu saat bisa diganti, tapi kalau nama tidak bisa diganti.

Biasanya setelah mendapatkan penghasilan sebesar 10 dollar USD, akan dilakukan verifikasi alamat oleh pihak Google dengan cara mengirimkan PIN lewat kartu pos. PIN ini harus Anda masukkan ke dalam form verifikasi. Tetapi, jika Anda memilih pembayaran menggunakan tranfer bank, maka akan diverifikasi melalui pengiriman beberapa digit uang ke rekening Anda.

7. Membuat Banyak Blog

Membuat Banyak Blog
Ilustrasi membuat banyak blog

Setelah mendapatkan Full Approve dari pihak Google Adsense, saya pun langsung memasang kode iklan di halaman blog. Saya mencoba melakukan beberapa eksperimen / uji coba penempatan iklan yang tepat sehingga mendapatkan banyak klik dari pengunjung.

Akan tetapi, sesudah saya menunggu beberapa bulan, ternyata hasil yang saya dapatkan masih jauh dari harapan. Dalam satu hari untuk satu blog bahasa Indonesia hanya kurang dari 1 dollar. Mengenaskan sekali bukan? Padahal untuk mencairkan uang dari Google Adsense (Payout) minimal dalam sebulan harus mencapai penghasilan 100 dollar USD.

Bisa dibayangkan, jika dalam satu hari hanya memperoleh 1 dollar, maka untuk mencapai angka 100 dollar maka dibutuhkan waktu selama 100 hari (3 bulan lebih). Tak sebanding rasanya dengan modal tenaga, waktu, dan biaya internet yang telah saya korbankan selama ini.

Melihat kenyataan itu, saya pun sempat ingin berhenti ngeblog, tapi rasa penasaran di hati saya terus bergejolak untuk membuktikan mendapatkan minimal 1000 dollar dalam sebulan. Pada akhirnya, saya memutuskan tetap melanjutkan proyek blog yang telah dibangun dengan strategi baru. Apaan itu?

Strategi baru yang dimaksud adalah membuat banyak blog, bukan hanya satu. Saya mencoba berimajinasi, jika 1 blog bisa dapat satu dollar maka 10 blog akan bisa mendapatkan 1 x 10 = 10 dollar perhari. Satu bulan bisa mendapatkan 10 x 30 = 300 dollar. Sudah bisa payout kan? Walau masih jauh dari 1000 dollar.

Berdasarkan imajinasi tersebut, saya mencoba membuat 15 blog dengan tema berbeda. Langkah-langkahnya sama dengan ketika saya membuat blog pertama yang dimulai dari riset keyword.

Saya update blog tersebut secara rutin setiap hari, meskipun banyak bolongnya, hehe. Maklum, manusia kadang ada rasa males dan gak mood.

8. Merawat Dan Memonitor Perkembangan Blog

Memonitor Perkembangan Blog
Ilustrasi Gambar Memonitor Perkembangan Blog

Langkah selanjutnya ketika semua blog sudah jadi adalah merawat dan memonitor perkembangan setiap blog. Dari sekian banyak blog yang saya buat, tidak semuanya memenuhi target. Saya pun akhirnya hanya merawat beberapa blog dengan traffic lumayan banyak.

Blog-blog tersebut saya update secara rutin seminggu sekali, kadang juga sebulan sekali. Mengapa tidak setiap hari? Hal ini karena waktu saya terbatas, sehingga tidak memungkinkan membuat artikel setiap hari untuk update semua blog. Nah, saat ini saya terus berternak blog (bikin blog) dengan target lebih besar yaitu 100 buah blog.

9. Menunggu Penghasilan Dari Blog

Menunggu Penghasilan Dari Blog
Menunggu penghasilan dari blog

Setelah blog jadi dan kode iklan adsense berhasil dipasang, maka langkah selanjutnya adalah menunggu hasilnya. Pada kasus saya ini, hampir selama satu tahun pertama saya tidak mendapatkan apa-apa alias belum berhasil payout karena tidak bisa mencapai 100 dollar dalam sebulan.

Seiring dengan jumlah blog yang semakin banyak, pada tahun berikutnya akhirnya saya mulai mendapatkan pembayaran dari Google Adsense. Awalnya hanya bisa payout 3 bulan sekali, lama kelamaan akhirnya bisa payout tiap bulan dengan nominal 100 – 200 dollar tergantung traffic pada bulan tersebut.

Akhirnya, setelah perjuangan 2 tahun lebih, saya bisa mencapai target 1600 dollar USD sebulan. Perlu digarisbawahi disini, bahwa penghasilan dari Google Adsense tidaklah selalu sama tiap bulannya, kadang naik kadang juga turun drastis.

Pada awal tahun Januari – Maret secara umum pendapatan para blogger biasanya turun karena minimnya para pemasang iklan. Para advertiser kebanyakan mengeluarkan budget untuk iklan pada akhir tahun atau menjelang lebaran. Jadi, jangan dikira tiap bulan mendapatkan bayaran tetap seperti pegawai ya! Seorang blogger harus terus berinovasi agar tak terkikis oleh perkembangan teknologi dan jaman.

10. Mengambil Dan Menerima Dollar

Mengambil Dan Menerima Dollar
Ilustrasi mengambil dan menerima dollar

Ada 2 metode / cara untuk mengambil pembayaran dari Google Adsense, yaitu melalui Western Union (WU) di Kantor Pos dan melalui transfer bank. Anda tinggal pilih mau menggunakan cara yang mana. Kalau saya pribadi, dulu pada awal-awal memakai WU tapi sekarang sudah saya alihkan ke transfer bank biar lebih praktis dan aman.

Bila pada bulan ini jumlah saldo di akun Adsense Anda sudah mencapai batas minimal yaitu 100 dollar, maka pembayaran akan dilakukan pada bulan depan setiap tanggal 21, kalau di Indonsia sekitar tanggal 22.

Bila menggunakan WU, Anda bisa langsung mengambilnya di Kantor Pos dengan membawa KTP asli dan foto copynya. Namun, bila melalui transfer bank, harus menunggu sekitar 3 hari untuk prosesnya. Lalu, nanti kita menerima dalam bentul dollar atau rupiah? Ya tentu saja rupiah karena dollarnya telah dikurs / ditukarkan dengan mata uang rupiah.

Bagaimana dengan blog Mas Latip ini? Apakah bisa menghasilkan duit juga? Tentu saja bisa, tapi akan sangat kecil nilainya lantaran blog ini bukan saya tujukan sebagai penghasil dollar. Blog maslatip.com hanyalah sebuah tempat untuk berbagi pengetahuan yang saya punya, sedangkan iklan yang ada hanya sekedar pemanis saja biar bagus dilihat.

Jika Anda ingin benar-benar menghasilkan uang jutaan rupiah dari blog, buatlah blog berbahasa inggris dengan target pembaca di seluruh dunia seperti USA, Canada, UK / England, dan lain sebagainya. Mengapa? Tentu saja karena nilai iklan yang dipasang pada blog berbahasa inggris akan lebih besar dari pada blog berbahasa Indonesia.

membuat blog berbahasa inggris
Ilustrasi membuat blog berbahasa inggris

Nilai tiap klik iklan blog berbahasa inggris (baca : blog bule) bisa mencapai puluhan hingga ratusan dollar USD. Sedangkan blog berbahasa Indonesia (blog lokal) hanya berkisar 0,1 – 0,8 dollar USD per kliknya. Jauh banget bukan rentangnya?

Namun, membuat blog bule juga tidak mudah, perlu kerja keras dan kemampuan menulis dalam bahasa inggris. Oleh karena ruang lingkupnya dunia, maka saingan pun akan sangat banyak. Mengingat saya masih newbie, mungkin akan memerlukan waktu lumayan lama sekitar 3 – 5 tahun dalam membangun blog bule.

Nah, bila Anda beneran serius ingin meraih dollar dari blog bule, maka sebaiknya belajar bahasa inggris dulu agar bisa menulis blog sendiri tanpa harus membeli artikel dari orang lain. Kecuali Anda punya budget banyak, maka bisa menyerahkan isi konten ke jasa penulisan artikel berbahasa inggris.

youtube
Ilustrasi youtube

Selain melalui blog, Anda juga bisa lho mendapatkan uang dari Google Adsense Youtube. Anda tinggal membuat konten video menarik lalu di upload ke dalam chanel yang telah dibuat. Update rutin setiap hari, dan setelah Anda daftarkan lalu di setujui oleh pihak Google, Anda tinggal tungguin dollar mengalir dari chanel Youtube Anda.

Sekian coretan kecil saya tentang cara mendapatkan uang dari google adsense melalui blog, cukup mudah bukan? Fokuslah pada pembuatan artikel yang menarik, lengkapi dengan gambar atau video. Maka blog Anda pun akan semakin ramai diminati banyak orang. Terima kasih atas kunjungannya, semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here