Home Bisnis Online 17 Cara Mendapatkan Uang Dari Internet Hingga Jutaan Rupiah Tanpa Modal Besar...

17 Cara Mendapatkan Uang Dari Internet Hingga Jutaan Rupiah Tanpa Modal Besar Yang Sudah Terbukti

382
0

Cara Mendapatkan Uang – Ingin punya penghasilan hingga jutaan rupiah dari internet? Ini daftar cara mudah dan cepat mendapatkan uang dari internet tanpa modal besar yang sudah terbukti menghasilkan. Hanya dengan memakai laptop / PC komputer dan jaringan internet, Anda sudah bisa memulai bisnis online.

Saat ini, internet memegang peranan penting dalam perekonomian dunia. Tak hanya sekedar sebagai sarana mencari informasi dan hiburan, internet juga bisa digunakan untuk mencari uang. Ada cukup banyak cara menghasilkan uang secara online melalui internet, namun Anda wajib berhati-hati. Hal ini karena sering sekali terjadi kasus-kasus penipuan yang dialami oleh para pemula.

cara-mendapatkan-uang-dari-internet
Gambar ilustrasi cara mendapatkan uang dari internet hingga jutaan rupiah

Buat Anda yang terbilang baru dalam dunia online, berikut ini saya sajikan beberapa cara mendapatkan uang dari internet secara umum. Anda bisa memilih salah satu bidang usaha online untuk memperoleh tambahan penghasilan. Saya sarankan, kalau bisa pilih bisnis yang sesuai dengan passion dan ilmu Anda agar mudah dalam menjalankannya.

Daftar Cara Mendapatkan Uang Dari Internet Hingga Jutaan Rupiah Tanpa Modal Besar Yang Sudah Terbukti

1. Menjadi Publisher Google AdSense Melalui Blog

Bagi Anda yang suka menulis, blogging (membuat blog) bisa menjadi cara tepat dalam mendapatkan uang dari internet. Saya pribadi sudah membuktikan sendiri bahwa blog bisa menghasilkan uang lumayan banyak, layaknya gaji seorang PNS / ASN golongan 4, bahkan bisa lebih.

Meskipun dapat menghasilkan uang hingga jutaan rupiah, tapi menghasilkan uang dari blog bukanlah perkara mudah. Butuh proses lumayan lama dari awal hingga blog bisa dimonetisasi agar bisa mendapatkan uang. Setidaknya, Anda akan butuh waktu 3 – 6 bulan pada awal membangun blog guna mendapatkan traffic / pengunjung yang banyak. Setelah itu, Anda masih harus update artikel secara rutin 1 – 2 minggu sekali.

Setelah blog punya traffic banyak (lebih dari 1000 visitor per hari) dan stabil, Anda bisa mendaftarkan blog sebagai Publisher Google AdSense. Jika sudah didaftarkan, blog Anda akan direview terlebih dahulu oleh pihak Google AdSense. Apabila blog Anda memenuhi syarat dan disetujui sebagai publisher iklan, barulah Anda bisa memasang kode iklan pada blog tersebut.

Jika blog sudah dipasang kode iklan AdSense, maka Anda tinggal menunggu bagi hasil dari iklan tersebut. Bagi hasil yang diterapkan oleh Google AdSense sekitar 51 – 68 % untuk publisher (blogger), dan sisanya buat pihal Google. Setidaknya ada 2 jenis iklan, yaitu bentuk CPC dan CPM.

CPC merupakan singkatan dari “Cost Per Click” atau dalam bahasa Indonesia berarti “Harga Tiap Klik”. Jadi, iklan CPC ini akan dibayarkan pihak pengiklan jika ada pengunjung blog yang mengklik iklan tersebut. Sedangkan CPM adalah singkatan dari “cost per-1000 impression” atau “cost per mille”. Iklan CPM ini akan dibayarkan berdasarkan jumlah penayangan, biasanya pengiklan menentukan harga setiap 1000 penayangan.

Semakin banyak pengunjung blog, biasanya akan semakin banyak penghasilan yang Anda dapatkan. Sebenarnya, tak hanya dari Google AdSense, ada banyak perusahaan iklan lainnya. Tapi, saya pribadi masih setia dengan Google AdSense karena sudah terbukti selalu membayarkan bagi hasilnya setiap kali pendapatan di akun AdSense sudah mencapai batas minimal yaitu 100 USD.

2. Menjadi YouTuber

Cara mendapatkan uang dari internet selanjutnya yang tak kalah menggiurkan adalah menjadi YouTuber. Saat ini, profesi YouTuber sedang naik daun dikalangan anak-anak muda. Pasalnya, penghasilan dari YouTube bisa mencapai puluhan bahkan ratusan juta per bulannya. Tapi, untuk menjadi seorang YouTuber sukses bukanlah hal mudah. Perlu perjuangan esktra keras dan pantang menyerah.

Saya sendiri sudah membuktikan bahwa bermain YouTube bisa menghasilkan uang, seperti halnya blog. Lalu, bagaimana seh cara mendapatkan uang dari YouTube hingga puluhan juta? Langkah awal sebelum Anda bermain YouTube adalah belajar membuat video (ambil gambar, audio, dan edit video). Hal ini karena produk utama YouTube berupa video, bukan tulisan.

Setelah Anda sudah bisa membuat video dengan handphone (HP), smartphone, atau kamera, langkah berikutnya yaitu memilih tema video sesuai dengan passion yang dikuasai dan disukai. Mengapa? Tentu saja agar Anda tidak cepat bosan dalam membuat video karena bermain YouTube akan menuntut produksi dan upload video secara rutin. Berikut ini list langkah-langkah dalam menghasilkan uang lewat YouTube.

  • Belajar membuat video meliputi cara pengambilan gambar, perekaman audio, editing video, dan publish video.
  • Menentukan tema konten video yang akan dibuat. Pilihlah tema sesuai bidang ilmu dan passion yang Anda miliki.
  • Menentukan nama Channel YouTube yang unik, mudah diingat, dan mudah diucapkan sesuai tema.
  • Membuat Channel Youtube.
  • Melengkapi dan mempercantik penampilan Channel YouTube seperti gambar profile / ikon channel dan header.
  • Membuat video, judul, deskripsi, tag, dan thumbnail YouTube.
  • Mengupload / mengunggah video ke Channel YouTube.
  • Membuat video dan menguploadnya secara rutin misalnya seminggu 2 kali, sesuai dengan kemampuan.
  • Setelah Channel YouTube memenuhi syarat monetisasi yaitu mencapai 1000 subscriber dan 4.000 jam tayang, Anda daftarkan channel tersebut ke Google AdSense dengan mengaktifkan menu monetisasi pada YouTube Studio. Setelah diaktifkan, Anda masih harus menunggu review dari pihak YouTube untuk disetujui bergabung sebagai partner YouTube.
  • Memasang iklan pada video YouTube setelah channel mendapatkan persetujuan dari YouTube. Berdasarkan pengalaman saya, untuk mendapatkan 1000 subscriber dan 4.000 jam tayang, butuh waktu sekitar 6 bulan dengan durasi ulpoad video minimal seminggu 2 kali. Sementara itu, waktu tunggu persetujuan untuk monetisasi (review channel) memerlukan waktu sekitar 4 – 5 bulan sejak mendaftarkan monetisasi Channel YouTube.
  • Menunggu penghasilan hingga batas minimal pengiriman (sekitar 100 dollar USA atau sekitar 1,3 jutaan rupiah).
  • Mendapatkan uang dari bagi hasil iklan yang tayang pada video YouTube Anda. Uang akan dikirim ke nomor rekening pada saat pendaftaran setelah mencapai batas minimal pengiriman. Saat mendaftar, saya sarankan Anda memakai nama lengkap dan alamat sesuai KTP agar pada saat verifikasi PIN dari Google AdSense berjalan lancar.
  • Memperbaiki kualitas konten video.
  • Rutin membuat video dan menguploadnya. Misalnya seminggu sekali atau seminggu 2 kali sesuai kemampuan. Semakin banyak video yang diupload, maka jumlah penghasilan kemungkinan akan semakin banyak.

3. Menjadi Selebgram / Influencer

Saat ini, instagram menjadi salah satu media sosial kekinian yang sangat digemari oleh anak-anak muda. Tak hanya sekedar berbagi foto, story, dan video, kini instagram juga bisa digunakan untuk menghasilkan uang. Dengan pengguna mencapai 1 milyar di seluruh dunia dan 60 jutaan di Indonesia, instagram mulai dilirik menjadi media iklan oleh banyak orang atau pun perusahaan.

Banyak sekali produk-produk yang mulai dipasarkan melalui akun-akun selebgram atau influencer dengan metode endorsment produk. Nah, buat Anda yang kebetulan tertarik ingin mendapatkan uang dari instagram, berikut beberapa tips sederhana agar sukses menjadi selebgram / influencer.

  • Buatlah konten instagram yang memiliki ciri khas dan unik. Anda harus fokus memilih satu tema, misalnya musik, kuliner, traveling, resep masakan, sketsa komedi, film pendek, kata-kata mutiara, berita / news, olah raga, dan lainnya.
  • Unggahlah foto atau video dengan kualitas terbaik agar menarik para pengguna lain untuk memfollow akun instagram Anda.
  • Update feed dan story secara rutin.
  • Promosikan akun instagram Anda melalui blog, YouTube, forum, WhatsApp Group (WAG), sociabuzz, komentar di akun IG orang lain, dan lainnya.

4. Jual Barang Melalui Toko Online

Berjualan secara online merupakan salah satu cara mendapatkan uang dari internet yang umum dilakukan oleh banyak orang. Dengan perkembangan teknologi yang pesat, kini Anda bisa memasarkan produk / barang secara mudah, baik melalui media sosial seperti facebook, instagram, WhatsApp, maupun melalui blog / website, dan marketplace (pasar online, misalnya Bukalapak, Tokopedia, forum FJB Kaskus, OLX, Shopee, serta lainnya).

Untuk memulai jualan online, Anda harus menentukan terlebih dahulu barang / produk apa yang akan dijual. Anda bisa membuat produk sendiri atau menjadi reseller dengan menjualkan barang orang lain. Beberapa contoh produk yang dijual online antara lain pakaian, makanan kering, buku, ebook, barang elektronik, aksesoris, barang kerajinan, dan sebagainya. Secara garis besar, berikut langkah praktis berjualan secara online.

  • Menentukan barang / produk yang akan dijual.
  • Mengambil gambar / foto setiap produk yang akan dijual. Foto tersebut harus punya kualitas baik karena akan digunakan untuk contoh pada katalog toko online Anda. Apabila foto produknya bagus, maka kemungkinan besar pengunjung akan tertarik untuk melihat-lihat, bahkan membelinya.
  • Membuat website / blog toko online, akun media sosial (facebook & instagram), dan akun marketplace seperti Tokopedia, Bukalapak, Shopee, OLX, FJB Kaskus, serta lainnya.
  • Mempromosikan barang dagangan melalui facebook, facebook ads, instagram, WhatsApp Group (WAG), Google Ads, atau pun lainnya.
  • Berikan layanan terbaik kepada pembeli sehingga mereka puas dan tertarik untuk membeli lagi.

5. Membuka Jasa Penulisan Artikel Untuk Blog / Website

Buat Anda yang suka dan punya keahlian dalam menulis artikel tapi tak punya ilmu cukup untuk membuat blog, ada baiknya menekuni bisnis rumahan berupa jasa penulisan artikel. Ada cukup banyak pemilik blog yang membutuhkan para penulis handal untuk mengisi konten blog miliknya. Anda tinggal membuat contoh artikel yang dibuat, daftar harga, tema tulisan, jenis bahasa, lalu memasarkannya melalui forum-forum blogger dan media sosial.

Biasanya, untuk konten berbahasa Indonesia dihargai sekitar 3,5 ribu rupiah per 100 kata, sedangkan artikel bahasa inggris sebesar 4,5 ribu rupiah per 100 kata. Untuk menarik pelanggan, Anda bisa memberikan diskon kepada pembeli jika memesan artikel dalam jumlah banyak. Misal, setiap pesan 30 artikel, maka akan ada diskon 1000 rupiah tiap artikelnya.

6. Menjadi Penulis Artikel Di Situs yang Bersedia Membayar Tulisan Anda

Selain menawarkan tulisan ke para memilik blog / website, Anda juga bisa mengirimkan tulisan dalam bentuk opini ke redaksi situs berita online seperti detik.com, kompas.com. dan lainnya untuk mengisi kolom opini / kolom pembaca. Jika tulisan Anda dimuat, maka Anda akan mendapatkan bayaran dari mereka. Lumayan lho, sekali terbit bisa buat makan, jajan, atau pun traktir teman.

7. Jual Blog / Website

Bukan hanya digunakan sebagai media pengiklan, blog / website Anda juga bisa dijual lho. Harganya tak tanggung-tanggung, bisa mencapai puluhan juta jika memang punya traffic banyak. Anda dapat memasarkan blog / website yang akan dijual melalui forum-forum blogger dan Flippa (flippa.com). Jika blog tersebut berhasil dijual, langkah berikutnya adalah membuat blog lagi untuk dijual kembali. Begitu seterusnya ya gaes, hingga mendapat puluhan juta rupiah.

8. Jual Domain

Apa seh domain itu? Domain adalah sebuah nama unik sebagai identitas alamat sebuah blog / website. Domain terdiri dari nama dan ekstensi seperti .com, .id, .net, .co.id, dan sebagainya. Contoh nama domain yaitu maslatip.com, google.com, yahoo.com, detik.com, kompas.com, serta lainnya.

Nama domain ternyata bisa dijual belikan. Banyak orang membeli domain dengan nama-nama unik yang sesuai dengan tema tertentu, lalu menjualnya kepada orang lain. Berikut ini beberapa tips dalam menjual domain agar menghasilkan uang hingga jutaan rupiah.

  • Pilihlah domain berektensi .com karena kebanyakan orang dan perusahaan memakai domain tersebut.
  • Cari dan pilih nama domain yang unik, cantik, tidak pasaran, serta mudah diingat.
  • Belilah domain saat ada promo harga murah sehingga bisa memborong sekaligus beberapa domain.
  • Pasang harga wajar saat menawarkan domain. Hindari harga domain yang terlalu mahal, misalnya sampai puluhan juta atau 1 milyar. Hal ini akan membuat para pembeli lari mencari domain lain yang lebih murah.
  • Pandai memanfaatkan situasi. Misalnya saat pilpres, Anda bisa langsung membeli domain berkaitan dengan nama pasangan yang bertanding. Kemungkinan pasangan pilpres tersebut akan membeli domain Anda jika harganya wajar.

9. Membuka Jasa SEO Dan Backlink

Google merupakan salah satu mesin pencari paling populer saat ini yang paling banyak digunakan oleh penduduk dunia. Saat Anda mengetikan “keyword” misalnya “jual baju lebaran” dalam mesin pencari Google, maka akan muncul hasil berupa ribuan website / blog yang berkaitan dengan baju lebaran tersebut.

Sebagian besar pengguna Google, rata-rata hanya mengklik website yang berada di urutan 1 – 10 (halaman pertama / page one). Jika Anda punya website / blog berada di urutan 1 – 10 halaman pertama hasil pencarian Google, maka kemungkinan besar akan ramai pengunjung (traffic banyak). Oleh karena itu, banyak sekali pemilik website / blog yang berusaha keras membuat website / blognya berada dalam halaman pertama Google.

Nah, salah satu cara agar website / blog Anda berada dalam posisi 1 pada halaman pertama hasil pencarian Google adalah melakukan SEO (Search Engine Optimization). SEO merupakan serangkaian tindakan yang dilakukan secara sistematis terhadap sebuah website / blog agar mendapatkan rangking terbaik di mata algoritma mesin pencari di internet.

Mengenai tindakan apa saja yang harus dilakukan dalam SEO agar berhasil, mungkin akan saya bahas dalam postingan tersendiri karena cukup panjang pembahasannya. Yang jelas, untuk melakukan SEO, Anda harus paham bagaimana alogritma mesin pencari seperti Google, Yahoo, atau Bing bekerja.

Jika Anda punya keahlian dalam SEO, Anda bisa membuka jasa SEO dan Backlink untuk mendapatkan uang dari internet. Saat ini, cukup banyak perusahaan atau pelaku bisnis yang membutuhkan jasa SEO untuk menaikkan posisi websitenya dimata mesin pencari Google. Tarifnya lumayan lho, dari ratusan ribu hingga jutaan rupiah. Anda bisa melakukan promosi jasanya melalui forum, media sosial, dan wesite / blog.

10. Jual Beli Balance Paypal

Bagi orang-orang yang sudah lama terjun di dunia bisnis online, tentu tak asing lagi dengan paypal. Paypal adalah semacam rekening online yang bisa digunakan untuk proses transaksi jual beli. Jika transaksi konvensional biasanya memakai cek, wesel pos, dan transfer uang, maka di era modern ini bisa dilakukan melalui paypal.

Untuk membuka rekening online di paypal sangatlah mudah. Anda tinggal mengunjungi situs paypal.com, lalu mendaftarkan diri dengan mengisi persyaratan administrasi seperti nama, password, alamat email, negara, dan sebagainya. Saldo dalam rekening paypal berupa uang dollar USA.

Pada umumnya, paypal digunakan sebagai alat pembayaran dalam jual beli barang / produk dan jasa secara online. Mengingat tidak semua orang punya saldo balance di paypal, maka hal ini menjadi sebuah peluang usaha untuk mendapatkan uang melalui jual beli saldo paypal. Keuntungan akan di dapat melalui selisih harga beli dan harga jual saldo balance paypal.

Untuk memulai usaha jual beli saldo paypal, Anda harus menyiapkan modal yang cukup besar untuk memborong saldo balance paypal. Harga beli tersebut tentunya harus lebih rendah bila dibandingakn dengan harga jual agar Anda mendapatkan keuntungan. Setelah punya saldo paypal cukup, Anda dapat menawarkannya melalui forum, media sosial, dan blog / website. Jangan lupa, akun paypal Anda harus sudah diverifikasi ya!

11. Jual Template Blog / Website Dan Plugin

Bisnis jualan template blog / website dan plugin WordPress termasuk salah satu cara mendapatkan uang dari internet yang menggiurkan. Pasalnya, pangsa pasar bisnis ini cukup besar, saat ini ada puluhan juta orang pemilik blog / website yang tentunya membutuhkan template dan plugin untuk mengembangkannya.

Sebagai contoh, situs themeforest.net yang menjual template dan plugin, kabarnya mereka berhasil menjual sekitar 1.500 buah produk per minggu. Bayangkan saja, jika 1 produk harganya $58 USD, maka dalam 1 minggu, mereka bisa memperoleh $87.000 USD. Jika dirupiahkan dengan kurs 1 dollar = 10.000 rupiah, maka penghasilannya bisa mencapai 870.000.000 rupiah. Fantastis, bukan?

Nah, apabila Anda seorang programmer, tak ada salahnya mencoba membuat template atau plugin untuk dijual. Untuk template sendiri ada 2 macam yang populer dikalangan blogger, yaitu template untuk blogspot dan WordPress. Anda tinggal pilih mau membuat dan menjual jenis template mana, atau bisa juga kedua-duanya.

Agar menarik minat para blogger, template buatan Anda harus professional dan sesuai dengan algoritma Google terkini, misalnya responsive, fast loading, support amp, SEO friendly, dan sebagainya. Anda bisa menjual template buatan Anda melalui forum-forum, media sosial, blog / website sendiri, atau pun bekerja sama dengan situs jual beli template (theme) seperti themeforest.net.

12. Jual Ebook

Ada banyak sekali produk digital / elektronik yang bisa diperjualbelikan pada era modern saat ini. Satu diantaranya adalah Ebook. Apa seh Ebook itu? Ebook merupakan buku dalam bentuk digital atau dikenal dengan nama buku elektronik (buku-e). Tidak seperti buku pada umumnya yang berupa kumpulan kertas berisi tulisan dan gambar, Ebook berbentuk soft file (biasanya dalam format pdf) berisi tulisan dan gambar.

Bisnis Ebook ini terbilang cukup menjanjikan, apalagi modalnya tak terlalu besar dan cara membuatnya juga terbilang mudah tanpa harus dicetak. Untuk memproduksi sebuah ebook, Anda mungkin hanya butuh biaya sekitar 1 juta rupiah atau bahkan kurang. Sementara itu, jika harga 1 ebook dibanderol 70 ribu rupiah, sedangkan pembelinya ada 500 orang, maka Anda akan memperoleh penghasilan kotor sekitar 35.000.000,-. Wow banget, bukan?

Agar bisnis ebook Anda berhasil alias laris manis dipasaran, berikut beberapa tips sederhana yang bisa dilakukan agar sukses.

  • Buatlah ebook yang mempunyai nilai manfaat bagi banyak orang. Jika konten (isi) ebook Anda bagus dan dibutuhkan oleh orang lain, maka para pembeli akan datang dengan sendirinya.
  • Susunlah judul dan cover ebook yang menarik dan memikat orang lain untuk membelinya.
  • Pasarkan ebook Anda melalui forum, media sosial, WhatsApp Group (WAG), blog, dan situs-situs penjual ebook seperti clickbank.com.
  • Sesuaikan harga ebook Anda dengan pangsa pasarnya. Jika ebook diperuntukkan untuk para mahasiswa / pelajar, ada baiknya memasang harga agak murah terjangkau, tidak terlalu mahal. Lain halnya, jika ebook Anda khusus bagi para orang-orang kaya, maka harga mahal pun tak masalah.
  • Gunakan sistem afiliasi dalam memasarkan produk ebook Anda. Dengan sistem afiliasi ini, Anda akan berbagi hasil dengan orang lain apabila ada produk ebook terjual melalui orang tersebut. Bagi hasil dari sistem afiliasi ini bebas Anda tentukan, bisa 50 : 50, 60 : 40, 65 : 35, atau pun lainnya.

13. Ikut Program Afiliasi (Affiliate Marketing)

Sebuah blog ternyata tidak hanya bisa digunakan untuk mendapatkan uang dari Google AdSense, melainkan dapat juga dipakai untuk menghasilkan uang melalui program afiliasi (Affiliate Marketing). Apa itu Affiliate Marketing? Prinsip kerja dari program ini adalah Anda akan mendapatkan komisi (bayaran) saat berhasil menjual produk barang / jasa dari perusahaan afiliasi tersebut.

Contoh program Affiliate Marketing paling populer adalah Amazon.com yang menjual berbagai barang-barang kebutuhan hidup sehari-hari, mulai dari produk elektronik, komputer, pakaian, kesehatan, kerajinan, alat rumah tangga, dan sebagainya. Sebagai toko online terbesar di dunia, Amazon.com membuka program affiliate bagi para blogger dengan besaran komisi sekitar 4 persen dari harga barang.

Cara mendapatkan uang komisi dari program affiliate Amazon cukup mudah. Anda tinggal membuat blog, mengisi konten sesuai dengan produk amazon, lalu mendaftarkan diri di program tersebut melalui https://affiliate-program.amazon.com/.

Nah, setelah mendaftar, nantinya Anda tinggal memasang link atau banner pembelian produk Amazon. Jika nantinya ada pengunjung yang membeli barang Amazon dari link blog Anda, maka Anda akan mendapatkan komisi. Semakin banyak orang membeli barang dari link affiliate blog Anda, maka bayaran yang akan Anda terima semakin besar.

14. Mengikuti Survey Online Berbayar

Mengikuti survey online termasuk salah satu cara mendapatkan uang dari internet yang paling mudah dan bisa dibilang tanpa modal besar. Pasalnya, Anda hanya cukup duduk di depan laptop dengan koneksi internet, lalu tinggal mengisi survey yang sediakan oleh suatu website perusahaan.

Setiap kali Anda mengisi lembar survey online, biasanya Anda akan mendapatkan poin, misal 10 poin. Nah, nantinya setelah Anda mendapatkan jumlah poin tertentu, misal 1000 poin, barulah Anda bisa menukarkan poin tersebut dengan voucher belanja, uang tunai, pulsa, atau lainnya sesuai dengan rewards yang disediakan penyedia survey. Cukup mudah dan praktis, bukan?

15. Aplikasi Android Di Playstore

Saat ini, perkembangan android sangatlah pesat. Kabarnya, pengguna android sudah mencapai 2,5 milyar orang. Banyak banget, bukan? Dengan pengguna mencapai milyaran, tentu hal ini menjadi peluang besar untuk menghasilkan uang. Setidaknya ada 2 cara mendapatkan uang dari aplikasi android di playstore, yaitu sebagai developer (pembuat aplikasi) dan pengguna aplikasi.

Jika Anda punya keahlian dalam membuat aplikasi android, maka Anda dapat menghasilkan uang dari aplikasi melalui :

  • Menjual Aplikasi. Anda dapat menjual aplikasi kepada para pengguna. Agar dapat dijual, tentu Anda harus membuat aplikasi yang bermanfaat, menarik, dan dibutuhkan oleh banyak orang sehingga para pengguna rela mengeluarkan uang untuk membeli aplikasi tersebut.
  • In-app purchases. Tak seperti penjualan langsung aplikasi, cara kedua ini mengijinkan pengguna memakai aplikasi secara gratis. Sebagai pembuat aplikasi, Anda dapat berjualan fitur dan elemen tambahan seperti gem, karakter, pakaian, dan lainnya sesuai aplikasi yang dibuat.
  • In-app advertising. Cara ini mengizinkan para pengguna untuk memakai aplikasi secara gratis. Hanya saja, nantinya aplikasi akan dipasang iklan dari pihak advertising, misalnya AdMob dari Google. Iklan akan tampil pada saat para pengguna menjalankan aplikasi tersebut. Jika ada pengguna yang mengklik iklannya, maka Anda sebagai pembuat aplikasi akan mendapatkan bayaran bagi hasil dari iklan tersebut.
  • Subscription. Cara ini mirip dengan cara pertama, yaitu penjualan aplikasi secara langsung. Hanya saja, pengguna hanya bisa memakai aplikasi dalam jangka waktu tertentu saja sesuai harga yang dibayarkan.
  • Sponsorship. Sebagai pembuat aplikasi, Anda akan dibayar oleh pihak ketiga yang memesan aplikasi pada Anda.

Selain pembuat aplikasi, pihak pengguna juga bisa mendapatkan yang melalui aplikasi yang mereka gunakan. Salah satu aplikasi android yang membayar penggunanya adalah Whaff Rewards. Anda tinggal menginstal aplikasi tersebut pada gadget / smartphone. Kemudian, Anda akan diminta mendownload dan memainkan aplikasi yang terdaftar dalam whaff tersebut dengan bayaran tertentu.

16. Menjual Foto

Buat Anda yang hobby fotografi, tak ada salahnya mencoba mengais rezeki dari internet dengan cara menjual foto hasil jepretan Anda. Ada cukup banyak situs online sebagai tempat menjual foto dengan komisi sekitar 20 – 60 persen. Lumayan, bukan? Dari pada hanyaa menjadi hiasan di feed instagram atau koleksi, mending dijual bisa dapat tambahan penghasilan.

Beberapa situs / website yang bisa dijadikan tempat menjual karya foto-foto Anda antara lain : shutterstock.com, fotolia.com, dreamstime.com, istockphoto.com, freedigitalphotos.net, bigstockphoto.com, demandmedia.com, redbubble.com, shutterfly.com, etsy.com, dan sebagainya. Sebelum mengupload foto Anda ke situs penyedia foto tersebut, perhatikan beberapa tips berikut.

  • Pastikan foto yang diupload memilik kualitas baik sehingga bisa menarik minat orang untuk membelinya.
  • Buatlah judul, caption, deskripsi, dan category sesuai foto tersebut.
  • Pilihlah situs penyedia foto terpercaya dengan bagi hasil yang jelas, termasuk kejelasan hak cipta foto tersebut. Oleh karena itu, sebaiknya Anda baca terlebih dahulu syarat dan ketentuan dalam situs penyedia foto sebelum menggunggahnya.

17. Mengikuti Lomba / Kompetisi Online (Desain Logo, SEO, dan lain-lain)

Apakah Anda suka berkompetisi? Jika iya, Anda bisa mendapatkan penghasilan tambahan dari berbagai kompetisi di dunia online. Ada banyak sekali jenis lomba yang bertebaran di internet, mulai dari lomba blog, desain logo perusahaan, kompetisi SEO, dan lainnya. Hadiahnya pun cukup lumayan banyak, mulai dari ratusan ribu hingga puluhan juta rupiah.

Sebelum Anda mengikuti lomba-lomba tersebut, Anda harus memastikan terlebih dahulu bahwa penyelenggara lomba tersebut benar-benar terpercaya. Hal ini untuk menghindari adanya penipuan online. Anda tak mau kecewa, bukan? Setelah susah-susah ikut lomba, ternyata hadiahnya tak dibayarkan. Ikutilah perlombaan yang dilaksanakan oleh instasi terpercaya.

Demikianlah sekilas info tentang bagaimana cara mendapatkan uang dari internet hingga jutaan rupiah. Anda bisa memilih beberapa list di atas sesuai dengan passion dan kemampuan yang dimiliki. Saya pribadi, sampai saat ini fokus pada 3 bidang, yaitu blog, YouTube, dan instagram. Dari ketiga bidang tersebut, Alhamdulillah penghasilannya sudah bisa mencukupi kebutuhan sehari-hari, tak kalah dengan gaji PNS golongan 4. Sekian dari saya, semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here