Home Tips Cara mendownload file flash swf pada sebuah blog website

Cara mendownload file flash swf pada sebuah blog website

277
0
SHARE

Cara-download-flash-swfSobat maslatip.com yang berbahagia, kali ini saya akan mencoba membagi tips ringan, mudah, dan sederhana tentang cara mendownload file (gambar/video) yang berbentuk flash atau dengan format .swf. File dalam bentuk flash kadang dan mungkin akan sering dibutuhkan terutama bagi bapak dan ibu guru dalam membuat media ajar yang menarik, kreatif, dan inovatif. Dengan adanya media ajar yang berbentuk flash, siswa akan lebih mudah memahami tentang materi yang disampaikan. Ok, langsung saja menuju ke TKP.

  1. Pastikan di komputer sobat terinstal aplikasi download manager, seperti IDM. Jika di komputer sobat belum terinstal IDM, maka sobat dapat mendownloadnya aplikasi IDM free download terlebih dahulu dan kemudian menginstalnya.
  2. Buka browser, dalam contoh ini saya memakai browser umum Mozilla Firefox. Buka alamat situs yang terdapat file flash yang akan sobat download. Pada contoh kali ini saya akan mencoba mendownload file .swf tentang perubahan energi yang terdapat pada permainan roll coaster dari situs http://science.howstuffworks.com/.
  3. Carilah alamat file flash yang akan kita download dengan mengklik menu tools pada browser Mozilla Firefox (Tools –> Page Info –> Media). Akan tampil halaman seperti berikut. Kemudian sobat cari alamat pada Adress yang berakhiran .swf (contoh alamat file .swf yang akan didownload : http://static.howstuffworks.com/flash/roller-coaster-diagram1.swf).
  4. Setelah ketemu alamat file flash yang akan di download lalu copy alamat tersebut dan paste pada bagian Add URL aplikasi IDM. Klik Ok kemudian sobat tinggal tunggu hasilnya. Berikut ini adalah hasil download file flash tentang perubahan energi yang terdapat pada permainan roll coaster dari situs http://science.howstuffworks.com/. Klik play untuk melihat animasinya.

[SWF]http://static.howstuffworks.com/flash/roller-coaster-diagram1.swf, 425, 350[/SWF]

File ini bisa diinsertkan ke media web/blog ataupun PowerPoint. Bagi bapak / ibu guru bisa menambahkannya pada media PowerPoint yang dibuat untuk mengajar sehingga akan lebih menarik dan lebih memahamkan siswa. Semoga bermanfaat!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here