Home » News » Berita Sains » Cincin Planet Saturnus Bisa Menghasilkan Air Hujan

Cincin Planet Saturnus Bisa Menghasilkan Air Hujan

Maslatip.com – Ciri khas planet Saturnus adalah memiliki cincin yang mempesona dan sangat cantik. Banyak yang beranggapan cincin planet Saturnus itu merupakan sisa kosmik dari Sistem Tata Surya. Namun, penemuan terbaru menunjukkan bahwa cincin planet saturnus bisa menghasilkan air hujan.

Berdasarkan hasil observasi dari dua teleskop besar di Keck Observatory yang terletak di Hawaii, AS, para peneliti menemukan cincin planet Saturnus menghasilkan tetesan air yang bermuatan listrik. Selain itu, temuan terbaru ini menjelaskan dari mana asal-muasal munculnya air di atmosfer Saturnus.

Planet Saturnus

Gambar Planet Saturnus (diambil dari http://teknologi.news.viva.co.id)

Menurut James O’Donoghue, peneliti utama dari University of Leicester, Inggris, Saturnus adalah planet pertama yang menunjukkan adanya interaksi antara sistem cincinnya dan atmosfer. Hujan yang jatuh dari cincin planet Saturnus ternyata memengaruhi komposisi temperatur udara di bagian atas atmosfer Saturnus. Efek utama dari hujan di cincin planet Saturnus adalah mengurangi kadar ionosfer. Ionosfer merupakan bagian atmosfer yang terionisasi oleh radiasi matahari. Efek hujan ini akan dapat mengurangi kepadatan elektron di atmosfernya.

Bukti pertama dari cincin planet Saturnus yang menghasilkan hujan ini ditemukan oleh pesawat ruang angkasa NASA Voyager, saat menangkap dua sampai tiga gambar Planet Saturnus. Gambar-gambar inframerah yang diambil pada 1997 itu mengungkapkan adanya jejak air di atmosfer saturnus. Awalnya, banyak peneliti yang bertanya-tanya bagaimana air itu terbentuk.

Kini, semuanya telah terjawab. Ternyata, air yang ada di atmosfer Saturnus berasal dari cincin yang melingkarinya. Temuan terbaru ini telah dipublikasikan di Jurnal Nature. Demikian sekilas berita sains tentang cincin planet Saturnus yang bisa menghasilkan air hujan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>