Home » Sains » Ciri Ciri Penguin
  • Species Penguin Emperor

  • Species Adelie Penguin

  • Species Rockhopper Penguin

  • Species Penguin Chinstrap

Ciri Ciri Penguin

Maslatip.comCiri ciri penguin yang utama dapat dilihat dari bentuk tubuhnya yang mirip torpedo. Penguin adalah anggota kelompok burung yang sebagian besar hidup di belahan bumi selatan. Mungkin banyak orang membayangkan bahwa penguin merupakan hewan kecil dengan ciri ciri tubuh berwarna hitam dan putih, namun kenyataannya penguin mempunyai berbagai ukuran dan mempunyai warna yang bervariasi. Sebagai contoh pada penguin emperor atau kaisar terdapat ciri warna “orange” dan kuning pada lehernya.

Menurut Sistem Informasi Taksonomi Terpadu atau Integrated Taxonomic Information System (ITIS), terdapat 19 spesies penguin di dunia ini. Spesies penguin terkecil adalah Penguin Peri (Eudyptula Minor). Burung-burung ini tumbuh 10 sampai 12 inci (25,4-30,48 cm) dan berat hanya 2 sampai 3 lbs (0,90-1,36 kilogram). Penguin terbesar adalah penguin kaisar atau emperor. Tumbuh sampai 36-44 inci (91,44-111,76 cm) dan beratnya 60 sampai 90 lbs (27,21-40,82 kg). Berikut ini penjelasan tentang ciri ciri penguin secara umum. Anda juga dapat membaca artikel saya tentang ciri khusus penguin dan fungsinya.

Di mana penguin hidup?

Menurut New England Aquarium, penguin hampir menghabiskan 80 persen waktu hidupnya di laut. Hampir semua penguin tinggal di belahan bumi selatan. Ada mitos yang mengatakan bahwa semua penguin hidup di Antartika dan penguin dapat ditemukan di setiap benua di belahan bumi selatan. Hal ini hanyalah sebuah mitos bahwa penguin hanya bisa hidup di iklim dingin. Faktanya, ada penguin yang bisa hidup di daerah panas (tropis) yaitu Galapagos penguin. Mereka tinggal di pulau-pulau tropis di khatulistiwa.

Apakah makanan penguin itu?

Penguin adalah karnivora, mereka hanya makan daging. Contoh makanan penguin adalah krill (udang-udangan kecil), cumi-cumi dan ikan. Beberapa spesies penguin bisa menghabiskan makanan dalam jumlah besar dalam penyediaan pangan suatu daerah. Sebagai contoh, menurut Sea World, populasi penangkaran Adelie Penguin (sekitar 2.370.000 pasang) dapat mengkonsumsi hingga 1,5 juta metrik ton (1,5 miliar kg) dari krill, 115.000 metrik ton (115 juta kg) ikan dan 3.500 metrik ton (3,5 juta kg) dari cumi setiap tahun. Penguin bermata kuning sangat ulet ketika mencari makan. Penguin ini akan menyelam sedalam 120 meter (393,70 kaki) hingga 200 kali sehari mencari ikan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>