Home » Sains » Ciri ciri Planet Bumi

Ciri ciri Planet Bumi

Ciri ciri planet Bumi antara lain Bumi merupakan satu-satunya planet yang ditempati makhluk hidup. Ini karena Bumi memiliki atmosfer yang mengandung banyak oksigen (20 %) dan tersedia cukup air. Suhu permukaan Bumi rata-rata 22 derajat celcius sehingga memungkinkan adanya makhluk hidup.

Atmosfer Bumi memiliki arti penting bagi kehidupan manusia dan makhluk hidup lainnya. Dengan adanya atmosfer, bumi terlindung dari tabrakan benda-benda langit lainnya. Selain itu Bumi juga terlindung dari bahaya sinar ultraviolet.

ciri-ciri-planet-bumi

Ciri ciri planet Bumi jika dilihat dari ukurannya adalah Bumi merupakan planet terbesar kelima di antara delapan planet dalam tata surya kita. Diameter bumi mencapai 12.756 km. Jarak Bumi dari matahari sekitar 150 juta km. Jarak tersebut dikenal dengan satu Satuan Astronomi (SA). Bumi merupakan planet urutan ketiga dari matahari yang paling padat. Bumi mempunyai 2 gerakan yaitu rotasi (berputar pada porosnya) dan revolusi (berputar mengelilingi matahari). Untuk sekali revolusi, bumi membutuhkan waktu setahun (365 1/4 hari). Sedangkan kala rotasi Bumi selama 24 jam atau satu hari. Bumi memiliki sebuah satelit, yaitu Bulan. Bumi berbentuk bulat yang agak pepat di bagian kutubnya. Diameternya di bagian kutub sebesar 12.714 km, sedangkan daerah khatulistiwa 12.757 km.

Rotasi bumi akan mengakibatkan terjadinya siang dan malam, gerak semu harian matahari, adanya perpedaan/pembagian waktu, penggembungan di daerah ekuator, pemepatan di daerah kutub dan pembelokan arah angin. Sedangkan revolusi bumi terhadap matahari akan mengakibatkan pergantian musim, gerak semu tahunan matahari, perbedaan lamanya waktu siang dan malam, dan terlihat rasi bintang yang berbeda-beda. Demikian penjelasan singkat tentang ciri ciri planet bumi dan semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>