Home » Sains » Ciri Ciri Planet Jupiter

Ciri Ciri Planet Jupiter

Maslatip.comCiri-ciri planet Jupiter secara kasat mata dapat dilihat dari ukurannya yang besar. Jupiter merupakan planet terbesar dalam tata surya. Diameternya mencapai 142.796 km. Karena ukurannya yang sangat besar, planet ini disebut sebagai planet raksasa. Ciri lain dari planet Jupiter adalah periode atau waktu rotasinya sangat cepat bila dibandingkan dengan planet lain di Tata Surya. Jupiter mempunyai periode rotasi 9 jam 55 menit dan periode revolusi 11,9 tahun.

Kecepatan rotasi yang tinggi ini menyebabkan adanya tiupan angin kencang dan topan di permukaannya. Awan yang berputar kencang dalam atmosfer Jupiter bergerak dengan kelajuan 200 mil per jam. Atmosfer Jupiter terdiri atas hidrogen dan helium, serta mempunyai awan dari amoniak dan kristal es.

ciri-ciri-planet-jupiter

Gambar Planet Jupiter (diambil dari : http://laciudaddeclistenes.blogspot.com)

Ciri-ciri planet Jupiter selanjutnya adalah Jupiter memiliki satelit sebanyak 16 buah. Satelit yang paling besar adalah Ganymeda. Selain itu, permukaan Jupiter mempunyai ciri tertutup oleh awan berwarna-warni. Planet Jupiter tersusun atas 90% hidrogen dan 10% helium. Oleh karena itu, Yupiter juga disebut planet gas. Planet ini tidak memiliki permukaan yang berupa benda padat. Nama lain dari Jupiter adalah Masturi atau Respati. Jarak Jupiter dari matahari kira-kira 778 juta km (5,2 SA).

Karena berukuran sangat besar, meskipun Jupiter letaknya jauh dari bumi, planet ini terlihat cemerlang dari permukaan bumi. Warnanya merah kecokelatan. Jupiter memiliki tanda berbentuk lonjong besar yang disebut noda merah besar. Demikian sekilas tentang ciri-ciri planet Jupiter, semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>