Home Sains Ciri ciri Planet Mars

Ciri ciri Planet Mars

224
0
SHARE

Ciri ciri planet Mars yang dapat diamati adalah planet mars tampak berwarna merah sehingga sering disebut juga planet merah atau “joko belek”. Planet ini dapat diamati langsung dari bumi tanpa menggunakan teropong. Mars terlihat jelas saat dekat dengan Bumi yaitu ketika planet Mars berada pada kedudukan satu garis lurus dengan Bumi dan Matahari. Namun, saat Mars berada pada jarak paling jauh dengan Bumi, planet ini hanya tampak samar-samar.

ciri-ciri-planet-mars

Gambar Planet Mars

Mengapa planet Mars Berwarna Merah?

Planet Mars bila dilihat dari jauh tampak kemerah-merahan. Hal ini karena dipermukaan planet Mars banyak terdapat besi (III) oksida. Besi oksida merupakan bahan yang memberi warna merah pada darah dan karat. Mengapa banyak besi oksida (iron oxide) di permukaan Mars? Untuk menjawab itu kita perlu kembali ke 4,5 milyar tahun lalu. Saat terbentuk planet-planet, sekumpulan besi terdapat pada semua planet muda. Besi di bumi tenggelam ke dalam intinya, namun besi di Mars menurut pendapat ilmuwan NASA tetap berada pada permukaan. Hal tersebut disebabkan Mars memiliki gravitasi yang lebih rendah.

Awal mulanya Mars terlihat lebih gelap. Warna Mars berubah menjadi merah setelah besi di permukaan Mars teroksidasi. Sebenarnya para ahli masih belum menemukan jawaban akurat mengenai asal proses oksidasi di Mars. Ada ahli yang berpendapat terjadi badai saat Mars masih muda sehingga besi dan oksigen dari air bereaksi. Ada pula yang berpendapat proses oksidasi Mars berlangsung selama miliaran tahun, yang mana oksigen berasal dari pemecahan karbon dioksida oleh matahari.

Permukaan-planet-mars

Gambar Permukaan Planet Mars Tampak Merah – Kemerahan

Karena belum ada yang tahu pasti maka asal warna merah Mars masih menjadi misteri. Namun yang pasti permukaan Mars mengandung besi oksida (iron okside) sehingga nampak merah karena menyerap gelombang biru dan hijau dan memantulkan gelombang merah.

Ukuran dan Kaeadaan Permukaan Planet Mars

Ciri ciri planet Mars berikutnya adalah planet Mars berukuran sedikit lebih besar daripada planet Merkurius. Garis tengah planet ini sekitar 6.800 km. Dan jaraknya dari matahari kira-kira 249,1 juta km. Suhu di permukaan Mars sangat dingin. Suhu tertinggi permukaannya berkisar 50° C – 60° C. Sedangkan suhu terendahnya mencapai –100° C. Hal ini yang menyebabkan di Mars tidak terdapat kehidupan.

Kala revolusi Mars selama 687 hari, sedangkan kala rotasinya selama kira-kira 24,6 jam. Mars mempunyai dua satelit yaitu Phobos dan Deimos. Keduanya berukuran sangat kecil dan bentuknya tidak beraturan, mirip dengan asteroid. Mars mempunyai nama lain Marikh atau Anggar. Demikian penjelasan singkat tentang ciri ciri planet Mars dan semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here