Home Sains Ciri ciri Planet Merkurius

Ciri ciri Planet Merkurius

113
0
SHARE

Ciri ciri planet Merkurius antara lain planet Merkurius merupakan planet terkecil dari seluruh anggota tata surya. Diameter Merkurius sekitar 4.900 km. Merkurius merupakan planet yang terdekat dengan matahari. Jaraknya dari matahari kira-kira 58 juta km. Karena jaraknya yang sangat dekat dengan matahari, Merkurius sulit diamati dari bumi. Meskipun demikian, planet Merkurius pada waktu-waktu tertentu dapat diamati dengan mata telanjang. Misalnya ketika matahari menjelang terbit atau terbenam. Planet ini muncul di ufuk timur menjelang matahari terbit dan di ufuk barat menjelang matahari terbenam. Oleh karena itulah orang menamakan planet Merkurius sebagai bintang pagi atau bintang malam.

Ciri-ciri-planet-merkurius

Ciri ciri planet Merkurius yang lain adalah Merkurius merupakan planet yang tandus dan tidak mempunyai atmosfer. Permukaannya berbatu-batu dan banyak kawah. Kawah terbesar di planet ini adalah Kaloris. Garis tengah kaloris mencapai 1.300 km. Karena tidak memiliki atmosfer serta letaknya sangat dekat dengan matahari, perbedaan suhu di planet ini sangat besar. Siang hari suhunya mencapai 400° C dan pada malam hari suhunya turun mencapai –173° C. Kala revolusi Merkurius selama 88 hari, sedangkan kala rotasinya selama 58 hari 15 jam atau sekitar 59 hari. Tetapi satu hari di Merkurius berlangsung selama 176 Hari Bumi, Ini disebabkan karena selisih lama rotasi dan revolusi Merkurius yang tidak begitu besar. Oleh karena itu 1 Hari di Merkurius sama dengan 2 Tahun di Merkurius. Planet Merkurius tidak memiliki satelit.

Struktur Bagian Dalam Merkurius

Merkurius terdiri dari 70% logam sedangkan 30%-nya adalah silikat.Merkurius memiliki kepadatan sebesar 5,43 g/cm3. Diperkirakan Merkurius memiliki inti besi yang padat dan memenuhi 42% dari volume Merkurius,sebagai perbandingan inti Bumi hanya memenuhi sekitar 18% dari volume Bumi. Mantel Merkurius memiliki tebal 600-700 Km dan Keraknya memiliki tebal 100 Km lebih tebal 10 kali daripada tebal kerak Bumi. Demikian penjelasan singkat tentang ciri ciri planet Merkurius dan semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here