Home Sains Ciri Ciri Planet Neptunus

Ciri Ciri Planet Neptunus

272
0
SHARE

Maslatip.comCiri ciri planet Neptunus dilihat dari bentuk dan ukuran mirip dengan planet Uranus. Oleh karena itu, antara Neptunus dan Uranus dikenal sebagai planet kembar. Neptunus merupakan planet terluar dalam sistem tata surya. Jaraknya dari matahari sekitar 4.504 juta km (30 SA). Jaraknya yang sangat jauh dari Matahari menyebabkan Neptunus sangat dingin. Suhu permukaannya mencapai -205 °C.

Diameter Neptunus sekitar 44.600 km. Neptunus mempunyai periode revolusi 165 tahun. Sementara itu, periode rotasinya sekitar 16 jam. Ada satelit yang mengitari Neptunus, di antaranya Triton dan Nereid. Sekali peredaran Neptunus mengelilingi matahari memerlukan waktu sekitar 164,8 tahun. Sedangkan kala rotasi Neptunus kira-kira 15,7 jam.

ciri-ciri-planet-neptunus

Gambar Planet Neptunus (diambil dari : cuteimagez.com)

Ciri ciri lain planet Neptunus adalah planet ini memiliki awan biru terang yang membuat keseluruhan planet terlihat biru. Di atas awan biru terdapat awan es yang bergerak mengelilingi planet. Neptunus diselubungi atmosfer yang mengandung banyak gas metana dan amonia. Permukaan planet ini tampak biru, hal ini dikarenakan adanya penyerapan sinar merah dari matahari oleh gas metana. Suhu maksimum permukaan Neptunus sekitar –190 °C.

Neptunus memiliki sistem cincin yang tipis. Sistem cincin tersebut baru ditemukan pada tahun 1960-an dan dipastikan keberadaannya oleh Voyager 2 pada tahun 1989. Cincin-cincin tersebut terdiri dari partikel es yang diselubungi bahan berdasar silikat atau karbon yang memberi warna merah pada cincin. Tiga cincin utamanya adalah Cincin Adams yang sempit, 63000 km dari pusat Neptunus, Cincin Le Verrier pada ketinggian 53000 km, dan Cincin Galle yang luas dan lemah pada ketinggian 42000 km. Demikian penjelasan singkat tentang ciri ciri planet Neptunus, semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here