Home » Sains » Ciri Ciri Planet Saturnus

Ciri Ciri Planet Saturnus

Maslatip.comCiri ciri planet Saturnus yang paling menonjol adalah adanya cincin-cincin yang melingkari planet Saturnus. Oleh karena itu, dalam sistem tata surya kita, Saturnus merupakan planet yang paling indah karena cincin tersebut. Diperkirakan cincin tersebut tersusun oleh debu halus, kerikil kecil, atau butir-butir es yang tak terhingga banyaknya. Cincin yang berlapis-lapis terdiri atas kristal es denganlebar 402.000 km dan tebal 15 km.

Cincin planet Saturnus ternyata mempunyai ciri khas yaitu dapat menghasilkan tetesan air hujan. Berdasarkan hasil observasi dari dua teleskop besar di Keck Observatory yang terletak di Hawaii, AS, para peneliti menemukan cincin Planet Saturnus menghasilkan tetesan air yang bermuatan listrik.

Ciri ciri planet Saturnus yang berikutnya adalah gas penyusun planet ini. Sebagian besar dari bagian planet ini berupa hidrogen (90%) dan sisanya berupa helium (10%). Planet ini disebut juga planet gas. Permukaan planet Saturnus sangat dingin karena panas matahari yang diserap sangat sedikit. Suhu di permukaan Saturnus adalah -170 derajat Celcius. Suhu maksimal di permukaan Saturnus adalah -85 derajat Celcius.

ciri-ciri-planet-saturnusi

Gambar Planet Saturnus (diambil dari : http://teknologi.news.viva.co.id)

Ciri ciri planet Saturnus bila dilihat dari ukurannya adalah Saturnus termasuk planet terbesar kedua setelah Jupiter. Diameter Saturnus kira-kira 120.000 km. Sedangkan jarak antara Saturnus dengan matahari kira-kira 1.429 juta km (9,5 SA). Saturnus memerlukan waktu sekitar 29,5 tahun untuk berevolusi mengelilingi matahari. Sedangkan kala rotasi Saturnus kira-kira 10,4 jam. Saturnus memiliki 18 satelit. Satelit yang terbesar adalah Titan. Angkasanya atau atmosfernya diselimuti oleh sabuk-sabuk awan yang kaya akan hidrogen dan dapat memantulkan sinar matahari dengan baik. Demikian penjelasan singkat tentang ciri ciri planet Saturnus, semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*