Home » Sains » Ciri Ciri Planet Uranus

Ciri Ciri Planet Uranus

Maslatip.comCiri ciri planet Uranus yang unik dan khas adalah gerakan rotasinya. Planet Uranus berotasi lebih seperti bola yang menggelinding termiring-miring. Sumbu rotasi Uranus terletak pada sisinya dipandang dari bidang Tata Surya, dengan kemiringan sumbu 97,77 °. Ini memberinya perubahan musim yang sama sekali tidak seperti planet utama lain. Karena sumbu rotasi planet Uranus yang hampir pada bidang revolusinya mengelilingi Matahari, menyebabkan kutub utara dan selatannya terletak pada tempat yang pada banyak planet lain merupakan ekuator/garis khatulistiwanya.

Ciri ciri planet Uranus yang menonjol lainnya adalah warnanya yang terlihat seperti cakram yang berwarna hijau laut bila dilihat dengan teleskop. Bentuk planet Uranus mirip dengan Bulan denganpermukaan berwarna hijau dan biru. Atmosfer Uranus mengandung banyak “es” seperti air, amonia dan metana, bersama dengan jejak hidrokarbon. Atmosfernya itu adalah atmosfer yang terdingin dalam Tata Surya, dengan suhu terendah 49 K (−224 °C). Atmosfer Uranus terdiri atas metana yang berwarna biru. Akibat gas alam ini, Uranus berwarna biru menakjubkan.

Planet Uranus ditemukan oleh Sir Wilhelm Herschell tahun 1781. Planet ini terselubungi kabut tebal terutama terdiri atas gas metana. Garis tengahnya kira-kira empat kali garis tengah bumi. Permukaan Uranus sulit diselidiki karena tertutup awan yang tebal. Ciri ciri planet Uranus lain adalah kondisi lingkungan planet Uranus yang sangat dingin karena letaknya yang sangat jauh dari matahari. Suhu permukaan Uranus tidak pernah lebih dari –180°C. Garis tengah Uranus kira-kira 51.118 km.

ciri-ciri-planet-uranusGambar Planet Uranus (diambil dari www.bbc.com)

Seperti halnya planet Saturnus, planet ini juga dilingkari oleh cincin-cincin. Uranus mempunyai sistem cincin planet yang rumit. Cincin-cincin tersebut tersusun dari partikel yang sangat gelap, yang beragam ukurannya dari mikrometer hingga sepersekian meter. Tiga belas cincin yang berbeda saat ini diketahui, yang paling terang adalah cincin ε (epsilon). Rata-rata cincin Uranus sangat sempit karena lebarnya hanya beberapa kilometer.

Uranus memiliki 20 satelit. Satelit yang paling besar adalah Titania. Satelit lainnya yang besar adalah Miranda, Ariel, Umbriel, dan Oberon. Kala revolusi Uranus kira-kira 84 tahun. Sedangkan kala rotasinya sekitar 10,8 jam. Akan tetapi, seperti semua raksasa gas lainnya, atmosfer atasnya mengalami angin badai yang sangat kuat pada arah rotasi. Akibatnya, pada beberapa garis lintang, seperti dua per tiga lintang dari khatulistiwa ke kutub selatan, tampak bergerak jauh lebih cepat, menjadikan rotasi penuhnya hanya 14 jam.

Kutub Uranus, salah satunya menghadap Matahari terus-menerus sedangkan kutub lainnya menghadap ke arah sebaliknya. Tiap kutub terus-menerus disinari Matahari sekitar 42 tahun, diikuti dengan 42 tahun yang gelap. Demikian penjelasan singkat tentang ciri ciri planet Uranus, semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*