Home » Sains » Ciri ciri Planet Venus

Ciri ciri Planet Venus

Berikut ini penjelasan tentang ciri ciri planet Venus. Planet Venus adalah planet yang paling dekat dengan bumi. Seperti Merkurius, planet Venus, kadang-kadang tampak dari permukaan bumi. Bahkan tanpa menggunakan alat, kita dapat melihat planet ini. Venus merupakan planet yang paling kuat memantulkan sinar matahari. Planet ini kadang-kadang tampak di ufuk timur sebelum matahari terbit dan kadang-kadang tampak di ufuk barat sebelum matahari terbenam. Oleh karena itu, orang menamakan planet Venus sebagai bintang fajar atau bintang kejora.

ciri-ciri-planet-venus

Berbeda dengan ciri ciri planet Merkurius, planet Venus diliputi oleh lapisan atmosfer yang berupa karbondioksida dan awan tebal berwarna putih. Awan tersebut memantulkan cahaya matahari secara sempurna, sehingga planet Venus tampak berwarna putih. Itulah sebabnya planet Venus disebut juga planet putih.

Ciri ciri planet Venus berikutnya adalah Venus merupakan planet terpanas dalam tata surya. Keadaan udara planet Venus sangat panas. Pada siang hari suhu permukaan mencapai 500° C. Panas tersebut ditahan awan tebal sehingga menghangatkan planet pada malam hari. Atmosfer Venus sangat sedikit mengandung oksigen tetapi lebih banyak mengandung karbondioksida. Sehingga terjadi efek rumah kaca yaitu panas matahari yang seharusnya dipantulkan ke ruang angkasa justru dipantulkan kembali ke Venus oleh karbondioksida. Hampir seluruh Venus kering, uap air hanya terdapat dalam jumlah yang sangat kecil.

Diameter Venus kira-kira 12.100 km, sedangkan jarak dari matahari sekitar 108,2 juta km. Ciri ciri planet venus yang berikutnya adalah Kala revolusi Venus lebih cepat dari pada kala rotasinya. Kala revolusi Venus selama 224,7 hari atau dibulatkan 225 hari. Sedangkan kala rotasinya selama 249 hari. Venus tidak mempunyai satelit.

arah-rotasi-planet-bumi-venus-uranus

Gambar Arah Rotasi Planet Bumi, Uranus, dan Venus yang Berbeda

Semua planet di Tata Surya mengorbit Matahari dengan arah melawan jarum jam (seperti yang terlihat dari kutub utara Matahari). Sebagian besar planet juga berotasi pada sumbunya dengan arah yang melawan jarum jam, namun Venus berotasi searah jarum jam setiap 243 hari Bumi , yang merupakan rotasi terlambat di Tata Surya. Bagi pengamat di permukaan Venus, Matahari akan terbit di barat dan tenggelam di timur. Demikian penjelasan singkat tentang ciri ciri planet Venus dan semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>