Home Sains Ciri Khusus Hewan Dan Fungsinya Terlengkap

Ciri Khusus Hewan Dan Fungsinya Terlengkap

3767
0
SHARE

6. Ciri Khusus Hewan Semut Dan Fungsinya

Semut
Semut (Foto : irfankhairi.com)

Semut merupakan serangga yang bersarang di dalam tanah. Untuk mencari makan, semut keluar dari sarangnya. Tahukah kamu bahwa beberapa jenis semut bermata buta? Semut juga tidak memiliki telinga. Lantas, bagaimana cara mereka hidup?

Ciri khusus semut adalah memiliki dua antena di kepalanya. Antena ini fungsinya untuk menyentuh, membau, dan merasakan getaran bunyi. Sementara itu, mulut semut digunakan untuk mengecap. Dengan mengecap, membau, dan menyentuh, semut dapat menemukan benda di sekitarnya.

Semut berinteraksi dengan sesamanya menggunakan sentuhan antena. Ciri khusus semut yang lainnya adalah bisa berkomunikasi dengan semut lain melalui bau feromon yang dikeluarkan dari abdomen. Bau feromon fungsinya untuk meninggalkan jejak atau komunikasi.

Semut mengeluarkan bau khusus sebagai tanda bahaya. Semut juga mengeluarkan bau untuk menunjukkan keberadaan makanan. Kalian pernah melihat barisan semut yang panjang bukan? Nah, semut-semut itu sedang mengikuti bau yang diciumnya.

7. Ciri Khusus Hewan Kucing Dan Fungsinya

Kucing
Kucing (Foto : shared12.blogspot.com)

Kucing merupakan hewan pemburu yang sering berkeliaran di sekitar rumah. Ia dapat mencium bau dalam jarak beberapa ratus meter. Kucing berlari sangat cepat. Ketika berlari, kadang ia terjatuh dari atap. Meskipun demikian, kucing masih tetap hidup. Apakah kucing tidak merasakan kesakitan?

Kucing memiliki ciri khusus berupa otot yang kuat. Kekuatan otot inilah yang membantunya melompat dan berlari. Kucing juga dapat membuat gerakan berputar di udara saat jatuh dari ketinggian. Kucing mampu mengatur posisi tubuh agar mendarat dengan keempat kakinya.

Perilaku kucing ini didukung oleh alat keseimbangan yang terdapat di telinga dalamnya. Karenanya, kucing tidak mati saat terjatuh. Kucing juga dapat mendengar bunyi ultrasonik. Kucing memiliki mata yang tajam, khususnya pada malam hari. Nah, berbagai keistimewaan tersebut membantu kucing dalam berburu.

8. Ciri Khusus Hewan Bunglon Dan Fungsinya

Bunglon
Bunglon (Foto : 500px.com)

Bunglon tergolong hewan melata dengan gerakan yang lambat. Tahukah kamu apa makanan bunglon? Makanan bunglon adalah serangga-serangga kecil yang mempunyai gerakan sangat cepat. Jika begitu, lalu bagaimana cara bunglon mendapatkan mangsanya? Di sinilah sekali lagi kita ditunjukkan akan kebesaran Tuhan Yang Maha Kuasa. Meskipun bergerak lambat, akan tetapi bunglon dianugerahi sebuah ciri khusus yang membuatnya bisa menghindar dari bahaya dan mendapatkan makanan.

Ciri khusus bunglon dapat mengubah warna kulit tubuhnya sebagai tanggapan terhadap perubahan suhu dan cahaya yang ada di sekitarnya. Akibat dari kemampuan ini adalah kulit bunglon bisa berubah sesuai dengan warna yang ada di sekelilingnya. Dengan warna kulit yang sesuai dengan warna di sekitarnya, maka keberadaan bunglon akan sulit diketahui oleh makhluk lain.

Kemampuan bunglon untuk mengubah warna kulitnya ini disebut mimikri yang fungsinya untuk menyamar agar dapat membantu bunglon dalam menghindari bahaya dan mendapatkan makanan. Menakjubkan, bukan?
Keistimewaan bunglon ternyata tidak hanya pada kemampuan mengubah warna kulitnya saja. Karena makanannya adalah serangga yang bisa bergerak cepat, bunglon dianugerahi ciri khusus berupa lidah yang panjang dan lengket.

Dengan lidah yang panjang dan lengket tersebut maka bunglon cukup menunggu mangsanya untuk datang ke dalam jangkuan lidahnya dan kemudian, hup, lidah bunglon telah menangkap mangsa tersebut. Keberadaan yang tidak bisa diketahui karena warna kulit yang sama dengan keadaan sekitar dipadu dengan lidah yang panjang dan lengket membuat bunglon mampu bertahan hidup dan mendapatkan makanan dengan mudah.

9. Ciri Khusus Hewan Unta Dan Fungsinya

Hewan-Unta
Hewan Unta (Foto : ardiyansyah.com)

Unta adalah hewan yang hidup di padang pasir yang kering dan gersang. Unta banyak hidup di negara seperti Mesir, Saudi Arabia yang merupakan negara padang pasir. Unta mampu melakukan perjalanan panjang dan sanggup untuk tidak makan dan minum selama berhari-hari. Tahukah kamu mengapa unta bisa melakukan keajaiban ini?

Unta dapat bertahan hidup tanpa makan dan minum selama berhari-hari karena Tuhan Yang Maha Esa menganugerahkan punuk pada punggungnya. Ada unta yang mempunyai satu punuk dan ada juga unta yang mempunyai dua buah punuk. Ciri khusus unta yang berupa punuk berisi lapisan lemak fungsinya sebagai cadangan makanan.

Pada saat perjalanan jauh, unta menggunakan lemak pada punuknya sebagai sumber energi. Oleh sebab itulah, apabila cadangan lemak di punuk unta habis terpakai, punuk menjadi mengerut dan lemas. Perut unta yang besar dapat menyimpan rumput dan air dalam jumlah yang sangat besar. Sekali minum, unta bisa menghabiskan sekitar 57 liter air. Menurut info, konon katanya unta memiliki jaringan di bawah kulit yang dapat menyimpan air dalam jumlah yang besar.

Selain punuk dan perut, unta juga dianugerahi ciri khusus yang lain. Apa sajakah itu? Karena hidup di padang pasir, unta memiliki ciri khusus berupa bulu mata yang panjang. Bulu mata panjang ini fungsinya untuk melindungi mata unta dari terpaan pasir yang beterbangan.

Unta juga bisa menutup lubang hidungnya, sehingga apabila terjadi badai, pasir tidak masuk ke hidungnya. Padang pasir merupakan medan yang sangat berat. Sebagai modal agar bisa menempuh perjalanan jauh, unta mempunyai tapak kaki yang tebal.

Untuk menghemat cairan, unta tidak mengeluarkan keringat sama sekali. Unta juga mengeluarkan sedikit kotoran. Hebatnya lagi, cairan yang keluar dari lubang hidung unta bisa disalurkan kembali ke mulutnya.

10. Ciri Khusus Hewan Landak Dan Fungsinya

Hewan Landak
Hewan Landak (Foto : tryandiputra.blogspot.com)

Landak adalah hewan yang unik. Ciri khusus hewan landak adalah memiliki bulu keras di bagian atas tubuhnya. Bulu landak mengandung ribuan duri yang dihasilkan dari otot-otot kulit. Duri-duri tersebut fungsinya sebagai alat pertahanan mereka.

Apabila diserang musuh, landak akan melarikan diri masuk ke sarangnya. Sarang landak berada di dalam tanah. Jika tidak sempat melarikan diri, landak akan menggulung tubuhnya. Bulu kerasnya kemudian akan mengembang. Seluruh tubuh landak pun dipenuhi duri tajam. Duri itu akan menancap pada tubuh musuh yang menyentuhnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here