Home Sains Ciri Khusus Hewan Dan Fungsinya Terlengkap

Ciri Khusus Hewan Dan Fungsinya Terlengkap

3767
0
SHARE

11. Ciri Khusus Ikan Lele Dan Fungsinya

Ikan Lele
Ikan Lele (Foto : inilela.wordpress.com)

Ikan lele termasuk hewan pemakan segala atau omnivora, habitat ( tempat hidup ) lele yaitu di air tawar seperti di sungai, rawa, saluran irigasi, dan lain-lain. Lele biasanya hidup di perairan yang berlumpur. Untuk bertahan hidup di perairan yang berlumpur maka ikan lele mempunyai beberapa ciri khusus sebagai bentuk adaptasi terhadap lingkungannya. Ciri ciri khusus hewan ikan lele dan fungsinya antara lain :

  • Lele mempunyai Misai di bibirnya baik bibir bagian atas maupun bawah. Jumlah misai lele ada 8 yang terdiri dari 2 misai di bibir kanan atas, 2 misai di bibir kiri atas, 2 misai terletak di bibir kanan bawah, dan 2 misai yang terletak di bibir kiri bawah. Fungsi dari misai lele yaitu sebagai alat peraba saat lele bergerak atau ketika mencari makan sehingga dengan misai yang di dalamnya ada indra pengecapnya ini lele mampu mengenali mangsanya walaupun mangsanya itu bersembunyi di dalam ataupun di dasar sungai yang berlumpur. Ata dengan kata lain fungsi misai lele adalah untuk mendeteksi lingkungan sekitar.
  • Lele memiliki kulit yang licin, berlendir, dan tidak bersisik. Ciri khusus ini fungsinya untuk memudahkan lele bergerak di dalam lumpur dan juga dapat berfungsi mempermudah melarikan diri jika mau ditangkap oleh manusia. Jika tubuh lele terkena sinar matahari maka tubuhnya akan pucat dan jika lele terkejut maka tubuhnya akan berubah menjadi warna loreng/doreng hitam putih.
  • Lele memiliki 7 sirip yang terdiri dari 3 sirip tunggal ( sirip punggung, sirip dubur, dan sirip ekor ) dan 2 sirip yang saling berpasangan ( sirip dada yang terletak di dada sebelah kanan dan kiri, sirip perut yang terletak di perut kanan dan kiri ). Fungsi sirip ini adalah sebagai alat bantu untuk berenang.
  • Dua sirip dada lele sangat keras dan runcing, sirip ini disebut patil. Patil berfungsi sebagai alat bantu untuk bergerak, berenang, dan yang lebih khas atau khusus lagi patil digunakan oleh lele sebagai senjata dalam menyerang mangsanya dan untuk melindungi dari serangan musuh.
  • Ikan lele memiliki organ arborescent/insang tambahan/labyrinth. Karena lele memiliki insang tambahan sehingga lele mampu bertahan hidup di air atau lumpur yang kandungan oksigennya sedikit. Selain itu lele juga dapat bertahan hidup di darat selama beberapa jam dengan syarat udara di sekitarnya cukup lembap.
  • Memiliki mulut yang panjang/lebarnya kurang lebihseperempat dari total panjang tubuhnya. Dengan mulut yang lebar, lele akan semakin mdah dalam memakan mangsanya.

12. Ciri Khusus Ikan Buntal Dan Fungsinya

ikan-buntal-blowfish

Ikan buntal dikenal juga dengan nama blowfish. Ikan ini mempunyai warna bintik-bintik pada tubuhnya. Banyak orang yang tertarik dan suka melihat ikan ini karena kemampuan untuk menggembungkan tubuhnya sehingga terlihat lucu.

Ciri khusus ikan buntal yang berupa kemampuan menggembungkan badaannya ini fungsinya sebagai upaya untuk mengelabui atau menakut-nakuti musuhnya saat merasa terancam. Atau dengan kata lain sebagai perlindungan diri. Ciri khusus hewan ikan buntal selanjutnya adalah mempunyai racun yang mematikan pada duri-duri kulitnya yang berfungsi untuk melindungi diri dari musuh.

Ciri khusus ikan buntal lainnya adalah ikan buntal secara umum dipercayai sebagai vertebrata paling beracun kedua di dunia setelah Katak Racun Emas. Organ-organ dalam seperti hati dan kadang kulit mereka sangat beracun bagi sejumlah hewan jika dimakan, namun daging beberapa spesies ikan ini dijadikan sebagai makanan di Jepang (disebut fugu), Korea (disebut bok), dan di China (disebut he2 tun2).

Makanan dari ikan buntal biasanya disiapkan oleh juru masak yang tahu bagian tubuh mana dari ikan buntal yang aman dimakan dan seberapa banyak kadarnya. Awas, jangan sembarangan makan ikan buntal ya!

13. Ciri Khusus Hewan Trenggiling Dan Fungsinya

Trenggiling
Trenggiling (Foto : m.joss.today)

Trenggiling merupakan hewan yang populasinya saat ini mulai sulit ditemukan, bahkan mulai langka. Untuk melihat dan mengamati hewan yang satu ini mungkin Anda bisa pergi ke kebun binatang atau tempat penangkaran jika ada. Nah, dilansir dari beberapa sumber, setidaknya ada 2 ciri khusus yang dimiliki oleh hewan trenggiling.

Ciri khusus trenggiling yang pertama adalah mempunyai lidah yang panjang dan lengket Fungsinya untuk menangkap mangsanya yang berupa serangga seperti semut dan rayap. Trenggiling memasukkan makanannya ke dalam mulut dengan cara menjilat mangsanya tersebut. Jadi, meskipun mangsanya berada di dalam lubang, trenggiling akan tetap menjangkau mangsanya dengan lidahnya yang panjang dan lengket tersebut.

Ciri khusus trenggiling yang kedua adalah memiliki lapisan kulit tebal semacam sisik dan dapat menggulungkan tubuhnya menjadi seperti bola. Fungsinya adalah untuk melindungi diri dari musuh. Jadi, ketika trenggiling diserang atau dikejar musuh, ia akan menggulung tubuhnya menjadi seperti bola dengan ditutupi kulit kerasnya tersebut. Dengan demikian, pemangsanya akan sulit untuk memangsanya.

14. Ciri Khusus Hewan Kalajengking Dan Fungsinya

Kalajengking
Kalajengking (Foto : gambar24.blogspot.com)

Kalajengking termasuk kelompok hewan invertebrata (tidak mempunyai tulang belakang). Ciri khusus kalajengking yang paling khas adalah sengat beracunnya. Sengat tersebut berada di belakang menyerupai ekor. Fungsi sengat adalah untuk melumpuhkan atau bahkan membunuh mangsa atau pengganggu. Semua jenis kalajengking memiliki bisa berupa neurotoksin (racun saraf). Ada juga yang memiliki bisa sitotoksik (racun sel). Meski demikian, sebagian besar jenis kalajengking tidak mematikan bagi manusia.

15. Ciri Khusus Hewan Cumi-Cumi Dan Fungsinya

Cumi-Cumi
Cumi-Cumi (Foto : tribunnews.com)

Cumi-cumi adalah hewan yang hidup di dalam air. Ciri khusus cumi-cumi yang pertama adalah memiliki banyak tangan pendek yang disebut tentakel. Tentakel fungsinya untuk meluncur di air dengan cepat saat bahaya. Otot tentakel dapat berkerut dengan cepat. Cumi-cumi dapat bergerak secara cepat saat dikejar pemangsa.

Selain itu, cumi-cumi juga punya ciri khusus dapat mengeluarkan tinta hitam pekat yang fungsinya untuk melindungi diri dari musuh. Saat di depan pemangsa, cumi-cumi akan menyemprotkan tinta pekat. Tinta ini mengejutkan pemangsa selama beberapa detik. Nah, kesempatan ini digunakan cumi-cumi untuk melarikan diri.

Ciri khusus cumi-cumi selanjutnya adalah dapat memancarkan cahaya dari tubuhnya. Cumi-cumi menjadi hewan yang sangat indah dan gemerlap. Ciri khusus ini fungsinya untuk membantu mencari makanan di malam hari. Mangsa akan mendekat karena tertarik oleh cahaya yang dipancarkan.

Ciri khusus cumi-cumi yang terakhir adalah memiliki banyak pola warna tubuh. Pola warna tersebut dapat diubah sesuai dengan kehendaknya dan bisa serupa dengan lingkungan sekitar. Pola warna ini fungsinya untuk mengelabui pemangsa.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here