Home Sains Ciri Khusus Hewan Dan Fungsinya Terlengkap

Ciri Khusus Hewan Dan Fungsinya Terlengkap

3767
0
SHARE

16. Ciri Khusus Hewan Rubah Artik Dan Fungsinya

Rubah Artik
Rubah Artik (Foto : journeymeherlini.wordpress.com)

Selain penguin, hewan lain yang dapat bertahan hidup di tengah-tengah dinginnya kutub utara adalah rubah artik. Rubah artik mempunyai ciri khusus berupa bulu tebal berwarna putih. Bulu tebal ini fungsinya untuk melindungi rubah artik dari serangan hawa dingin.

Apabila kamu perhatikan, rubah artik juga mempunyai ciri khusus lain berupa telinga yang sangat kecil. Tahukah kamu mengapa demikian? Fungsi telinga berukuran kecil itu bertujuan agar panas yang ada di dalam tubuh rubah artik tidak mengalir keluar. Panas yang tetap berada di dalam tubuh rubah artik, akan membuat tubuh rubah artik tetap terjaga dalam keadaan hangat.

17. Ciri Khusus Hewan Penguin Dan Fungsinya

ciri-khusus-penguin

Ciri khusus Penguin erat kaitannya dengan adaptasi terhadap lingkungan habitatnya. Penguin atau sering disebut pinguin merupakan hewan kelompok burung akuatik yang tidak bisa terbang dan biasanya hidup di daerah dingin walaupun ada penguin yang hidup di daerah tropis. Penguin memiliki ciri-ciri khusus yang membuatnya bisa hidup di daerah ekstrem bersuhu rendah seperti kutub selatan.

Beberapa ciri khusus penguin dan fungsinya antara lain :

  • Penguin mempunyai bulu yang tebal dan tumpukan lemak dibawah kulitnya. Fungsinya untuk untuk menahan panas tubuh agar tidak keluar sehingga penguin tetap merasa hangat tidak kedinginan.
  • Penguin mempunyai kelenjar supraorbital. Fungsinya untuk menyaring kelebihan garam laut dari aliran darah. Garam ini lalu dikeluarkan dalam bentuk cairan lewat saluran pernapasan penguin.
  • Penguin memiliki warna putih pada bagian dalam dan warna hitam di bagian luar. Fungsinya untuk untuk kamuflase. Hewan pemangsa seperti singa laut dari dalam air akan sulit untuk melihat penguin karena perutnya yang berwarna putih bercampur dengan pantulan permukaan air laut. Sedangkan permukaan gelap pada punggungnya juga menyamarkan penguin dari pandangan hewan pemangsa di atas air.
  • Penguin mempunyai sayap dan ekor yang dimodifikasi. Fungsinya untuk berenang dan mendayung di air. Di daratan pinguin menggunakan ekor dan sayapnya untuk menjaga keseimbangan ketika berjalan.
  • Penguin mempunyai selaput pada sayap dan kakinya. Fungsinya untuk membantu penguin berenang dan menyelam untuk mencari makan dalam air.
  • Penguin hidup secara berkelompok. Fungsinya agar tidak banyak panas yang dikeluarkan dan terlindung dari udara dingin.

Bagaimana sobat maslatip.com? Cukup jelas bukan uraian tentang ciri khusus pada hewan dan fungsinya? Apabila ada yang mau menambahkan ciri khusus pada hewan lainnya bisa menuliskannya melalui kolom komentar. Semoga uraian singkat tentang ciri khusus hewan dan fungsinya dapat bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here