Home » Sains » Ciri Khusus Ikan Buntal Dan Fungsinya
ikan-buntal-blowfish

Ciri Khusus Ikan Buntal Dan Fungsinya

Maslatip.com – Salah satu ciri khusus ikan buntal yang unik dan lucu adalah ikan buntal mampu menggelumbungkan atau menggembungkan tubuhnya menjadi bulat seperti bola atau balon yang ditiup. Ciri khusus ikan buntal ini fungsinya sebagai upaya untuk mengelabui atau menakut-nakuti musuhnya saat merasa terancam. Atau dengan kata lain sebagai perlindungan diri. Ikan buntal juga mempunyai racun yang mematikan pada duri-duri kulitnya untuk melindungi diri dari musuh. Tahukah Anda bagaimana ikan buntal menggembungkan tubuhnya?

Ciri khusus ikan buntal lainnya adalah ikan buntal secara umum dipercayai sebagai vertebrata paling beracun kedua di dunia setelah Katak Racun Emas. Organ-organ dalam seperti hati dan kadang kulit mereka sangat beracun bagi sejumlah hewan jika dimakan, namun daging beberapa spesies ikan ini dijadikan sebagai makanan di Jepang (disebut fugu), Korea (disebut bok), dan di China (disebut he2 tun2). Makanan dari ikan buntal biasanya disiapkan oleh juru masak yang tahu bagian tubuh mana dari ikan buntal yang aman dimakan dan seberapa banyak kadarnya.

Ikan buntal dikenal juga dengan nama blowfish. Ikan ini mempunyai warna bintik-bintik pada tubuhnya. Banyak orang yang tertarik dan suka melihat ikan ini karena kemampuan untuk menggembungkan tubuhnya sehingga terlihat lucu.

Namun, Anda harus berhati-hati ketika melihat ikan ini sedang menggembungkan badannya. Anda jangan sampai terlena melihat kelucuannya yang membawa Anda untuk memegang ikan ini saat menggembungkan badannya. Hal ini karena ada zat beracun berbahaya yang terdapat pada duri ikan ini sewaktu tubuhnya menggembung. Zat ini befungsi untuk melindungi dirinya dari bahaya apabila ada binatang lain yang mendekat. Alat perlindungan diri yang sempurna karena duri pada tubuhnya akan membentenginya dari ancaman luar.

Beberapa ciri khusus ikan buntal antara lain :

  1. Memiliki kemampuan untuk menggembungkan badannya yang berfungsi untuk mengelabui atau menakut-nakuti musuh sebagai bentuk pertahanan diri ketika diserang musuh.
  2. Terdapat duri-duri yang beracun pada tubuhnya yang berfungsi untuk melindungi diri dari musuh.
  3. Ikan buntal merupakan karnivora (pemakan daging).

Ikan buntal hidup dan berkembang biak di perairan dalam Samudera Hindia, Atlantik, dan Pasific. Ikan ini memiliki racun pada bagian tubuhnya sehingga tidak baik untuk dikonsumsi kecuali oleh orang yang paham bagian mana tubuh ikan tersebut yang harus dibuang untuk menghilangkan racunnya. Demikian penjelasan singkat tentang ciri khusus ikan buntal dan fungsinya, semoga bermanfaat.

One comment

  1. Saya sedang melihat sebuah artikel ikan buntal ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>