Home Sains Ciri Khusus Penguin Dan Fungsinya

Ciri Khusus Penguin Dan Fungsinya

2805
1
SHARE

Maslatip.comCiri khusus Penguin dan fungsinya erat kaitannya dengan adaptasi terhadap lingkungan habitatnya. Penguin atau sering disebut pinguin merupakan hewan kelompok burung akuatik yang tidak bisa terbang dan biasanya hidup di daerah dingin walaupun ada penguin yang hidup di daerah tropis. Penguin memiliki ciri-ciri khusus yang membuatnya bisa hidup di daerah ekstrem bersuhu rendah seperti kutub selatan. Berikut ini penjelasan singkat tentang ciri ciri khusus penguin dan fungsinya.

Penguin mempunyai bulu yang tebal dan tumpukan lemak dibawah kulit

Penguin adalah hewan yang hidup di daerah dingin. Meskipun demikian, penguin tidak akan menggigil kedinginan. Penguin memiliki bulu tebal dan di bawah kulitnya terdapat banyak lemak. Tumpukan lemak ini membuat penguin seperti memakai baju yang berlapis-lapis. Akibatnya penguin tidak merasa dingin meski hidup di daerah dingin. Jadi, fungsi ciri khusus pada penguin yang berupa bulu yang tebal dan tumpukan lemak dibawah kulit adalah untuk menahan panas tubuh agar tidak keluar sehingga penguin tetap merasa hangat tidak kedinginan.

Penguin memiliki warna putih pada bagian dalam dan warna hitam di bagian luar

Setiap penguin memiliki ciri khusus berupa warna putih di sebelah dalam tubuhnya dan warna gelap (biasanya hitam) di sebelah luar tubuh. Hal ini berguna untuk kamuflase. Hewan pemangsa seperti singa laut dari dalam air akan sulit untuk melihat penguin karena perutnya yang berwarna putih bercampur dengan pantulan permukaan air laut. Sedangkan permukaan gelap pada punggungnya juga menyamarkan penguin dari pandangan hewan pemangsa di atas air.

penguin

Gambar Penguin (diambil dari : www.penguin-world.com)

Penguin mempunyai sayap dan ekor yang dimodifikasi

Seperti halnya anggota kelompok burung yang lain, penguin juga mempunyai sayap dan ekor. Namun, penguin tidak bisa menggunakan sayapnya untuk terbang karena ukuran sayapnya terlalu kecil sehingga tidak bisa mengangkat berat badannya. Sayap penguin dimodofikasi untuk berenang dan mendayung di air. Di daratan pinguin menggunakan ekor dan sayapnya untuk menjaga keseimbangan ketika berjalan. Untuk menghemat energi, kadang-kadang penguin berjalan dengan kaki pendeknya atau meluncur di salju dengan perutnya.

Penguin mempunyai selaput pada sayap dan kakinya.

Ciri khusus Penguin berikutnya adalah selaput pada sayap dan kaki. Selaput ini berfungsi untuk membantu penguin berenang dan menyelam untuk mencari makan dalam air. Penguin mampu berenang dengan kecepatan 6 hingga 12 km/jam bahkan pernah tercatat hingga 27km/jam. Penguin yang berukuran kecil biasanya menyelam selama satu hingga dua menit dari permukaan air untuk menangkap makanan. Penguin yang berukuran lebih besar, yaitu penguin emperor bisa menyelam lebih dalam hingga 565 meter selama 20 menit. Tahukah kamu, mengapa penguin dapat menyelam dalam air dalam waktu yang cukup lama?

Penguin mempunyai kelenjar supraorbital

Penguin biasanya menyelam dalam air laut untuk mencari makanan dan minum. Penguin dapat meminum air laut karena memiliki kelenjar supraorbital. Kelenjar ini berfungsi untuk menyaring kelebihan garam laut dari aliran darah. Garam ini lalu dikeluarkan dalam bentuk cairan lewat saluran pernapasan penguin.

Penguin hidup secara berkelompok

Ciri khusus penguin bila dilihat dari cara hidupnya adalah penguin suka hidup berkelompok sampai ratusan ribu dan saling mendekatkan diri. Hal ini berfungsi dan bermanafaat agar tidak banyak panas yang dikeluarkan  dan terlindung dari udara dingin.

Penguin jantan mengerami telur

Seperti burung-burung yang lain, penguin bereproduksi dengan cara bertelur. Namun, ada yang unik dari proses perkembangbiakan penguin ini. Setelah masa kawin, biasanya penguin betina hanya bertelur satu butir. Kemudian penguin jantanlah yang akan mengerami telurnya. Penguin umumnya bertelur pada musim dingin sehingga pada masa itu cukup sulit untuk mencari makanan. Maka, pergilah penguin betina mencari makanan selama penguin jantan mengerami telur. Demikian penjelasan singkat tentang ciri khusus Penguin dan fungsinya, semoga bermanfaat.

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here