Home Sains Ciri Khusus Tumbuhan Anggrek Dan Fungsinya

Ciri Khusus Tumbuhan Anggrek Dan Fungsinya

3493
0
SHARE

3. Tumbuhan anggrek memiliki batang pseudobulbs (umbi semu)

Karena tumbuhan anggrek epifit hidup di atas permukaan tanah, maka anggrek mengembangkan struktur mirip umbi pada batangnya. Batang anggrek yang membentuk umbi semu ini berbentuk bundar panjang, pipih dengan panjang sekitar 10-15 cm.

Penggelembungan batang yang terjadi ini sering disebut dengan umbi semu (pseudobulbs) yang berfungsi untuk menyimpan air dan cadangan makanan seperti pada tanaman umbi-umbian yang lain. Pseudobulbs memungkinkan tumbuhan anggrek dapat berkembang di daerah-daerah kering yang mengalami hujan musiman.

Batang Pseudobulbs (tanda panah merah) pada anggrek yang berfungsi untuk menyimpan air dan  cadangan makanan (foto : sobhaflowers.com)
Batang Pseudobulbs (tanda panah merah) pada anggrek yang berfungsi untuk menyimpan air dan cadangan makanan (foto : sobhaflowers.com)

4. Hidup bersimbiosis dengan jamur

Beberapa anggrek tertentu melakukan simbiosis dengan jamur untuk bertahan hidup. Anggrek Dendrophylax lindenii, spesies langka yang hanya ada di Florida selatan di USDA zona 10a, adalah anggrek berdaun yang bergantung pada hubungan simbiosis dengan jamur untuk memindahkan nutrisi ke seluruh tanaman. Sebuah jamur tertentu yang hidup di dalam akar anggrek ini dan juga menonjol di luar akar berfungsi untuk mengumpulkan nutrisi dari tanah. Demikian penjelasan singkat tentang ciri khusus tumbuhan anggrek dan fungsinya, semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here