Home Sains Ciri Khusus Tumbuhan Dan Fungsinya Terlengkap

Ciri Khusus Tumbuhan Dan Fungsinya Terlengkap

11327
1
SHARE

6. Ciri Khusus Tumbuhan Anggrek Dan Fungsinya

Tumbuhan-Anggrek
Tumbuhan Anggrek (Gambar : cara.co.id)

Sebagai tumbuhan epifit, anggrek memiliki ciri khusus tertentu yang membuatnya bisa tetap bertahan hidup. Ciri khusus tumbuhan anggrek ini merupakan bentuk adaptasi terhadap lingkungan habitatnya yang menempel pada pohon.

Salah satu ciri khusus tumbuhan anggrek adalah memiliki bunga yang berwarna cerah dan bentuknya menyerupai serangga. Tumbuhan anggrek memiliki berbagai bunga yang khusus untuk menarik perhatian serangga penyerbuk.

Selain memiliki warna bunga yang cerah dan indah, beberapa bunga anggrek juga bentuknya menyerupai serangga penyerbuk. Warna cerah dan bentuk mirip serangga ini fungsinya untuk menarik perhatian serangga sehingga dapat membantu penyerbukan. Anda dapat membaca lebih jelas tentang ciri khusus tumbuhan anggrek dan fungsinya pada postingan terdahulu.

7. Ciri Khusus Tumbuhan Bakau Dan Fungsinya

Tumbuhan-Bakau
Tumbuhan Bakau (Gambar : oceanwideimages.com)

Menghadapi lingkungan yang ekstrem di hutan mangrove, tumbuhan bakau memiliki ciri khusus sebagai bentuk dari adaptasi untuk bertahan hidup. Secara fisik, ciri khusus tumbuhan bakau kebanyakan berupa organ khas untuk bertahan hidup. Seperti aneka bentuk akar dan kelenjar garam di daun. Namun ada pula bentuk-bentuk ciri khusus tumbuhan bakau yang lain sebagai bentuk adaptasi fisiologis.

Tumbuhan bakau Avicennia (Si api-api) dan Sonneratia (Pidada) mempunyai ciri khusus berupa akar napas (Pneumatophora) yang muncul ke atas lumpur pantai. Akar nafas ini berfungsi untuk mengambil oksigen dari udara. Tumbuhan bakau (Rhizophora spp.), yang biasanya tumbuh di zona terluar, mempunyai ciri khusus berupa akar tunjang yang besar dan kokoh (stilt root) yang fungsinya untuk menopang badannya agar tetap kokoh di tanah berlumpur dan bertahan dari ganasnya gelombang (pemecah gelombang alami)

Tumbuhan bakau Kendeka (Bruguiera spp.) mempunyai ciri khusus berupa akar lutut (knee root), sementara pohon-pohon nirih (Xylocarpus spp.) berakar papan yang memanjang berkelok-kelok. Fungsi kedua akar-akar ini untuk menunjang tegaknya pohon di atas lumpur, sambil pula mendapatkan udara bagi pernapasannya.

Untuk mengatasi salinitas yang tinggi, tumbuhan bakau api-api mempunyai ciri khusus berupa kelenjar di bawah daun untuk mengeluarkan kelebihan garam. Sementara jenis tumbuhan bakau yang lain, seperti Rhizophora mangle, mengembangkan sistem perakaran yang hampir tak tertembus air garam. Air yang terserap telah hampir-hampir tawar, sekitar 90-97% dari kandungan garam di air laut tak mampu melewati saringan akar ini.

Garam yang sempat terkandung di tubuh tumbuhan, diakumulasikan di daun tua dan akan terbuang bersama gugurnya daun. Pada pihak yang lain, mengingat sukarnya memperoleh air tawar, vegetasi mangrove harus berupaya mempertahankan kandungan air di dalam tubuhnya. Padahal lingkungan lautan tropika yang panas mendorong tingginya penguapan. Beberapa jenis tumbuhan hutan bakau mampu mengatur bukaan mulut daun (stomata) dan arah hadap permukaan daun di siang hari terik, sehingga mengurangi evaporasi dari daun.

8. Ciri Khusus Tumbuhan Mawar Dan Fungsinya

Tumbuhan-Mawar
Tumbuhan Mawar (Gambar : bunganusantara.com)

Tumbuhan mawar memiliki bunga yang indah. Namun, berhati-hatilah bila ingin memetiknya. Sebab, kamu bisa terkena duri-durinya yang tajam. Duri pada batang adalah ciri khusus yang dimiliki tanaman mawar. Duri tersebut berfungsi melindungi diri dari musuh. Musuh yang mendekat akan terkena duri tajam mawar.

Selain itu, ciri khusus tumbahan mawar adalah mempunyai bunga berwarna cerah dan harum baunya. Kemungkinan besar ciri khusus ini fungsinya untuk menarik perhatian serangga dalam rangka membantu penyerbukan.

9. Ciri Khusus Tumbuhan Kelapa Dan Fungsinya

Tumbuhan-Kelapa
Tumbuhan Kelapa (Gambar : bahan-kampus.ga)

Kelapa (Cocos nucifera) adalah satu jenis tumbuhan dari suku aren-arenan atau Arecaceae dan termasuk anggota tunggal dalam marga Cocos. Tumbuhan ini dimanfaatkan hampir semua bagiannya oleh manusia sehingga dianggap sebagai tumbuhan serba guna, khususnya bagi masyarakat pesisir.

Ciri khusus tumbuhan kelapa yaitu memiliki serabut tebal dan bagian luarnya kedap air yang fungsinya untuk membuat buah kelapa dapat tetap terapung di air. Sementara ciri khusus yang lain tumbuhan kelapa adalah mempunyai tempurung kelapa yang kedap air berfungsi untuk melindungi buah kelapa agar tidak cepat busuk. Ciri khusus buah kelapa ini bertujuan untuk mempermudah penyebaran perkembangbiakan dari satu tempat ketempat lain melalui media air.

10. Ciri Khusus Tumbuhan Keladi Dan Fungsinya

Tumbuhan-Keladi
Tumbuhan Keladi (Gambar : junglekey.in)

Keladi merupakan sekelompok tumbuhan dari genus Caladium (suku talas-talasan, Araceae). Dalam bahasa sehari-hari keladi kerap juga dipakai untuk menyebut beberapa tumbuhan lain yang masih sekerabat namun tidak termasuk Caladium, seperti talas (Colocasia). Keladi sejati jarang membentuk umbi yang membesar. Asal tumbuhan ini dari hutan Brazil namun sekarang tersebar ke berbagai penjuru dunia.

Ciri khusus tumbuhan keladi adalah bentuk daunnya yang seperti simbol hati/jantung dan daunnya biasanya licin mengandung lapisan lilin. Daun yang licin kedap air ini fungsinya untuk mengalirkan air secara langsung sehingga meninggalkan permukaan daun. Ukuran keladi tidak pernah lebih daripada 1 m. Beberapa jenis dan hibridanya dipakai sebagai tanaman hias pekarangan.

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here