Home Sains Ciri Khusus Tumbuhan Dan Fungsinya Terlengkap

Ciri Khusus Tumbuhan Dan Fungsinya Terlengkap

4729
1
SHARE

11. Ciri Khusus Tumbuhan Beringin Dan Fungsinya

Tumbuhan-Beringin
Tumbuhan Beringin (Gambar : youtube.com)

Ciri khusus tumbuhan beringin adalah memiliki akar gantung yang kekar berfungsi untuk menyerap atau menghirup uap air dan udara (bernafas). Pohon beringin juga mempunyai daun yang banyak, fungsinya untuk memperbanyak fotosintesis. Akar tumbuhan beringin juga kuat yang berfungsi untuk menopang tubuhnya.

12. Ciri Khusus Tumbuhan Mentimun Dan Fungsinya

Tumbuhan-Mentimun
Tumbuhan Mentimun (Gambar : tanobat.com)

Mentimun, timun, atau ketimun (Cucumis sativus L.; suku labu-labuan atau Cucurbitaceae) merupakan tumbuhan yang menghasilkan buah yang dapat dimakan. Buahnya biasanya dipanen ketika belum masak benar untuk dijadikan sayuran atau penyegar, tergantung jenisnya.

Mentimun dapat ditemukan di berbagai hidangan dari seluruh dunia dan memiliki kandungan air yang cukup banyak di dalamnya sehingga berfungsi menyejukkan. Potongan buah mentimun juga digunakan untuk membantu melembabkan wajah serta banyak dipercaya dapat menurunkan tekanan darah tinggi.

Ciri khusus tumbuhan mentimun adalah memiliki sulur pembelit yaitu modifikasi dari batang dan memiliki ujung peka sentuhan. Sulur berbentuk gelung pada mentimun fungsinya untuk lebih merapatkan batang mentimun ke penopang sehingga dapat menahan beban dari buah mentimun. Sulur juga dapat berfungsi untuk menahan angin kencang yang dapat mematahkan batang.

13. Ciri Khusus Tumbuhan Sirih Dan Fungsinya

Tumbuhan-Sirih
Tumbuhan Sirih (Gambar : pustakasekolah.com)

Sirih adalah tanaman asli Indonesia yang tumbuh merambat atau bersandar pada batang pohon lain. Tanaman merambat ini bisa mencapai tinggi 15 m. Batang sirih berwarna coklat kehijauan,berbentuk bulat, beruas dan merupakan tempat keluarnya akar. Daunnya yang tunggal berbentuk jantung, berujung runcing, tumbuh berselang-seling, bertangkai, dan mengeluarkan bau yang sedap bila diremas.

Ciri khusus tumbuhan sirih adalah memiliki akar pelekat untuk menempel pada tumbuhan lain. Fungsinya untuk mendapatkan sinar matahari. Sirih juga memiliki ciri khusus berupa bau khas yang berfungsi untuk melindungi diri dari ulat.

14. Ciri Khusus Tumbuhan Kangkung Dan Fungsinya

Tumbuhan-Kangkung
Tumbuhan Kangkung (Gambar : wenyandriani.blogspot.com)

Kangkung (Ipomoea aquatica Forsk.) adalah tumbuhan yang termasuk jenis sayur-sayuran dan ditanam sebagai makanan. Kangkung banyak dijual di pasar-pasar. Kangkung banyak terdapat di kawasan Asia dan merupakan tumbuhan yang dapat dijumpai hampir di mana-mana terutama di kawasan berair.

Ciri khusus tumbuhan kangkung adalah batangnya berongga yang berfungsi untuk mengapung di air, menyimpan udara, dan bernafas. Dengan mengapung di air, kangkung dapat memperoleh cahaya matahari lebih banyak.

15. Ciri Khusus Tumbuhan Eceng Gondok (Hidrofit) Dan Fungsinya

Tumbuhan-Eceng-Gondok
Tumbuhan Eceng Gondok (Gambar : anneahira.com)

Eceng gondok hidup mengapung di air dan kadang-kadang berakar dalam tanah. Eceng gondok termasuk tanaman yang hidup di air atau biasa disebut hidrofit. Daunnya tunggal dan berbentuk oval. Ujung dan pangkalnya meruncing, pangkal tangkai daun menggelembung. Permukaan daunnya licin dan berwarna hijau.

Bunganya termasuk bunga majemuk, berbentuk bulir, kelopaknya berbentuk tabung. Bijinya berbentuk bulat dan berwarna hitam. Buahnya kotak beruang tiga dan berwarna hijau. Akarnya merupakan akar serabut.

Ciri khusus tumbuhan eceng gondok yang berupa pangkal tangkai daun menggelembung yang merupakan rongga udara berfungsi untuk mengapung di air. Ciri khusus daunnya yang lebar dan licin berfungsi untuk mempercepat penguapan dan daunnya tidak basah jika terkena air. Sedangkan ciri khusus akar serabut yang lebat fungsinya untuk membantu keseimbangan agar tidak terbalik saat mengapung.

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here