Home Sains Ciri Khusus Tumbuhan Dan Fungsinya Terlengkap

Ciri Khusus Tumbuhan Dan Fungsinya Terlengkap

11327
1
SHARE

16. Ciri Khusus Tumbuhan Jagung Dan Fungsinya

Tumbuhan-Jagung
Tumbuhan Jagung (Gambar : caramenanampohon.wordpress.com)

Jagung termasuk tanaman mesofit yaitu tanaman yang beradaptasi pada kondisi air yang cukup, tidak terlalu banyak air, dan tidak terlalu sedikit air(kapasitas lapang). Habitus jagung tegak, daunnya berbentuk pita, tangkai daunnya kecil atau hampir tidak ada, bentuk batangnya bulat atau hampir bulat, tidak ada percabangan, dan sistem perakarannya serabut.

Ciri-ciri tanaman jagung antara lain memiliki daun yang panjang, tipis dan tidak terlalu lebar. Ini berfungsi agar penguapan tersebut bisa optimum. Namun ada pula yang berdaun pita, permukaan atasnya berbulu (memiliki trikoma). Bulu-bulu atau trikomata padda permukaan atas daun berfungsi untuk mengurangi terjadinya transpirasi agar tidak berlebihan sehingga tanaman tersebut tidak kekurangan air pada saat udara panas.

Bentuk batangnya kecil, tidak berongga, beruas-ruas, bulat atau hampir bulat, tidak ada percabangan. Batang yang kecil berfungsi agar pengangkutan air tidak berlebihan dalam tubuh tanaman. Untuk sistem perakarannya serabut, mempunyai akar adventif, dan tidak terlalu panjang karena ketersediaan air yang mencukupi.

Nah, salah satu ciri khusus tumbuhan jagung adalah daunnya akan menggulung bila udara panas. Fungsinya untuk mengurangi penguapan (transpirasi). Secara anatomis, pada penampang melintang daun jagung memiliki sel epidermis yang termodifikasi menjadi sel kipas dengan fungsi untuk mengurangi transpirasi. Pada saat tekanan turgor pada sel kipas tinggi maka daun akan membuka, sebaliknya bila tekanan turgor rendah maka daun akan menggulung.

Tanaman jagung juga mempunyai ciri khusus berupa putik yang bentuknya seperti rambut dan lengket. Fungsinya untu memudahkan dalam menangkap serbuk sari sehingga proses penyerbukan dapat berjalan dengan baik.

17. Ciri Khusus Tumbuhan Kamboja Jepang Dan Fungsinya

Tumbuhan-Kamboja-Jepang
Tumbuhan Kamboja Jepang (Gambar : tanamandendie.wordpress.com)

Tumbuhan kamboja Jepang atau adenium hanya mempunyai tinggi sekitar 2 meter saja sehingga bisa ditanam di pot. Ciri khusus tumbuhan kamboja Jepang adalah memiliki akar yang dapat membentuk umbi berfungsi tempat cadangan air dan makanan. Keberadaan umbi sangat penting artinya bagi tumbuhan ini, karena di habitat asalnya di daerah gurun yang panas dan beriklim kering, air dan sumber nutrisi sangat susah diperoleh.

18. Ciri Khusus Tumbuhan Embun Matahari Dan Fungsinya

Tumbuhan-Embun-Matahari
Tumbuhan Embun Matahari (Gambar : bicarasantai.com)

Tumbuhan Embun Matahari dikenal sebagai nama genus drosera, yang di Indonesia mungkin jenis Drosera burmanii. Tumbuhan ini termasuk tumbuhan pemakan serangga (insektivora) seperti kantong semar dan venus. Tanaman ini pada umumnya hidup daerah tropis, walau ada sebagian kecil di sub tropis. dan termasuk tanaman semak yang berumbi, hanya maksimal 2 cm (0,8 inci) diameternya.

Ciri khusus tumbuhan embun matahari adalah terdapat titik-titik cairan yang bergemerlap bila terkena sinar matahari, fungsinya untuk memancing serangga agar menghampirinya. Jika serangga menyentuh daun akan terjebak dalam cairan tersebut. Helai-helai daun akan mengakup untuk mencengkeram serangga dan serangga dihancurkan dengan cairan pencerna.

Pucuk daun dan tepi mempunyai rambut bergerak (tentakel) dan sepanjang ujung tentakel mempunyai tetesan lem berlendir seperti embun. Ini yang membuat serangga tertarik. Tumbuhan ini termasuk tanaman pemakan serangga tercepat perangkapnya, daunnya dapat menggulung sekitar serangga hanya dalam beberapa detik kemudian mencernanya, dibandingkan dengan hitungan menit atau jam waktu yang dibutuhkan tanaman perangkap serangga lainnnya untuk memakan mangsanya.

19. Ciri Khusus Tumbuhan Putri Malu

Tumbuhan-Putri-Malu
Tumbuhan Putri Malu (Gambar : gudono.com)

Putri malu atau Mimosa pudica adalah perdu pendek anggota suku polong-polongan yang mudah dikenal karena daun-daunnya yang dapat secara cepat menutup/”layu” dengan sendirinya saat disentuh.

Ciri khusus tumbuhan putri malu adalah terletak pada daunnya yang mudah layu atau menutup saat disentuh dan batangnya berduri tajam. Duri-duri tajam ini fungsinya adalah untuk melindungi diri dari hewan pemakan tumbuhan (herbivora) yang ingin memakannya.

Jika tanaman putri malu dipotong, umbinya dapat bersemi. Bahkan, batangnya yang dipotong pun mampu menumbuhkan akar baru. Selanjutnya, akar tersebut tumbuh sebagai tanaman baru.

Bagaimana? Cukup jelas bukan penjelasan ciri khusus pada tumbuhan dan fungsinya tersebut? Jika masih ada yang kurang jelas atau mau menambahkan informasi tentang ciri khusus tumbuhan bisa menuliskannya melalui kolom komentar. Sekian dulu materi sains kali ini tentang ciri khusus tumbuhan dan fungsinya semoga bermanfaat.

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here