Home Sains Ciri Khusus Tumbuhan Mawar Dan Fungsinya

Ciri Khusus Tumbuhan Mawar Dan Fungsinya

2021
1
SHARE

Maslatip.comCiri khusus tumbuhan mawar berkaitan erat dengan fungsinya sebagai salah satu bentuk adaptasi untuk mempertahankan diri di habitatnya. Ada 3 ciri khusus tumbuhan mawar dan fungsinya yang akan saya bahas dalam postingan kali ini. Secara umum ciri khusus tumbuhan mawar berfungsi untuk mempertahankan diri dari musuh, kelangsungan reproduksi (perkembangbiakan) dan untuk bertahan hidup dalam kondisi yang ekstrim.

1. Batang berduri

Duri adalah ciri khusus yang paling jelas dari tumbuhan mawar. Duri pendek pada batang tanaman ini fungsinya untuk membantu mencegah hewan pemakan tumbuhan yang akan memakannya. Hewan yang mencoba untuk memakan mawar akan tertusuk duri sehingga akan menjauhinya. Duri merupakan pertumbuhan jaringan lapisan luar pada batang mawar yang berguna untuk melindungi diri dari hewan pemangsa. Duri-duri ini juga berfungsi sebagai pengait pada pohon ketika tumbuhan mawar tumbuh menjalar ke atas.

2. Bunga mawar berwarna menarik dan mengeluarkan bau yang harum

Hampir setiap orang mungkin mengatahui ciri bunga mawar, karena mempunyai warna dan bau harum yang khas. Tidak heran, jika bunga ini disebut juga bunga cinta karena biasa digunakan untuk menyatakan rasa cinta dan sayang kepada seseorang.

Mahkota bunga mawar yang berwarna merah, merah muda dan putih berfungsi untuk menarik perhatian serangga penyerbuk agar mendekat ke bunga mawar. Bunga-bunga ini juga memproduksi bau yang harum untuk menarik lebah dan serangga lainnya. Serangga serangga inilah yang nantinya akan membantu penyerbukan bunga mawar.

Bunga mawar terutama diserbuki oleh lebah madu dan lebah yang lainnya. Bunga mawar menghasilkan serbuk sari dalam jumlah yang banyak untuk meningkatkan peluang reproduksi.

3. Memiliki kemampuan bertahan hidup pada keadaan kering

Mawar mampu bertahan walau mengalami pemotongan yang signifikan, mereka dapat kehilangan sebagian besar daun dan masih bertahan untuk hidup. Ini berarti bahwa mawar daunnya dilucuti masih terus berkembang tanpa masalah. Banyak mawar liar yang mampu berkembang pada ketinggian bervariasi dan dalam lingkungan yang di bawah sinar matahari penuh.

Tanaman ini menghasilkan rimpang yang luas, atau struktur seperti akar. Rimpang ini bisa tumbuh kembali walau bagian atas mawar di hancurkan. Mawar dapat mentolerir api dengan baik, dan sering bertahan sampai bertunas kembali setelah dibakar. Mereka juga dapat tumbuh kembali setelah telah dipotong bagian atasnya. Untuk menghentikan pertumbuhannya maka harus mencabut semua bagian tumbuhan mawar sampai akar-akarnya.

Untuk ciri yang ketiga ini, penulis belum menemukan referensi yang tepat mengapa mawar bisa bertahan hidup pada lingkungan kering yang ekstrim. Padahal batang mawar tidak seperti kaktus yang berisi air untuk cadangan air. Bagi pembaca yang sudah menemukan referensinya, mohon di share untuk berbagi ilmu kepada sesama. Demikian artikel biologi singkat tentang ciri khusus tumbuhan mawar dan fungsinya, semoga bermanfaat.

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here