Home Sains Daftar Tempat Perlindungan Hewan Langka Dan Tumbuhan Indonesia (Bagian 1)

Daftar Tempat Perlindungan Hewan Langka Dan Tumbuhan Indonesia (Bagian 1)

9999
0
SHARE

Pemerintah Indonesia telah menetapkan lebih dari 350 daerah di Indonesia digunakan untuk tempat perlindungan hewan langka dan tumbuhan langka (konservasi). Hal ini dirasakan sebagai jalan terbaik untuk melindungi hewan dan tumbuhan. Perlindungan terhadap tempat hidup hewan dan tumbuhan berarti melindungi hewan dan tumbuhan yang berada di dalamnya. Pemerintah berupaya untuk melestarikan hewan dan tumbuhan yang terancam punah dengan membangun tempat-tempat perlindungan.

Kelangsungan hidup tumbuhan dan hewan tergantung dari keberadaan tempat hidupnya. Kebanyakan daerah perlindungan diciptakan karena adanya jenis hewan dan tumbuhan yang dilindungi. Indonesia memiliki 30 taman nasional dan ratusan cagar alam. Berikut ini beberapa tempat perlindungan hewan langka dan tumbuhan langka yang juga bermanfaat bagi pusat pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan kehidupan masyarakat.

Cagar Alam

cagar alam Tangkoko-Batuangus

Cagar alam adalah daerah pelestarian di mana hewan dan tumbuhan yang ada di dalamnya dilindungi oleh undang-undang dari bahaya kepunahan. Contoh tempat perlindungan hewan langka dan tumbuhan yang berupa cagar alam adalah Cagar Alam Lorentz di Irian Jaya, Cagar Alam Tangkoko Batuangus di Sulawesi, Cagar Alam Wasur di Irian Jaya, dan juga Cagar Alam Gunung Kungoi di Pegunungan Arfak Irian Jaya.

Suaka Margasatwa

Suaka margasatwa Ujung-kulon

Suaka margasatwa adalah daerah pelestarian hewan liar yang ada di dalamnya beserta tempat hidupnya. Contoh tempat perlindungan hewan langka suaka margasatwa yaitu Suaka Margasatwa Ujung Kulon di Jawa Barat dan Suaka Margasatwa Pulau Komodo di Nusa Tenggara Timur. Suaka Margasatwa Ujung Kulon melindungi badak bercula satu (badak jawa) dan banteng liar. Sementara itu, Suaka Margasatwa Pulau Komodo melindungi komodo.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here