Home » Sains » Daftar Tumbuhan Langka Indonesia Yang Dilindungi (Bagian 1)

Daftar Tumbuhan Langka Indonesia Yang Dilindungi (Bagian 1)

Tumbuhan dikatakan langka jika keberadaannya terancam punah. Selain itu, jumlahnya menurun dan sulit dijumpai. Indonesia kaya akan berbagai macam tumbuhan. Namun, keberadaan beberapa tumbuhan terancam punah.

Bunga Rafflesia arnoldii

bunga-rafflesia

Rafflesia arnoldii diketahui dunia pada abad ke-19. Bunga ini merupakan bunga raksasa. Rafflesia arnoldii terdapat di Sumatra dan Sarawak. Bunga ini biasanya tumbuh di hutan, bukit terjal dan lembap, serta jurang di bawah 1.300 meter. Bunga Rafflesia sangat mudah rusak. Bunga ini sering diburu para pencari kuncup dan bahan obat. Bunga Rafflesia sangat sulit dibudidayakan sehingga perlu dijaga dan dilestarikan. Bunga Rafflesia dilindungi hukum yang dikeluarkan untuk Bunga Nasional Yang Langka (Puspa Langka) di Indonesia.

Bunga Bangkai Raksasa

bunga-bangkai

Bunga bangkai (Amorphophalus titanium) juga merupakan bunga raksasa. Tinggi bunga ini bisa mencapai 3,3 m. Bunga bangkai raksasa ditemukan pada tahun 1878. Bunga ini tumbuh di hutan Sumatra. Bunga bangkai raksasa juga tumbuh di Kebun Raya Bogor. Umbi bunga dikirim langsung dari Sumatra. Tumbuhan ini jarang hidup lama karena umbi cenderung membusuk. Oleh karena itu, tumbuhan ini perlu dilindungi agar tetap ada dan lestari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>