Home » News » Berita Sains » Fosil Dinosaurus Berumur 75 Juta Tahun Ditemukan di Malaysia untuk Pertama Kalinya

Fosil Dinosaurus Berumur 75 Juta Tahun Ditemukan di Malaysia untuk Pertama Kalinya

fosil-dinosaurus-malaysiaUntuk pertama kalinya dalam sejarah, fosil dinosaurus yang berupa gigi ditemukan di wilayah Malaysia. Fosil gigi dinosaurus predator pemakan ikan ini diperkirakan berusia sedikitnya 75 juta tahun. Lokasi penemuan ini berada di wilayah Pahang, namun lokasi pastinya dirahasiakan demi alasan pelestarian. Tim ahli menyebut, temuan lainnya bisa saja terjadi di masa mendatang.

Temuan fosil ini diungkapkan oleh salah satu universitas di Malaysia, Univesity of Malaya. Satu tim yang terdiri atas ahli paleontologi dari Malaysia dan juga Jepang mendapat temuan fosil gigi yang berwarna gelap setelah melakukan penggalian selama nyaris 2 tahun. Para peneliti dari Waseda University dan Kumamoto University di Jepang juga ikut serta dalam proyek penggalian ini.

Para peneliti meyakini bahwa fosil gigi berukuran panjang 23 mm ini merupakan bagian dari seekor dinosaurus karnivora pemakan ikan yang disebut spinosaurid. Menurut para peneliti, fosil ini ditemukan di bebatuan sedimen dari era Mesozoic yang terjadi sekitar 145-75 juta tahun lalu.

Menurut para peneliti, diperkirakan masih banyak fosil dinosaurus yang tersisa di Malaysia. Para peneliti terus melanjutkan penelitian untuk melakukan investigasi lapangan yang lebih luas yang mungkin mengungkapkan lebih banyak temuan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>