Home » Sains » Fungsi zat gizi dalam makanan bagi tubuh manusia

Fungsi zat gizi dalam makanan bagi tubuh manusia

Zat-gizi-seimbangMakanan yang kita makan setiap hari mengandung berbagai macam zat gizi yang diperlukan oleh tubuh. Setiap zat gizi yang terkandung di dalam makanan mempunyai fungsi khusus (spesifik) bagi tubuh manusia. Oleh karena itu, sebaiknya kita mengkonsumsi makanan yang bergizi seimbang sesuai dengan aktivitas yang kita lakukan setiap hari. Secara umum, fungsi utama zat gizi dalam makanan bagi tubuh  dapat dibedakan menjadi 3 macam yaitu :

Zat gizi berfungsi sebagai sumber energi.

Zat gizi yang termasuk sumber energi adalah karbohidrat, lemak dan protein. Zat-zat gizi tersebut merupakan penghasil energi yang dapat dimanfaatkan untuk gerak dan aktifitas fisik serta aktifitas metabolisme di dalam tubuh. Zat gizi yang dapat menghasilkan energi terbesar dari ketiga  zat gizi tersebut adalah lemak. Namun lemak bukanlah sumber energi utama oleh karena untuk metabolisme lemak dibutuhkan kalori yang lebih tinggi untuk Specifik Dinamyc Action (SDA)nya. Contoh bahan pangan / makanan yang berfungsi sebagai sumber energi antara lain : Nasi, jagung, talas, singkong, ubi, gandum yang merupakan sumber karbohidrat; margarine dan mentega merupakan sumber lemak; dan kacang-kacangan, ikan, daging, telur dan sebagainya merupakan sumber protein.

Zat gizi berfungsi untuk pertumbuhan dan pembangun jaringan tubuh.

Zat gizi yang termasuk dalam kelompok ini adalah protein, lemak, mineral dan vitamin. Namun demikian, zat gizi yang memiliki peranan dominan dalam proses pertumbuhan adalah protein. Protein memiliki fungsi sebagai pembentuk sel-sel pada jaringan tubuh manusia. Jika kekurangan mengkonsumsi protein maka pertumbuhan dan perkembangan manusia akan terhambat. Selain itu, protein juga berfungsi untuk menggantikan sel-sel tubuh yang rusak dan mempertahankan fungsi organ tubuh.

Zat gizi berfungsi sebagai pengatur proses di dalam tubuh.

Proses metabolisme di dalam tubuh perlu pengaturan agar terjadi keseimbangan. Zat gizi yang berfungsi untuk mengatur proses metabolisme di dalam tubuh adalah mineral, vitamin, air, dan protein. Namun yang memiliki fungsi utama sebagai zat pengatur adalah mineral dan vitamin. Secara lengkap macam-macam zat gizi beserta fungsi dan contoh makanannya  dapat di download pada link berikut ini. Semoga bermanfaat!

Fungsi zat gizi dalam makanan bagi tubuh manusia download

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>