Home Sains Kegiatan Manusia Yang Dapat Mempengaruhi Keseimbangan Ekosistem (2)

Kegiatan Manusia Yang Dapat Mempengaruhi Keseimbangan Ekosistem (2)

1149
0
SHARE

Perusakan Terumbu Karang

Terumbu karang adalah salah satu jenis ekosistem di dalam laut. Ribuan jenis tumbuhan, ikan, dan makhluk hidup laut lainnya hidup di terumbu karang. Satu kelompok terumbu karang dapat menjadi tempat hidup bagi 3.000 spesies karang, siput, udang, dan ikan. Terumbu karang dapat dijumpai di perairan laut tropis. Terumbu karang terbesar adalah Karang Penghalang Besar (Great Barrier Reef) di Australia, yang memiliki bentang panjang 2.000 kilometer.

perusakan-terumbu-karang

Pada umumnya, terumbu karang di laut berumur antara 5.000 sampai dengan 10.000 tahun. Tua sekali bukan? Bahkan ada terumbu karang yang lebih tua lagi hingga jutan tahun yang dijumpai dalam keadaan mati.

Namun, keberadaan terumbu karang sekarang ini terancam kepunahan. Adanya pencemaran air mempengaruhi keseimbangan ekosistem terumbu karang. Hal ini semakin diperparah karena tindakan nelayan yang menggunakan peledak untuk menangkap ikan, sehingga dapat merusak formasi terumbu karang. Selain itu, jumlah karang semakin berkurang karena banyak diambil untuk dijual sebagai barang cinderamata.

Perburuan Hewan secara Liar

perburuan-hewan-liar

Perburuan binatang banyak dilakukan karena beberapa alasan. Ada yang berburu binatang karena sekadar hobi atau untuk kepentingan ekonomi. Kebanyakan hewan diburu untuk ditangkap kemudian dijual atau diambil daging dan kulitnya. Beberapa binatang langka yang menjadi sasaran para pemburu antara lain paus, harimau, buaya, kijang, badak, dan penyu. Namun, keberadaan terumbu karang sekarang ini terancam kepunahan. Adanya pencemaran air memengaruhi keseimbangan ekosistem terumbu karang. Hal ini semakin diperparah karena tindakan nelayan yang menggunakan peledak untuk menangkap ikan, sehingga dapat merusak formasi terumbu karang. Selain itu, jumlah karang semakin berkurang karena banyak diambil untuk dijual sebagai barang cinderamata.

Perburuan hewan secara liar menyebabkan penurunan jumlah hewan tersebut sehingga terancam punah. Hal ini akan memengaruhi siklus rantai makanan yang terjadi di alam. Akibatnya, keseimbangan ekosistem alam akan terganggu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here