Home » Pendidikan » Kenali 5 Ciri-Ciri Anak Yang Ketagihan Media Sosial
anak ketagihan gadget
Ilustrasi anak yang ketagihan media sosial (diambil dari http://www.vemale.com)

Kenali 5 Ciri-Ciri Anak Yang Ketagihan Media Sosial

Maslatip.com – Kecanduan atau adiksi media sosial pada anak-anak bisa menganggu proses belajar anak. Oleh karena itu, mari kita kenali ciri-ciri anak yang ketagihan media sosial seperti facebook, twitter, instagram, path, dan sebagainya. Kecanduan atau adiksi biasanya ditandai dengan kecenderungan untuk menarik diri dari lingkungan pergaulan untuk melakukan hal yang disukai.

Di era teknologi sekarang ini, penggunaan media sosial bisa dikatakan sudah menjadi rutinitas sehari-hari baik dikalangan anak-anak, remaja maupun orang dewasa. Pada beberapa orang, media sosial bahkan sudah menjadi candu atau membuat si penggunanya ketagihan.

Akibat dari ketagihan media sosial tersebut, tak sedikit orang yang cenderung cuek dengan keadaan sekitar dan lebih suka berkutat dengan gadgetnya. Bahkan, jika gadget tertinggal pun dunia terasa berakhir karena dianggap tidak bisa mengikuti update infromasi saat itu. Berikut ini beberapa ciri-ciri anak yang ketagihan media sosial hingga tak bisa lepas dari gadget.

1. Selalu mengecek news feed di sosial media tiap 5 menit

Ketika anaka-anak kerap mengecek berita terbaru di ranah media sosial demi mengetahui apa yang tengah terjadi dengan temannya di dunia maya, bisa jadi anak tersebut tengah kecanduan. Sebab, anak-anak bisa mengalami kondisi FOMO alias Fear of Missing Out.

Terlalu sering update status, mengubah keterangan dan mengganti foto profil seolah ingin selalu muncul di timeline adalah perilaku yang perlu diwaspadai sebagai gejala kecanduan media sosial.

2. Sering memotret makanan sebelum mengonsumsinya

Baik makan di rumah atau di restoran, kecanduan media sosial membuat Anda ingin memotret makanan tersebut dan mempublikasikannya di media sosial. Bisa dengan tujuan untuk menunjukkan keeksisan, sekadar sharing, atau bahkan pamer.

Perilaku pamer foto makanan di Instagram adalah hal yang biasa-biasa saja, wajar. Perilaku itu baru dianggap kelainan jika seseorang tidak melakukannya maka ia langsung pusing atau merasa ada sesuatu yang kurang.

3. Cemas luar biasa saat ponsel tertinggal di rumah

Bagaimana perasaan anak Anda jika ponsel tertinggal di rumah? Jika merasa sangat cemas bahkan panik, bukan karena khawatir ada telepon atau pesan penting, tetapi khawatir tertinggal informasi di media sosial, bisa jadi anak Anda mengalami FOMO yang dikombinasikan dengan nomophobia.

Profesor di Indiana University menemukan bahwa 89% mahasiswa di ruang kerjanya sering merasakan ada getaran di kantongnya seakan getaran ponsel, padahal saat itu ponsel mereka sama sekali tidak bergetar.

Kondisi ini sering berkaitan dengan kecemasan ketika menerima SMS, pesan singkat, email, atau update media sosial dari orang lain. Disarankan, matikan fungsi getar pada ponsel dan berkomitmenlah untuk mengecek ponsel di waktu-waktu tertentu.

4. Bersaing update info dengan teman

Salah satu tanda kecanduan media sosial yang kerap tak disadari pada anak-anak adalah merasa harus menyamai temannya di media sosial yang sering memposting sesuatu. Misalnya seberapa sering mereka check ini di suatu tempat atau seberapa banyak foto selfie yang mereka ambil.

5. Menarik diri dari pergaulan sosial

Jika anak Anda lebih memilih untuk asyik sendiri dengan gadget agar bisa mendapat informasi atau update status dari teman lainnya ketimbang bergaul secara nyata dengan temannya, kemungkinan anak Anda mulai ketagihan media sosial.

Anak yang kecanduan media sosial meski tetap bersosialisasi lewat internet tetapi kalau tidak bergaul di dunia nyata maka hal itu tidak bisa dibilang sehat. Demikian sekilas info pendidikan tentang ciri-ciri anak yang ketagihan media sosial, semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>