Home » Bank Soal » Kisi Kisi Soal Ujian Nasional (UN) SMP, SMA, SMK Terbaru
Ilustrasi siswa sedang mengerjakan Soal Ujian Nasional (UN) (foto : www.memobee.com)
Ilustrasi siswa sedang mengerjakan Soal Ujian Nasional (UN) (foto : www.memobee.com)

Kisi Kisi Soal Ujian Nasional (UN) SMP, SMA, SMK Terbaru

Maslatip.com – Berikut ini saya share kisi-kisi soal ujian nasional (UN) terbaru untuk jenjang SMP, SMA, dan SMK. Kisi kisi soal ujian nasional (UN) tersebut dapat Anda download melalui link pada bagian bawah postingan ini. Ujian Nasional (UN) bagi siswa jenjang Sekolah Menengah Pertama/sederajat (SMP) akan digelar pada 4-6 Mei 2015. Untuk siswa SMA dan SMK biasanya dialksanakan sebelum UN SMP. Diperkirakan siswa SMP/MTs peserta UN tahun ini berjumlah 4.001.427 siswa.

Seperti biasa, Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) selaku penyelenggara UN menerbitkan kisi-kisi UN. Kisi-kisi disusun berdasarkan Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar yang tercantum pada Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah.

Berbeda dengan tahun lalu, mulai tahun ini Pemerintah cq. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan tak menggunakan nilai UN untuk menentukan kelulusan siswa. Menurut Mendikbud Anies Baswedan, kelulusan siswa sepenuhnya menjadi wewenang sekolah. Sekolah akan menggelar ujian evaluasi dan ujian akhir sekolah untuk menentukan kelulusan siswa.

“Saya percayakan 100% kelulusan murid ditentukan oleh sekolah,” ujarnya dalam konferensi pers yang digelar di Gedung Ki Hadjar Dewantara, Kompleks Kemendikbud, Senayan, Jakarta, Jumat pagi, 23 Januari 2015.

Perubahan lain ihwal UN yaitu pemberian Surat Keterangan Hasil Ujian Nasional kepada siswa yang berhasil mendapatkan nilai UN yang memuaskan. Surat ditujukan kepada siswa dan orang tua siswa yang berisi nilai tes, kategorisasi/levelling dan deskripsi, dan diagnostik untuk perbaikan. Hasil tersebut akan diumumkan pada 10 Juni 2015.

Kisi kisi ujian ini penting untuk dicermati agar siswa dapat mengerjakan soal ujian dengan lancar dan bisa lulus. Setiap indikator dalam kisi-kisi hendaknya dibuatkan soal untuk latihan sebanyak 5-10 soal. Semakin banyak siswa latihan dan terbiasa mengerjakan soal ujian nasional maka akan menambah kepercayaan diri siswa sehingga bisa mendapatkan hasil yang memuaskan. Belajar, latihan, dan doa adalah kunci keberhasilan ujian nasional (UN). Berikut ini link download kisi-kisi Soal Ujian Nasional (UN) untuk SMP, SMA, dan SMK. Terima kasih atas kunjungan Anda dan semoga bermanfaat.

Kisi kisi Soal Ujian Nasional (UN) SMP, SMA, Dan SMK 2015 download

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>