Home » Sains » Konduktor Dan Isolator Panas

Konduktor Dan Isolator Panas

gambar-konduktor

Konduktor dan isolator panas banyak dibutuhkan dalam kehidupan manusia. Konduktor panas adalah benda yang dapat menghantarkan panas dengan baik dan isolator panas adalah benda yang tidak dapat menghantarkan panas. Contoh bahan konduktor adalah ujung solder yang terbuat dari besi, bagian bawah setrika yang terbuat dari logam, sendok stainless steel, panci dan wajan yang terbuat dari aluminium. Sedangkan contoh bahan isolator adalah gagang solder yang terbuat dari plastik, gagang setrika arang yang terbuat dari kayu dan kain.

Bagaimana dengan kemampuan benda dalam menghantarkan listrik? Apakah benda yang termasuk konduktor dan isolator panas juga termasuk konduktor dan isolator listrik? Sama halnya seperti panas, listrik juga dapat merambat. Listrik dapat mengalir dalam suatu rangkaian karena adanya penghantar. Penghantar yang biasanya digunakan adalah kabel. Bahan kabel terbuat dari tembaga karena tembaga dapat menghantarkan listrik dengan baik. Kabel biasanya disemilimuti oleh bahan karet yang tidak bisa menghantarkan listrik. Tembaga dan karet merupakan contoh bahan konduktor dan isolator listrik.

Proses rambatan panas pada konduktor dan isolator panas

Sebelum lebih jauh membahas konduktor dan isolator panas, alangkah baiknya kita mengetahui apakah panas itu. Panas adalah salah satu bentuk energi. Salah satu sifat panas adalah dapat berpindah tempat, yaitu dari sumber panas ke tempat lain yang lebih dingin. Contohnya air yang dimasak di dalam cerek dan diletakkan di atas bara api lama-kelamaan menjadi panas hingga akhirnya mendidih. Mengapa demikian? Api merupakan sumber panas. Panas dari api berpindah melalui cerek menuju air dan menyebabkannya mendidih. Perpindahan panas ini dapat terjadi karena adanya suatu penghantar. Dalam hal ini, panci berperan sebagai penghantar panas.

gambar-konduktor-dan-isolatorKita menjumpai beraneka macam benda dalam kehidupan sehari-hari baik di rumah, di sekolah, maupun di lingkungan sekitar kita. Benda yang ada di alam ini dikelompokkan menurut bentuk, sifat bahan penyusunnya, kegunaannya, dan kemampuannya dalam menghantarkan panas. Kemampuan setiap benda dalam menghantarkan panas pun berbeda-beda. Ada benda yang mudah menghantarkan panas (konduktor), dan ada juga benda yang sulit bahkan tidak dapat menghantarkan panas (isolator). Konduktor dewasa ini semakin berkembang seiring dengan kemajuan teknologi dan ilmu pengetahuan. Bahan konduktor sekarang bisa dibedakan lagi menjadi semi konduktor dan super konduktor. Konduktor dan isolator panas telah banyak dikembangkan dan disatukan untuk keperluan sehari-hari seperti untuk pembuatan setrika, solder, panci, dan magicjar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>