Home » Sains » Macam Macam Gerhana Bulan
Ilustrasi gambar gerhana bulan yang sering dikaitkan dengan berbagai mitos yang tidak benar secara ilmiah (sumber gambar : depoknews.com)
Ilustrasi gambar gerhana bulan yang sering dikaitkan dengan berbagai mitos yang tidak benar secara ilmiah (sumber gambar : depoknews.com)

Macam Macam Gerhana Bulan

Maslatip.com – Dilansir dari berbagai sumber, berikut ini saya jelaskan tentang macam macam gerhana bulan. Macam macam gerhana bulan ini didasarkan pada keadaan saat fase puncak gerhana bulan. Secara umum, ada 3 macam gerhana bulan yang dikenal oleh sebagian besar masyarakat, walaupun ada yang membedakannya menjadi 4 macam gerhana bulan. Ini dia macam macam gerhana bulan yang saya maksud.

Gerhana Bulan Total

Gerhana bulan total terjadi jika saat fase maksimum gerhana, keseluruhan bulan masuk ke dalam bayangan inti / umbra bumi. Atau dengan kata lain gerhana bulan total terjadi jika seluruh bagian bulan masuk dalam daerah bayangan umbra bumi. Gerhana bulan total ini maksimum durasinya bisa mencapai lebih dari 1 jam 47 menit. Ketika terjadi gerhana bulan total bulan akan tampak menjadi suram kemerahan.

Warna bulan yang berubah merah ini kemudian dikenal dengan sebutan gerhana bulan merah atau gerhana bulan darah (blood moon). Gerhana bulan merah ini sering dikaitkan dengan mitos tertentu di kalangan masyarakat. Mitos gerhana bulan merah ini kebenarannya tidak bisa dibuktikan secara ilmiah. Lalu, mengapa bulan menjadi tampak merah? bukankah seharusnya bulan tampak gelap karena tertutup oleh bayangan umbra bumi? Untuk menjawabnya silahkan Anda membaca artikel tentang Fakta Gerhana Bulan Merah dalam blog ini.

Gerhana Bulan Sebagian

Gerhana bulan sebagian terjadi jika hanya sebagian bulan saja yang masuk ke daerah umbra bumi, dan sebagian lagi berada dalam bayangan tambahan / penumbra bumi pada saat fase maksimumnya. Atau dengan kata lain gerhana bulan sebagian terjadi jika separuh bagian bulan berada dalam umbra bumi, sedangkan separuh bagian bulan yang lain berada dalam penumbra bumi. Pada saat terjadi gerhana bulan sebagian, bulan akan tampak bersinar sebagian.

Gerhana Bulan Penumbra

Pada gerhana bulan penumbra ini, seluruh bagian bulan berada di bagian penumbra sehingga bulan masih dapat terlihat dengan warna yang suram.

Ilustrasi gambar macam-macam gerhana bulan (sumber : rumushitung.com)

Ilustrasi gambar macam-macam gerhana bulan (sumber : rumushitung.com)

Selain 3 macam gerhana yang telah dijelaskan tersebut, ada satu lagi macam gerhana yang ditambahkan oleh sebagian orang untuk melengkapinya, yaitu gerhana bulan penumbra sebagian. Gerhana bulan ini terjadi jika hanya sebagian bulan saja yang memasuki bayangan penumbra bumi.

Gerhana bulan terjadi pada malam hari dan saat bulan purnama. Namun, tidak setiap bulan purnama selalu terjadi gerhana bulan. Gerhana bulan hanya terjadi jika posisi matahari, bumi, dan bulan satu garis lurus. Untuk lebih memahaminya, Anda bisa membaca terlebih dahulu artikel pengertian gerhana bulan pada blog ini. Demikian penjelasan dan uraian singkat tentang macam macam gerhana bulan dan semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>