Home Sains Manfaat Bagian Tubuh Hewan Bagi Kehidupan Manusia

Manfaat Bagian Tubuh Hewan Bagi Kehidupan Manusia

8856
0
SHARE

Masyarakat biasanya mengambil daging hewan untuk dikonsumsi. Namun, dengan kemajuan zaman, makin banyak bagian tubuh hewan yang digunakan. Padahal ancaman kepunahan terhadap keanekaragaman hayati di dunia sudah mengkhawatirkan karena jumlahnya di alam tinggal sedikit.

Beberapa contoh hewan darat yang terancam punah antara lain panda, harimau, badak, koala, dan gajah. Hewan-hewan tersebut terancam punah karena banyak diburu oleh manusia. Perburuan hewan dilakukan atas berbagai alasan yang hanya untuk kepentingan manusia semata. Manusia tidak memerhatikan bahwa dampak yang akan terjadi ternyata sangat merugikan kelangsungan hidup organisme yang bersangkutan.

Harimau

harimau

Harimau diburu karena khasiatnya. Bola mata harimau dianggap sebagai obat epilepsi dan malaria. Bulunya dipercaya sebagai obat sakit gigi. Otaknya digunakan orang sebagai obat jerawat. Lemaknya dikatakan sebagai obat rematik. Kukunya dapat berkhasiat mengatasi insomnia. Ekornya dipercaya sebagai obat penyakit kulit. Selain itu, bulunya dapat dijadikan bahan pakaian atau mantel.

Badak

badak

Badak di Asia Timur diburu karena cula badak dianggap berkhasiat sebagai obat. Di Timur Tengah, cula badak sering digunakan untuk membuat gagang pedang bernilai tinggi.

Gajah

gajah

Gajah banyak diburu untuk diambil gadingnya. Gading gajah memiliki nilai jual yang tinggi. Harga gading gajah mahal. Gading gajah dijadikan barang kerajinan tangan maupun benda dekorasi penghias rumah. Para pemburu gajah sering menangkap dan membunuh gajah hanya untuk mengambil gadingnya saja. Perburuan gading gajah yang terus meningkat mengancam keberadaan gajah.

Ular dan Buaya

ular-buaya

Ular dan buaya juga sering diburu untuk diambil kulitnya. Kulit ular dan buaya digunakan sebagai bahan baku pembuatan tas, ikat pinggang, dan dompet.

Cenderawasih

cenderawasih

Burung cenderawasih banyak diburu untuk diambil bulunya. Bulu burung cenderawasih dan merak sangat indah. Bulu cenderawasih digunakan sebagai hiasan pada topi. Suku Asmat di Irian Jaya menggunakan bulu cenderawasih sebagai penghias kepala. Burung cenderawasih termasuk kelompok hewan yang dilindungi karena keberadaannya yang sudah sangat sedikit. Selain itu, burung cenderawasih hanya dapat dijumpai di daerah Irian Jaya.

Burung Merak

merak

Burung merak banyak diburu untuk diambil bulunya. Bulu burung merak digunakan sebagai penghias reog. Keberadaan burung merak semakin sedikit karena terus diburu. Bahkan sekarang ini, para seniman reog harus mendatangkan bulu merak dari India untuk menghias topeng mereka. Hal ini dikarenakan bulu merak susah diperoleh karena jumlah merak berkurang.

Kepunahan hewan langka berakibat buruk pada kelestarian jenis hewan tersebut. Selain itu, kepunahan hewan dapat menyebabkan keseimbangan ekosistemnya terganggu karena terputusnya rantai makanan. Hal ini dapat dicegah dengan menghentikan perburuan liar dan membudidayakan hewan tersebut. Budidaya dapat dilakukan secara alami atau menggunakan teknologi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here