Home » Sains » Manfaat Bahan Konduktor dan Isolator Panas

Manfaat Bahan Konduktor dan Isolator Panas

Manfaat-bahan-konduktor-dan-isolator-panasContoh manfaat bahan konduktor dan isolator panas adalah sebagai bahan pembuatan setrika listrik, kompor listrik, dan solder. Berikut ini penjelasan singkat tentang manfaat bahan tersebut.

Setrika

Manfaat bahan konduktor dan isolator panas pada setrika listrik yaitu digunakan sebagai bagian dasar (konduktor) dan pegangan (isolator). Setrika adalah alat yang digunakan untuk menghaluskan pakaian dengan menggunakan energi panas. Sebuah setrika dibuat dari beberapa bahan, baik bahan konduktor maupun isolator panas. Bahan konduktor yang digunakan berupa logam, yang terdapat di bagian dasar setrika. Oleh karena itu, panas dari sumber panas, misalnya listrik, dapat dipindahkan ke pakaian yang digosok.

Jika bagian dasar setrika berupa bahan konduktor panas, lain halnya dengan bagian paling atas setrika. Bagian ini berupa pegangan setrika. Pegangan setrika terbuat dari kayu atau plastik, yang merupakan bahan isolator, sehingga tangan kita tidak merasa panas saat menggosok.

Kompor Listrik

Manfaat bahan koduktor dan isolator panas juga dapat kita temui pada peralatan kompor listrik. Kompor listrik adalah suatu alat yang digunakan untuk memasak, yang memiliki bagian yang terbuat dari bahan konduktor dan isolator. Bahan konduktor pada alat ini terdapat pada lilitan kawat yang melingkar di dalam kompor. Ketika bahan ini memperoleh panas dari sumbernya, yaitu listrik, lilitan kawat akan menjadi panas bahkan hingga berpijar. Panas inilah yang digunakan untuk memasak. Sementara itu, bagian di luar lilitan kawat hingga tombol pemutar terbuat dari bahan isolator.

Solder

Solder banyak digunakan di bengkel elektronika atau tempat untuk memperbaiki alat-alat elektronika. Solder digunakan untuk menyolder atau mematri, yaitu membuat sambungan pada komponen-komponen elektronika. Logam yang digunakan untuk mematri adalah bahan konduktor, sehingga dapat menghantarkan panas dari sumber panas. Pegangan pada solder merupakan bahan isolator untuk menahan panas agar tidak sampai ke tangan kita.

Peralatan Memasak

Kegiatan memasak di dapur sangat berhubungan dengan panas. Oleh karena itu, perlu berhati-hati ketika berhubungan dengan sumber panas. Alat-alat masak memanfaatkan bahan konduktor dan isolator panas. Bahan konduktor diperlukan agar dapat menghantarkan panas dari sumbernya sehingga dapat mematangkan masakan. Sementara itu, bahan isolator dapat digunakan sebagai perlindungan pada tangan kita agar tidak merasa panas.

gambar-konduktor

Beberapa alat sudah dirancang sedemikian rupa untuk keperluan tersebut. Sendok sayur, pressure cooker atau panci tekan, dan wajan biasanya terbuat dari bahan isolator khusus pada bagian ujungnya sebagai pegangan. Hal ini memberi kenyamanan selama memasak, karena tangan tidak panas ketika memegang alat-alat tersebut.

Jika sebuah sendok sayur terbuat dari logam di seluruh bagiannya. Akan repot sekali karena harus menggunakan serbet sebagai penahan panas selama proses mengaduk masakan. Demikian pula pada sendok nasi dan spatula. Keduanya terbuat dari bahan isolator yaitu plastik atau kayu yang berguna untuk menahan panas. Jadi, tangan kita tidak kepanasan saat mengambil nasi. Demikian penjelasan singkat tentang manfaat bahan konduktor dan isolator panas dalam kehidupan sehari-hari dan semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>