Home » Sains » Mengapa bulan dapat terlihat ketika siang hari?

Mengapa bulan dapat terlihat ketika siang hari?

bulan-terlihat-siang-hari

Anak-anak biasanya mempunyai anggapan bahwa bulan hanya dapat terlihat ketika malam hari. Hal ini mungkin karena anggapan bahwa ketika siang hari cahaya pantulan bulan kalah terang dengan cahaya matahari yang menyinari bumi, sedangkan ketika malam bagian bumi tidak terkena cahaya matahari sehingga bulan tampak terang bercahaya.

Namun, mengapa pada siang hari kita juga sering melihat bulan dengan mata biasa tanpa alat bantu? Ada dua faktor yang mungkin menyebabkan bulan terlihat ketika siang hari yaitu:

Faktor Kecerahan Bulan

Bulan merupakan benda langit yang paling terang kedua setelah matahari. Bulan merupakan satelit alami bumi yang paling dekat letaknya dengan bumi. Matahari mengeluarkan cahaya sendiri karena proses pembakaran sejumlah besar hidrogen sehingga dapat menghasilkan cahaya yang sangat terang dan walapun letaknya jauh bisa sampai ke bumi.

Lain halnya dengan matahari, bulan tidak bisa mengeluarkan cahaya matahari sendiri. Akan tetapi bulan dapat menyerap dan memendarkan cahaya matahari (istilah mudahnya memantulkan cahaya matahari). Permukaan bulan yang terdiri dari silikat pada dasarnya seolah-olah seperti cermin besar yang memantulkan cahaya matahri dari sisi lain bumi.

Orbit Bulan Di Sekitar Bumi (bulan mengelilingi bumi)

Pada fase bulan purnama, bulan persis diseberang matahari, namun ketika fase bulan baru, bulan berada di ‘depan’ matahari. Hal ini membuat bulan tidak terlihat pada malam hari tetapi membuatnya terlihat di siang hari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>