Home Sains Mengapa Ikan Laut tidak bisa hidup di air tawar?

Mengapa Ikan Laut tidak bisa hidup di air tawar?

2507
0
SHARE

Air laut mengandung banyak garam sehingga konsenterasi larutan garamnya lebih tinggi bila dibandingkan konsenterasi cairan di dalam sel ikan. Hal ini menyebabkan air di dalam sel akan berpindah secara osmosis keluar sel sehingga sel ikan akan kehilangan air. Untuk mengganti air yang hilang ikan laut beradaptasi dengan cara banyak minum air sehingga jumlah air di dalam sel tetap stabil.

Air tawar mempunyai konsenterasi garam yang lebih rendah dibandingkan air laut. Dengan kata lain, konsenterasi air tawar lebih rendah dibandingkan cairan di dalam sel. Apabila ikan laut dipindahkan ke air tawar maka air dari luar sel akan banyak yang masuk ke dalam sel. Sedangkan ikan laut sudah beradaptasi dengan banyak minum.

Hal ini akan mengakibatkan sel penuh dengan air. Karena sel hewan tidak punya dinding sel, maka sel akan pecah. Peristiwa pecahnya sel disebut plasmolisis. Sel yang mengalami plasmolisis tidak bisa menjalankan aktivitas kehidupan. Dengan demikian, ikan laut yang dipindah ke air tawar akan mati.

plasmolisis pada sel hewan

Keterangan gambar :

  1. Larutan Hipertonik : Larutan yang konsenterasinya lebih tinggi dari cairan dalam sel
  2. Larutan Isotonik : Larutan yang konsenterasinya sama dengan cairan dalam sel
  3. Larutan Hipotonik : Larutan yang konsenterasinya lebih rendah dari cairan dalam sel

Sumber : Campbell, Reece, & Mitchell, 2002 : 149

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here