Home » Sains » Mengapa ketika akan turun hujan udara terasa panas?

Mengapa ketika akan turun hujan udara terasa panas?

awan-hitam-putihFenomena yang biasa dialami ketika awan dilangit terlihat hitam, yang merupakan pertanda akan turun hujan adalah udara disekitar terasa panas. Bahkan bisa menyebabkan tubuh kita gerah dan berkeringat. Mengapa bisa demikian? Padahalkan matahari tertutup awan sehingga seharusnya tidak terasa panas? Berikut ini jawaban dan penjelasan dari pertanyaan tersebut.

Ketika awan terlihat hitam (mendung), terjadi proses perubahan uap air (gas) berubah menjadi air (cair). Pada proses terjadinya mendung ini dilepaskan sejumlah panas (kalor) ke udara. Awan yang berwarna hitam gelap (mendung) biasanya tidak terlalu tinggi dibandingkan awan yang putih, sehingga semakin dekat jaraknya ke permukaan bumi, efek panas yang dilepaskan semakin terasa. Kondisi ini akan lebih panas jika sebelumnya matahari bersinar terik, sehingga panas yang kita rasakan adalah akumulasi dari pelepasan energi dari perubahan fase uap air menjadi air dan energi panas sisa yang dipancarkan bumi.

Lalu, mengapa mendung terlihat hitam ya? Awan yang berwarna hitam atau sering disebut mendung merupakan kumpulan air dan es yang sangat banyak sehingga cahaya matahari tidak bisa menembusnya sampai ke permukaan bumi. Akibatnya awan akan tampak hitam (gelap) jika dilihat dari permukaan bumi. Tetapi jika kita melihat awan dari atas awan, maka akan terlihat putih karena tersinari oleh cahaya matahari.

Demikian jawaban singkat atas fenomena udara panas saat akan terjadi hujan. Bagi sobat yang punya pengetahuan lebih bisa berbagi ilmunya dengan mengirim tulisan di blog ini. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*