Home News Info Kesehatan Mengapa Merokok Menjadi Penyebab Penyakit Jantung?

Mengapa Merokok Menjadi Penyebab Penyakit Jantung?

296
0
SHARE

efek-racun-dalam-rokok

Secara umum, hampir semua organ di dalam tubuh dapat dirusak oleh asap rokok, termasuk jantung. Hal ini karena di dalam satu batang rokok mengandung 4.000 senyawa kimia yang 40 diantaranya termasuk racun dan karsinogenik (bisa menyebabkan kanker). Racun dalam rokok dapat merusak sistem kerja normal jantung seseorang baik sebagai perokok aktif maupun perokok pasif. Untuk mengetahui bagaimana mekanisme proses perusakan jantung oleh rokok maka sebaiknya kita memahami terlebih dahulu tentang cara kerja jantung.

Jantung bertanggung jawab untuk melakukan berbagai fungsi, yang terpenting adalah fungsi untuk memompa darah ke seluruh tubuh. Jantung menyediakan darah beroksigen ke jaringan dan organ tubuh. Oksigenasi dari darah pada dasarnya adalah proses penggabungan oksigen dengan darah, yang merupakan fungsi dari paru-paru. Jantung sisi kanan mengambil darah yang tidak mengandung oksigen dan memompanya ke paru-paru untuk proses oksigenasi, dan jantung sisi kiri menerima darah kembali dari paru-paru yang telah mengandung oksigen. Kemudian darah yang mengandung oksigen ini akan dipompa oleh otot jantung ke seluruh tubuh untuk jaringan dan berbagai organ.

Merokok menjadi salah satu penyebab penyakit jantung karena racun dalam rokok apabila masuk ke dalam tubuh maka akan dapat merusak sistem kerja normal jantung tersebut. Ada dua bahan kimia yang menjadi penyebab penyakit jantung dan terkandung dalam sebatang kecil rokok, yakni adalah karbonmonoksida dan nikotin.

Seseorang yang merokok baik aktif maupun pasif, maka akan menghirup karbonmonoksida. Karbonmonoksida akan menempel pada hemoglobin darah. Hemoglobin bertanggung jawab untuk pengangkutan oksigen ke seluruh tubuh. Karbonmonoksida yang menempel pada hemoglobin akan mengurangi oksigen dan dengan demikian mengurangi kemampuan hemoglobin untuk mengangkut oksigen ke jantung dan seluruh organ tubuh manusia. Dengan berkurangnya oksigen yang diedarkan maka sel-sel tubuh akan kekurangan suplai oksigen sehingga tidak bisa menghasilkan energi yang berakibat pada gangguan fungsi sel-sel tubuh.

Nikotin bisa merangsang produksi adrenalin dalam tubuh dan ini menyebabkan jantung berdetak lebih cepat dan meningkatkan tekanan darah.
Rokok juga mempengaruhi jantung dengan dampaknya terhadap produksi kolesterol. Merokok meningkatkan produksi LDL (low-density lipoprotein) yang merupakan kolesterol jahat, dan mengurangi produksi HDL (high-density lipoprotein) yang merupakan kolesterol baik.

Menjadi perokok aktif atau perokok pasif untuk jangka panjang dapat menimbulkan bahaya serius pada jantung Anda. Tekanan darah melonjak dan jantung harus bekerja lebih keras setiap hari. Kolesterol menyebabkan penyempitan dan pengerasan pembuluh darah, dan kemudian mencegah aliran oksigen ke jantung dan seluruh tubuh. Oleh karena itu, jantung akan bekerja sangat ekstra hingga dapat menyebabkan serangan jantung. Dari uraian tersebut semakin jelas bahwa merokok menjadi salah satu penyebab penyakit jantung yang harus dihindari.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here