Home » Sains » Mengapa penguin bisa menyelam di air dalam waktu lama?

Mengapa penguin bisa menyelam di air dalam waktu lama?

Maslatip.com – Penguin merupakan anggota kelompok burung (aves) yang bernafas dengan paru-paru tetapi bisa menyelam di air dalam waktu yang lama. Tahukah kamu, mengapa penguin bisa menyelam di air dalam waktu lama? Ternyata, ada beberapa ciri khusus yang dimiliki oleh penguin sehingga bisa menyelam di air dengan cukup lama. Hal ini berkaitan dengan proses adaptasi penguin terhadap habitatnya. Berikut penjelasan singkat tentang jawaban mengapa penguin dapat menyelam di air dalam waktu yang lama.

Penguin memang perenang dan penyelam yang hebat. Penguin mampu berenang dengan kecepatan 6 hingga 12 km/jam bahkan pernah tercatat hingga 27 km/jam. Penguin berukuran kecil biasanya menyelam selama satu hingga dua menit untuk menangkap makan, namun tahukah kamu penguin berukuran besar yaitu penguin emperor dapat menyelam selama 22 menit sedalam 565 meter hanya dalam satu tarikan napas. Berita sains terbaru hasil penelitian menunjukkan penguin emperor dapat menyelam selama 27 menit. Lama sekali bukan? Padahal penguin bernafas dengan paru-paru.

Saat bernapas, penguin menghirup oksigen lalu oksigen tersebut akan ditampung ke dalam darah. Jantung lalu bertugas mengedarkan ke seluruh tubuh. Nah, menurut penelitian, jawaban mengapa penguin bisa menyelam di air dalam waktu lama adalah karena darah penguin dapat menyimpan oksigen dalam jumlah yang banyak. Selama menyelam, penguin dapat memperlambat kerja jantungnya untuk mengalirkan darah. Sehingga oksigen di dalam tubuhnya tidak cepat habis terpakai.

Penguin dapat menyelam lama di air

Gambar Penguin Menyelam Di Air (diambil dari : www.dailymail.co.uk)

Penguin adalah atlet akrobatik laut. Mereka dapat terus menyelam dalam periode yang lama karena mempunyai kendali luar biasa terhadap bagaimana dan kapan otot mereka membutuhkan oksigen. Riset terbaru menunjukkan bahwa penguin dapat memilih dua teknik penggunaan oksigen. Mereka dapat membiarkan otot kekurangan oksigen atau justru memberinya oksigen tambahan untuk menjaga otot tetap bekerja dan membantu mereka melakukan penyelaman yang luar biasa.

Penguin memiliki kelenturan atau variabilitas atas apa yang mereka lakukan ketika menyelam. Untuk mengetahui bagaimana penguin dapat menyelam lama hanya dengan satu tarikan napas, para ilmuwan mendesain sebuah alat khusus untuk memonitor level oksigen dalam otot penguin selama mereka menyelam di perairan McMurdo Sound, Antartika. Pengamatan dilakukan terhadap tiga penguin emperor dan 50 penyelaman, dengan kedalaman 7-64 meter dan berlangsung 2,3-11,4 menit.

Ketika penguin menghentikan sepenuhnya aliran darah ke otot, otot hanya mengandalkan pasokan yang ada, sedangkan oksigen darah dialihkan untuk bagian tubuh lain, seperti otak dan jantung. Dalam penyelaman lain, para ilmuwan melihat adanya peningkatan setelah penurunan pasokan oksigen awal. Mereka yakin bahwa secara selektif penguin mengirim oksigen ekstra dari darah ke otot sehingga tidak kelelahan. Mereka hanya melakukan hal ini dalam waktu terbatas, sehingga kadar oksigen darah terlalu rendah bagi seluruh tubuh. Pada akhirnya penguin harus kembali muncul ke permukaan air untuk menghirup udara.

Menghentikan suplai oksigen ke otot memaksa mereka mulai menciptakan energi menggunakan respirasi anaerob, yang dilakukan tanpa oksigen. Hal ini mempunyai sisi buruk, karena otot akan memproduksi asam laktat yang dapat menjadi racun dalam dosis tinggi. Demikian penjelasan tentang alasan dan penyebab “mengapa penguin bisa menyelam di air dalam waktu lama”.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>