Home Pendidikan Modifikasi Wayang Kulit Sebagai Media Ajar IPA Materi Rangka Kelas 4 SD

Modifikasi Wayang Kulit Sebagai Media Ajar IPA Materi Rangka Kelas 4 SD

810
0
SHARE

Wayang-RangkaMedia pembelajaran mempunyai peranan yang sangat besar dalam keberhasilan pembelajaran IPA untuk siswa Sekolah Dasar (SD). Siswa SD (usia 6-12 tahun) bila dilihat dari perkembangan kognitif, termasuk dalam tahapan operasional konkrit. Anak-anak akan lebih mudah memahami sesuatu bila dihadapkan pada suatu hal yang nyata. Belajar berdasarkan masalah yang nyata akan memberikan pengalaman yang tinggi nilainya kepada anak didik. Tidak semua bahan pelajaran yang diberikan di sekolah memuat objek yang dekat dengan keseharian siswa. Guru perlu menyediakan media berupa gambar atau alat peraga/percobaan agar siswa mudah dalam memahami materi pelajaran.

Salah satu materi yang kurang dipahami siswa adalah materi rangka tubuh pada manusia. Model rangka tubuh manusia sulit dibuat oleh guru dan memerlukan biaya yang cukup banyak. Perlu adanya suatu media yang menarik, mudah dibuat, dan membutuhkan biaya yang sedikit. Media ini diperlukan agar pemahaman siswa terhadap konsep rangka tubuh manusia dapat tercapai.

Wayang kulit sebagai produk budaya lokal bila dilihat dari struktur morfologinya memiliki potensi untuk dijadikan sebagai media pembelajaran IPA materi rangka tubuh manusia. Struktur morfologinya menggambarkan tubuh manusia seperti mulut, hidung, tangan, kaki, dan persendian di tangan atau pun kaki.

Wayang merupakan simbol perwatakan manusia sehingga struktur gambarnya tidak sesuai dengan struktur fisik manusia sesungguhnya. Misalnya mulut yang sangat lebar untuk tokoh raksasa menggambarkan manusia jahat. Naga atau ular menggambarkan perilaku manusia yang seperti naga atau ular. Perlu adanya modifikasi gambar pada wayang agar dapat dijadikan sebagai media pembelajaran untuk materi rangka tubuh manusia.

Modifikasi wayang kulit yang dilakukan terdiri dari modifikasi gambar dan bahan pembuatannya. Gambar yang terdapat pada wayang diganti dengan gambar rangka tubuh manusia dengan tetap memperhatikan unsur persendian pada tangan dan kaki. Antar tulang yang satu dengan yang lainnya disambungkan dengan benang jahit. Bahan yang digunakan diganti dengan kertas HVS putih, kertas karton dan lidi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here