Home » Bank Soal » Pembahasan Soal OSN Olimpiade Kimia SMA 2013

Pembahasan Soal OSN Olimpiade Kimia SMA 2013

Kandungan Senyawa dalam “Surawung” [31 poin]

Bandung, Jawa Barat, terkenal akan makanan khasnya yaitu “lalab” atau lalapan dan sambal. Salah satu daun-daunan khas yang ada dalam komposisi “lalab” adalah daun “surawung” (dalam bahasa Sunda) atau daun kemangi (dalam bahasa Indonesia) dengan bahasa Latin Ocimum citriodorum. Daun ini banyak mengandung khasiat, diantaranya adalah mengandung zat antioksidan, menangkal radikal bebas, membantu pertumbuhan tulang, melancarkan aliran darah, meningkatkan kekebalan tubuh dan mencegah bau mulut maupun bau badan. Senyawa-senyawa yang terkandung dalam daun kemangi sebagian besar tergolong minyak atsiri dan golongan fenolik. Tak hanya atsiri, daun kemangi juga mengandung sejumlah senyawa penting antara lain: senyawa 1-8-sineol, zat arigin, senyawa anetol, zat flavonoid, boron, stigmasterolnya, eugenol, betakaroten, magnesium, zat triptofan, dan masih banyak lagi lainnya. Beberapa senyawa fenolik yang bersifat antioksidan yang terkandung dalam daun kemangi ditampilkan pada gambar di bawah ini.

struktur-fenolik-kemangi

Gambarkan struktur produk hidrolisis asam rosmarinat dalam suasana asam.

Jawaban :

struktur asam rosmarinatTuliskan reagen pereduksi yang sesuai untuk mereduksi gugus karboksilat menjadi gugus hidroksil dalam struktur asam litospermat dan gambarkan struktur produk tereduksinya tersebut.

Jawaban :

struktur asam litospermatUrutkan kereaktifan senyawa terhadap reaksi tersebut mulai dari yang paling reaktif dan jelaskan!

Jawaban :

urutan kereaktifan asamUntuk pembahasan selengkapnya dapat diunduh dengan cara mengikuti link download berikut ini.

Pembahasan Soal OSN Kimia SMA 2013 download

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*