Home » Sains » Pengertian Dan Macam Macam Gerhana Matahari
Ilustrasi proses terjadinya Gerhana Matahari (foto : mashable.com)
Ilustrasi proses terjadinya Gerhana Matahari (foto : mashable.com)

Pengertian Dan Macam Macam Gerhana Matahari

Maslatip.com – Pada artikel sains kali ini saya akan berbagi ilmu tentang pengertian gerhana matahari, macam macam gerhana matahari, dan proses terjadinya gerhana matahari. Berikut penjelasan singkat yang dapat saya sampaikan tentang gerhana matahari.

Pengertian Gerhana Matahari

Gerhana Matahari adalah peristiwa ketika terhalanginya cahaya Matahari oleh Bulan sehingga tidak semuanya sampai ke Bumi. Peristiwa yang merupakan salah satu akibat dinamisnya pergerakan posisi Matahari, Bumi dan Bulan ini hanya terjadi pada saat fase bulan baru dan dapat diprediksi sebelumnya.

Gerhana Matahari terjadi ketika posisi bulan terletak di antara Bumi dan Matahari sehingga menutup sebagian atau seluruh cahaya Matahari. Walaupun Bulan lebih kecil, bayangan Bulan mampu melindungi cahaya Matahari sepenuhnya karena Bulan yang berjarak rata-rata jarak 384.400 kilometer dari Bumi lebih dekat dibandingkan Matahari yang mempunyai jarak rata-rata 149.680.000 kilometer. Berikut saya tampilkan gambar skema singkat tentang proses terjadinya gerhana matahari.

Gambar skema proses terjadinya gerhana matahari (sumber : gloria-project.eu)

Gambar skema proses terjadinya gerhana matahari (sumber : gloria-project.eu)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>