Home News Berita Sains Penguin Emperor Mampu Menyelam Selama 27 Menit

Penguin Emperor Mampu Menyelam Selama 27 Menit

33
0
SHARE

Maslatip.com – Hasil penelitian terbaru mengungkapkan bahwa penguin emperor atau penguin kaisar (Aptenodytes forsteri) bisa menyelam dalam waktu yang cukup lama. Hewan bangsa burung yang tidak mampu terbang ini mampu menyelam di laut hingga durasi 27 menit. Hewan ini bisa menyelam di kedalaman 500 meter serta berada di bawah permukaan air selama hampir setengah jam, yang lebih kuat dan lama dibandingkan spesies burung lainnya.

Penguin emperor merupakan species penguin terbesar dengan tinggi mencapai 1,1 meter dan berat 35 kilogram atau lebih. Peneliti dari University of California akan mempresentasikan temuan baru mereka di International Penguin Conference (IPC), yang dimulai di Bristol. Ini merupakan konferensi pertama yang digelar di Eropa, yang melibatkan 200 delegasi dari 30 negara.

Penguin Kaisar

Gambar Penguin Emperor Menyelam Di Laut (diambil dari : http://techno.okezone.com)

Alexandra Wright dan Paul Ponganis meneliti respon denyut jantung dari penguin kaisar ketika hewan ini mencari makan dari Cape Washington Colony di Antartika. Peneliti mengukur denyut jantung menggunakan perekaman elektrokardiogram (EKG) dan melihat perilaku menyelam dengan alat time depth recorder (TDR).

Tim menemukan bahwa penguin bisa memperlambat jantung mereka dari tingkat normal sekira 70 denyut per menit menjadi 10 denyut per menit. Penguin ini juga memiliki struktur hemoglobin yang tidak biasa, yang memungkinkan mereka untuk tetap memfungsikan sistem tubuh di tingkat oksigen rendah.

Penurunan mendalam pada detak jantung, yang dikenal sebagai bradikardia, memungkinkan penguin untuk menurunkan konsumsi oksigen. Selain itu, penguin dapat mengatur pernapasan dan menyimpan oksigen darah, serta mengisolasi otot. Meskipun respon denyut jantung kontras dengan burung lain dan mamalia darat lainnya, penguin emperor mirip dengan respon menyelam pada mamalia laut.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here